icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Ini Rincian Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi
icon-lang
icon-lang

Ini Rincian Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi

By Tim Blog Amartha - 23 Mar 2024 - 3 min membaca

Mungkin kamu sedang bertanya-tanya berapa estimasi biaya mudik dengan mobil pribadi? Saat menjelang Idul Fitri, banyak orang yang mulai mempersiapkan diri untuk mudik, baik itu menggunakan kendaraan umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi. 

Transportasi umum yang selalu padat membuat sebagian orang memilih untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi saja. Tentunya, biaya yang dibutuhkan akan sedikit berbeda dengan biaya mudik menggunakan transportasi umum. Agar bisa mempersiapkannya dari sekarang, mari kita simak estimasinya di bawah ini. 

Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi

Sebelum berangkat mudik menggunakan mobil pribadi, sebaiknya kamu membuat persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan lebih lancar, di antaranya sebagai berikut:

1. Bahan Bakar

Hal pertama yang harus dipertimbangkan yaitu bahan bakar. Pastikan kendaraan memiliki bahan bakar yang cukup untuk sampai ke tujuan. Hal ini penting dilakukan, terlebih jika Anda akan melalui jalur yang jauh dari tempat pengisian bahan bakar. 

Selain itu, perkirakan berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan. Hal ini dapat membantu kamu memperkirakan biaya mudik dengan mobil pribadi.

2. Perawatan Mobil

Sebelum berangkat, sebaiknya kamu juga mengecek terlebih dahulu kondisi mobil. Bila diperlukan, lakukan perawatan terlebih dahulu untuk mengecek rem, oli, ban, lampu sein, dan komponen lainnya agar dalam keadaan prima. 

Bila ditemukan ada beberapa bagian yang kurang prima, segera lakukan perbaikan di bengkel terdekat. Jangan sampai komponen tersebut dapat mengurangi performa mobil selama perjalanan.

3. Konsumsi dan Obat-obatan

Untuk perjalanan yang cukup jauh, sebaiknya kamu membawa bekal dan obat-obatan untuk di perjalanan. Bawalah bekal yang mudah untuk dicerna dan tidak mudah basi, seperti biskuit, roti, dan air mineral. 

Selain makanan, sebaiknya kamu juga membawa obat-obatan pribadi seperti obat flu, diare, sakit kepala, mual, dan lainnya. Obat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama perjalanan.

4. Biaya Tol dan Uang Tunai

Selain bekal, biaya mudik dengan mobil pribadi lainnya yang perlu diperhitungkan yaitu biaya tol dan uang tunai yang cukup untuk kebutuhan selama perjalanan. Misalnya, untuk membeli camilan di perjalanan, membayar tol dengan kartu elektronik, dan sebagainya. 

Pastikan saldo yang ada di dalam e-toll juga sudah mencukupi agar kamu tidak tertahan lama di pintu gerbang tol. Dengan begitu, perjalanan bisa berjalan lebih lancar. 

5. Patuhi Batas Muatan

Untuk menjaga keamanan selama perjalanan mudik, sebaiknya hindari membawa muatan melebihi kapasitas mobil. Hindari memuat barang yang banyak di atap mobil karena bisa berbahaya bagi keselamatan,u selama perjalanan. 

Selain itu, pastikan muatan tidak menghalangi ketika mengendarai mobil. Kemas barang-barang yang akan dibawa menggunakan tas organizer dan susun secara ergonomis agar lebih mudah saat ada barang yang akan diambil.

Baca Juga: Cek Persiapan Mudik, Jangan Lupa Membawa 6 Barang Ini!

Estimasi Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi

Untuk mudik, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan, seperti mobil umum, kereta, pesawat, atau mobil pribadi. Untuk mengetahui estimasi biaya mudik, kamu perlu membuat rinciannya terlebih dahulu. Mulai dari biaya bahan bakar, konsumsi, biaya tol, biaya perawatan mobil.

Misalnya, untuk harga bahan bakar Pertalite saat ini yaitu Rp10.000 per liter dan Pertamax yaitu sekitar Rp12.950 per liter. Umumnya, bahan bakar yang dibutuhkan untuk menempuh 10 km yaitu sekitar 1 liter. Bila jarak yang akan ditempuh sekira 160 km, maka bisa estimasi biaya bahan bakarnya yaitu sekira Rp160.000. 

