icon-langEN
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 9 Tips Menghitung Modal Usaha Laundry
icon-lang
icon-lang

9 Tips Menghitung Modal Usaha Laundry

By Tim Blog Amartha - 31 Jan 2024 - 3 min membaca

Modal usaha laundry merupakan suatu hal yang perhitungannya mudah untuk dilakukan, namun kerap dilupakan. Jika kamu hendak membuka usaha laundry, maka sangat disarankan untuk mempelajari modal usahanya terlebih dahulu untuk meminimalisir potensi risiko yang merugikan.

Artikel ini akan membahas tentang perhitungan modal untuk usaha laundry. Khususnya topik mengenai rincian awal, operasional, hingga tips sukses membuka usaha tersebut. Agar tidak ketinggalan informasinya, lebih baik jangan lewatkan pembahasan berikut!

Rincian Awal Modal Usaha Laundry

Modal usaha laundry awal ditujukan untuk memiliki peralatan yang merupakan item-item dengan masa pakai lama. Adapun contohnya adalah mesin cuci, mesing pengering, setrika, dan sejenisnya. Di bawah ini akan dibahas rincian modal awal untuk usaha laundry konvensional dan koin untuk mempermudah pemahamanmu:

Laundry Konvensional

Peralatan

Jumlah/Keterangan

Nominal

Tempat

Milik Pribadi

Rp0

Mesin cuci top loading

2

Rp5.000.000

Mesin pengering

1

Rp3.000.000

Setrika uap

5

Rp1.500.000

Alas setrika

5

Rp500.000

Timbangan digital

2

Rp400.000

Keranjang pakaian

6

Rp300.000

Hanger plastik

100

Rp200.000

Tempat jemuran

3

Rp900.000

Total

Rp11.800.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modal usaha laundry konvensional awal yang bisa kamu persiapkan yakni sekitar Rp11.800.000. Ini bukanlah estimasi mutlak, sebab harga masing-masing barang di atas tergantung pada beberapa aspek tertentu. Misalnya yakni lokasi dan merek mesin.

Mengenai tempat usaha, kamu bisa mengandalkan properti milik pribadi. Pastikan properti tersebut strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan. Jika lokasi propertimu sangat tidak strategis, maka solusinya yakni menyewa tempat.

Laundry Koin

Peralatan

Jumlah/Keterangan

Nominal

Tempat

Milik Pribadi

Rp0

Mesin cuci konversi koin

1

Rp7.000.000

Mesin pengering konversi gas

1

Rp7.000.000

Instalasi sistem Robocoin AI Refill + sistem air dan pembuangan

1

Rp3.000.000

Total

Rp17.000.000

 

 

 

 

 

 

 

Modal awal untuk laundry koin lebih tinggi daripada konvensional. Kamu dapat mempersiapkan dana kurang lebih Rp17.000.000. Sama seperti imbauan sebelumnya, ini bukanlah estimasi mutlak. Sebab, harga mesin cuci dan pengering khusus laundry koin cukup bervariasi.

Mengenai tempat usaha, kamu bisa mengandalkan properti pribadi. Akan tetapi, pastikan properti tersebut sangat-sangat strategis dan dekat dengan target pasar usaha laundry koin. Saran terbaik untuk memenuhi dua aspek tersebut yakni dengan menyewa tempat, misalnya ruko atau rumah di pinggir jalan raya.

Rincian Operasional Modal Usaha Laundry

Modal usaha laundry operasional ditujukan untuk sejumlah perlengkapan yang merupakan item-item dengan masa pakai singkat. Adapun contohnya adalah plastik, deterjen beserta pewangi, promosi, air + listrik, hingga upah karyawan. Di bawah ini akan dibahas rincian modal operasional untuk usaha laundry, baik itu konvensional maupun koin:

Perlengkapan

Jumlah/Keterangan

Nominal

Plastik 

20 kg

Rp200.000

Deterjen + pewangi

50 liter untuk 500 kg pakaian

Rp500.000

Promosi

Spanduk + brosur

Rp200.000

Air + listrik

Estimasi 300 kg pakaian

Rp600.000

Upah karyawan

Gaji + uang makan/transport

Rp1.000.000 + Rp500.000

Total

Rp3.000.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Modal operasional baik itu untuk laundry konvensional maupun koin memiliki estimasi yang sama, yakni sekitar Rp3.000.000. Perihal karyawan adalah opsional. Kamu bisa mengandalkan tenaga orang lain atau mengatasi bisnismu secara mandiri. 

Estimasi Pemasukan dan Keuntungan

Proyeksikan bahwa jumlah pelanggan dalam satu hari adalah 20 dengan masing-masing pakaian seberat 5 kg. Adapun dengan harga laundry setiap kilogramnya yakni Rp7.000, maka pendapatan per hari yang bisa diperoleh yakni 20 x Rp35.000 = Rp700.000.

Hari libur dalam sebulan biasanya 4 kali. Jadi, estimasi pendapatan bisa dikalkulasikan menjadi Rp700.000 x 26 = Rp18.200.000. Apabila biaya operasional per bulan yakni Rp3.000.000, maka estimasi laba sebesar Rp15.200.000.

