icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Tentang Amartha / Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan
icon-lang
icon-lang

Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

By Tim Blog Amartha - 8 Mar 2024 - 3 min membaca

Dunia saat ini tengah menghadapi berbagai krisis yang memberikan tekanan besar pada masyarakat, terutama pada pemberdayaan perempuan. Pada beberapa kajian menyebutkan bahwa perempuan dan anak masih tergolong kelompok rentan yang sering mengalami berbagai masalah, seperti kemiskinan, bencana alam, konflik, kekerasan, dan sebagainya. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga negara-negara lain di seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, perempuan mulai bangkit dan berhasil membuktikan bahwa keberadaan perempuan memang layak untuk diperhitungkan di ranah publik. Kecerdasan serta kepiawaian peran perempuan, tidak bisa lagi dianggap remeh karena telah turut berkontribusi terhadap pembangunan.

Tidak hanya strategis pembangunan di desa-desa, tetapi juga pembangunan secara nasional yang dapat mengubah kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera merata. Inilah alasan mengapa pemberdayaan perempuan begitu penting, karena erat kaitannya dengan memperbaiki kualitas generasi penerus bangsa. Mengingat, perempuan adalah pendidik pertama di dalam keluarga. 

Dilansir dari situs KEMENKO PMK, hampir separuh dari penduduk Indonesia atau sekitar 49,4 persen adalah perempuan, artinya separuh potensi pembangunan ada pada perempuan. Dari data inilah, tugas kita semua untuk memastikan sumber daya perempuan Indonesia harus benar-benar berkualitas, produktif dan memiliki daya saing untuk mencapai kesejahteraan.

Pemberdayaan Perempuan untuk Kesejahteraan Merata

Mencapai pemberdayaan perempuan dengan melakukan kesetaraan gender untuk perempuan menjadi hal yang sangat penting dibandingkan sebelumnya. Menjamin hak-hak perempuan dan anak perempuan di seluruh aspek kehidupan adalah satu-satunya cara untuk menjamin perekonomian yang sejahtera dan adil, serta menjadikan tempat tinggal yang sehat untuk generasi mendatang.

Sekaranglah waktunya untuk perubahan! Bergabunglah bersama Amartha dan UN Women pada tanggal 8 Maret 2024 dalam rangka Hari Perempuan Internasional dan mendukung seruan “Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat kemajuan”.

Berinvestasi Pada Perempuan: Mempercepat Kemajuan Bangsa

Ambil sikap dan bergabunglah dalam gerakan #InvestInWoman. Berikut adalah lima bidang utama yang memerlukan dukungan kita bersama untuk memastikan pemberdayaan perempuan terus terjadi:

Masalah Hak Asasi Manusia

Kesetaraan gender masih menjadi tantangan hak asasi manusia yang terbesar. Berinvestasi pada perempuan merupakan sebuah keharusan dalam hak asasi manusia dan landasan untuk membangun masyarakat inklusif.Diharapkan pemberdayaan perempuan dapat menjadi langkah strategis untuk membantu memperkuat dan meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam memberdayakan ekonomi perempuan Indonesia. Kemajuan bagi perempuan adalah kemajuan bagi kita semua. 

Investasi dalam Bidang Pendidikan

Pertama, investasi dalam pendidikan. Pemerintah mengimplementasikan wajib belajar 12 tahun serta menyediakan kesempatan bagi anak-anak dari keluarga miskin melalui berbagai program. Program sekolah gratis seperti beasiswa, bantuan dana pendidikan dan lain sebagainya juga dapat dengan mudah ditemukan melalui berbagai sumber. Sehingga tak ada lagi kata sulit untuk perempuan dalam mengenyam pendidikan tinggi.

Sektor Kesehatan

Kedua, di sektor kesehatan, Indonesia fokus untuk memperbaiki akses dan kualitas pelayanan kesehatan untuk ibu, anak, dan remaja, mengakselerasi usaha perbaikan nutrisi, mengintegrasikan kesehatan reproduksi ke dalam kurikulum pendidikan, mendorong pengetahuan dan keterampilan berkeluarga, serta memperbaiki akses dan kualitas keluarga berencana.