Untuk biaya tol, misalnya kamu akan melalui ruas jalan tol Jakarta Ic - Dawuan - Padalarang - Kopo. Maka, estimasi biayanya yaitu sekira Rp65.000. Jangan lupa perhitungkan biaya konsumsi selama perjalanan, estimasi Rp30.000 per orang sekali makan (kalikan dengan jumlah orang dalam mobil). 

Bila dihitung-hitung, rincian biaya mudik Jakarta-Bandung kurang lebih akan seperti ini:

- Bahan bakar: Rp160.000;

- Konsumsi dan camilan: Rp200.000;

- Biaya tol: Rp65.000;

- Dana cadangan: Rp500.000;

Jadi, kurang lebih biaya mudik pakai mobil pribadi yaitu sekira Rp952.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya perawatan mobil sebelum keberangkatan.

Tips Hemat Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi

Agar perjalanan mudik bisa lebih hemat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Adapun tipsnya yaitu sebagai berikut:

1. Pilih Rute Paling Efisien

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya kamu sudah merencanakan rute perjalanan yang akan ditempuh. Hindari jalur yang berpotensi macet agar perjalanan lebih efisien. Bila memungkinkan, kamu bisa memilih rute alternatif yang sedikit lebih jauh tapi terhindar dari macet. 

Dalam hal ini, kamu bisa mengandalkan aplikasi navigasi agar dapat menemukan rute yang lebih efisien. Hal ini perlu dipertimbangkan karena dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar kendaraan.

2. Pilih BBM yang Sesuai

Pemilihan BBM yang sesuai dengan kebutuhan mobil sangat penting dilakukan. Disarankan memilih jenis BBM dengan oktan sesuai rekomendasi dari perusahaan mobil. 

Hindari menggunakan BBM dengan kandungan oktan lebih tinggi dari rekomendasi, karena bisa menyebabkan kinerja mesin lebih keras dan boros bahan bakar. Tentunya ini bisa membuat biaya mudik dengan mobil pribadi menjadi bengkak.

3. Matikan AC saat Mobil Berhenti

Ketika beristirahat di rest area, sebaiknya matikan mesin mobil dan AC. Pasalnya, menghidupkan mesin dan AC dapat menyedot bahan bakar. Jadi, agar lebih hemat kamu bisa mematikannya ketika beristirahat.

Selain itu, sebaiknya tidak menghidupkan AC dengan suhu yang terlalu rendah. Hal ini dapat menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras sehingga menguras bahan bakar.

4. Bawa Barang sesuai Kebutuhan

Saat pergi mudik, seringkali kalap dengan sekumpulan barang yang akan dibawa. Padahal, terkadang barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu bisa membuat rencana terlebih dahulu sebelum perjalanan mudik dilakukan. 

Rencanakan berapa lama kamu akan mudik, akan pergi kemana saja selama mudik, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan barang apa saja yang benar-benar perlu dibawa. 

Dengan membawa barang yang tidak berlebih, kamu dapat membantu menghemat bahan bakar mobil. Selain itu, membawa barang berlebih juga dapat membahayakan diri selama perjalanan.

5. Hindari Ngebut

Meskipun kamu ingin segera sampai ke kampung halaman, jangan sampai ngebut-ngebutan selama perjalanan. Selain berbahaya, ngebut juga dapat membuat mesin bekerja lebih keras. Hal ini bisa menyebabkan penggunaan bahan bakar yang boros. 

Oleh karena itu, agar perjalanan lebih aman disarankan kamu mengendarai mobil dengan kecepatan 40 - 80 km/jam. Selain menghemat bahan bakar, perjalanan juga akan lebih aman.

Demikian tips dan estimasi biaya mudik dengan mobil pribadi yang bisa kamu coba. Dengan persiapan dan perhitungan yang matang, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk perjalanan menuju kampung halaman. 

Yuk, mulai persiapkan dana untuk mudik di tahun-tahun berikutnya untuk perjalanan mudik yang tenang dengan mendanai di Amartha . Cuma dengan modalin Rp100.000 aja, kamu bisa mendapat imbal hasil sebagai passive income hingga 15% flat per tahun. 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

biaya mudik dengan mobil pribadi

Ini Rincian Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi

Gaya Hidup

Cek Persiapan Mudik, Jangan Lupa Membawa 6 Barang Ini!

Gaya Hidup

Tips Atur Keuangan di Ramadan

Keuangan

Ini Cara Traveling Tanpa Bikin Dompet Kering

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png