Jika kamu menjalankan usaha laundry tanpa karyawan, maka kamu bisa mendapatkan laba sekitar Rp16.700.000. Selain itu, jika kamu memilih untuk menyewa tempat, maka estimasinya bisa lebih rendah daripada nominal tersebut.

Tips Sukses Membuka Usaha Laundry

Selesai dengan topik mengenai modal, maka pembahasan selanjutnya yakni seputar tips agar sukses dalam membuka usaha laundry. Di bawah ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Memiliki Lokasi Strategis

Telah disinggung pada pembahasan sebelumnya bahwa lokasi untuk usaha laundry sangat diimbau untuk strategis dan mudah dijangkau oleh target pasar. Jadi, pastikan untuk melakukan survei tempat-tempat yang memenuhi kedua aspek tersebut sebelum mantap membuka usaha laundry

Jika kamu sudah memiliki properti pribadi yang bersifat demikian, maka kamu tidak perlu lagi untuk menyewa atau membeli tempat untuk usaha laundry

2. Menghitung dan Mempersiapkan Modal

Setelah melakukan perhitungan modal usaha laundry secara terperinci, kamu bisa mempersiapkan anggaran yang dibutuhkan. Jika sudah dirasa cukup, lakukan pembelian perlengkapan dan peralatan yang sudah direncanakan. Jangan lupa juga untuk segera menyewa tempat jika dibutuhkan.

3. Menemukan Pemasok Perlengkapan

Kamu wajib memastikan bahwa seluruh stok perlengkapan usaha laundry dalam jumlah yang memadai. Jadi, pastikan untuk menemukan pemasok perlengkapan yang tepercaya. Dengan begitu, kualitas hasil laundry bisa baik.

4. Menentukan Harga

Dalam menentukan harga jasa laundry, kamu bisa menilik beberapa kompetitor. Selain itu, kamu bisa menyesuaikannya dengan biaya operasional per bulan yang dihabiskan. Sembari mengkalkulasikannya secara matang, pastikan harga tersebut ramah di kantong.

5. Menerapkan Prosedur Laundry yang Efektif

Setelah tempat, peralatan, perlengkapan, dan penentuan harga siap, maka langkah selanjutnya yakni mempelajari dan menerapkan bagaimana cara mencuci, mengeringkan, menyetrika, hingga mengemas pakaian secara efektif. Jika kamu membuka usaha laundry koin, maka terapkan peraturan yang efektif sehingga peralatan dan perlengkapan tidak mudah rusak atau habis.

Baca Juga: Laundry Kiloan: Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

6. Menerapkan Promosi

Kamu bisa melakukan promosi saat awal pembukaan usaha laundry. Usahakan untuk menciptakan promosi yang kreatif dan menarik target pasar. Selain saat pembukaan, kamu juga bisa menerapkan promosi saat hari-hari libur spesial, seperti libur sekolah, hari saya, dan lainnya. 

Seperti yang telah dicontohkan pada pembahasan sebelumnya, kamu bisa mencantumkan biaya promosi pada perhitungan modal usaha laundry. Khususnya tabel biaya operasional.

7. Memberikan Layanan Antar Jemput

Selain menerima dan menyerahkan pakaian dari pelanggan secara langsung di outlet laundry, kamu bisa menyediakan layanan penjemputan dan pengantaran. Jangan lupa untuk menyediakan kontak yang mudah dihubungi dan memberikan ongkir cuma-cuma bagi pelanggan dengan lokasi dalam jarak tertentu.

8. Mengamati Kompetitor

Usaha laundry memiliki banyak kompetitor. Maka dari itu, kamu wajib untuk mengamati mereka. Kamu bisa menjadikan mereka sebagai tolok ukur dalam menjalankan usaha, namun tetap diimbangi dengan evaluasi dan inovasi.

9. Mempersiapkan Sistem Pengelolaan Keuangan

Agar usaha laundry berjalan lancar dan berkembang pesat, maka kamu bisa mempersiapkan sistem pengelolaan keuangan yang efektif. Apabila kamu masih awam terkait hal ini, maka kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu.

Itu dia pembahasan seputar tips menghitung modal dan tips membuka usaha laundry. Apakah kamu tertarik merintisnya? Kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa agunan melalui Amartha.

Namun, kamu juga bisa berinvestasi untuk pengusaha UMKM sejenis di Amartha sebagai lender. Mulai modalin dari Rp100.000 aja kamu sudah bisa melakukan pendanaan dan meraih imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

usaha telur ayam

Usaha Telur Ayam: Peluang, Cara Bisnis, dan Tipsnya

Tips Bisnis
Usaha Ternak Ayam

Rincian Modal Usaha Ternak Ayam Kampung untuk Pemula

Tips Bisnis
modal usaha laundry

9 Tips Menghitung Modal Usaha Laundry

Bisnis

Tips Jadi Reseller Sukses Minim Modal

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png