Sumber Daya Ekonomi dan Ketenagakerjaan

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tercatat ada 65 juta UMKM di Indonesia. Sebanyak 64 juta di antaranya adalah usaha mikro, dan dari 64 juta tersebut 60 persen dimiliki dan dikelola oleh perempuan. 

Dari data ini, bisnis kewirausahaan mikro yang didirikan oleh perempuan merupakan bukti dari tekad para perempuan yang berani mengambil risiko, memanfaatkan peluang, dan perhitungan yang matang di tengah ketidakstabilan perekonomian dunia yang terjadi.

Para pengusaha perempuan mikro telah menunjukan ketekunan, kerja keras dan adaptif. Sehingga tidak hanya kejayaan, tetapi juga berdampak sosial dan ekonomi yang positif dan berkelanjutan.

Kesetaraan Gender dalam Dunia Kerja

Meskipun kesadaran tentang pentingnya kesetaraan gender telah meningkat seiring waktu, namun ketidaksetaraan gender masih bisa ditemukan dalam berbagai aspek, mulai dari perekrutan, penilaian kinerja, penetapan upah hingga pemilihan kandidat untuk posisi kepemimpinan. Hal tersebut dapat mempengaruhi keputusan-keputusan kritis, memberikan preferensi yang tidak adil, dan merugikan kemajuan karir perempuan.

Demi mewujudkan lingkungan kerja yang inklusif, kesetaraan gender di dunia kerja perlu diperjuangkan. Bersiap untuk jadi agen perubahan di lingkungan kerja masing-masing dalam mengimplementasikan langkah-langkah konkret yang mendukung kesetaraan gender pada praktik sehari-hari. Seperti meningkatkan kesadaran akan gender di antara rekan kerja, mendorong partisipasi perempuan di proyek-proyek strategis, dan bekerja sama untuk menghilangkan hambatan-hambatan sehingga setiap individu memiliki peluang yang setara untuk berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan.

Perlindungan Tindak Kekerasan

Pencegahan terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak menjadi tugas bersama seluruh komponen Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, institusi non pemerintahan, institusi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, serta seluruh masyarakat. Indonesia menargetkan peningkatan pemahaman atas definisi kekerasan dan penyelundupan perempuan, menyediakan perlindungan hukum bagi kasus kekerasan terhadap perempuan, dan meningkatkan efektivitas pelayanan bagi penyintas anak dan perempuan.

Ini adalah tugas kita semua untuk menciptakan kesetaraan gender dengan lebih banyak berinvestasi pada perempuan: Mempercepat kemajuan.

Sama seperti Amartha yang selalu giat dalam memberikan dorongan pada pemberdayaan perempuan terutama pada sektor akar rumput.

Tentang Amartha

Amartha sebagai microfinance marketplace yang berdiri sejak 2010, memiliki misi untuk mendukung pemberdayaan perempuan khususnya yang memiliki usaha UMKM di desanya.  Melalui inovasi dan teknologi, kami bermimpi untuk mewujudkan kesejahteraan merata melalui akses finansial yang inklusif.

Banyaknya pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha, membuat kami tergerak untuk menghubungkan pengusaha mikro terpercaya dan pemberi modal (lender) secara online.

Karena kami percaya, kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro yang dibutuhkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi dan menciptakan kesejahteraan merata. 

Berikut video yang Amartha persembahkan sebagai bentuk kerja nyata Amartha untuk terus menerapkan #InvestInWomen bagi perempuan pelaku UMKM di seluruh Indonesia. 

Selamat hari perempuan sedunia 💜

Happy international women’s day!

Artikel Terkait

Amartha Housewarming Party Bertajuk Amartha Village: “New Home, Stronger Growth”

Galeri Acara
pemberdayaan perempuan

Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

Tentang Amartha

Weekend Berdampak Nyata dengan Dukung UMKM Berdaya

Promo Pendana

Kenali Investasi dan Caranya Melalui Amartha Earn!

Produk Terbaru Mitra

Bayar Angsuran Gak Pake Ribet, Pilih Metode pembayaran Poket Aja!

Produk Terbaru Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png