icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Tips Jelaskan Alasan Resign Saat Wawancara Kerja
icon-lang
icon-lang

Tips Jelaskan Alasan Resign Saat Wawancara Kerja

By Team Amartha Blog - 20 Dec 2020 - 3 min membaca

Terkadang pada beberapa waktu resign sering menjadi pilihan yang tepat ketika ada ketidak cocokan dengan tempat kerja. Anda perlu mengetahui bahwa setelah resign, tentunya melamar pekerjaan ke tempat lain menjadi pilihan yang pasti. Ada beberapa cara untuk menjawab interview kerja yang tepat. 

Jika Anda menjawab asal-asalan, ketika melamar kerja di tempat yang selanjutnya akan mengalami kesulitan. Orang yang menginterview Anda akan merasa bahwa ada ketidakseriusan dari pelamar kerja. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjawab ketika interview kerja setelah resign. 

Alasan Resign yang Tepat Saat Interview Kerja

  1. Ingin mengembangkan karir

Memberikan alasan yang sesuai dan berharap untuk diterima ketika interview memang tidaklah mudah. Anda perlu memilih alasan yang masih bisa diterima, seperti memilih untuk mengembangkan karir yang lebih baik. Tentunya hal ini tidak akan mudah ketika dijelaskan pada saat Anda diwawancara. 

Ada kemungkinan seorang yang mewawancara ingin mengetahui, mengapa di perusahaan sebelumnya karir Anda tidak dapat berkembang dengan baik. Tentunya, Anda perlu jawaban yang logis dan bisa diterima dengan baik agar ketika diwawancara alasan tidak menjadi ngawur. 

2. Tidak cocok dengan bos perusahaan sebelumnya

Kecocokan seorang pegawai dengan bos menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting. Seorang bos sering kali berperilaku yang berlebihan dan mungkin menindas pekerjanya. Jika hal ini terjadi pada Anda memang menjadi hal yang wajar untuk melakukan resign.

Hal ini bisa Anda coba untuk sampaikan ketika sedang melakukan interview di tempat pekerjaan yang baru. Cobalah untuk merangkai kata yang sesuai sehingga bisa diterima dengan baik oleh yang menginterview Anda saat itu. Jika dapat diterima sudah dipastikan masa depan akan terselamatkan.

3. Menginginkan gaji yang lebih besar dan sesuai

Keinginan seseorang untuk mendapatkan gaji yang lebih besar sering menjadi alasan untuk melakukan resign. Tentunya, gaji yang menunjang atau besar bukan tanpa alasan yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika gaji yang diterima sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan semuanya akan lebih adil. 

4. Waktu bekerja yang lebih sesuai

Kesesuaian waktu bekerja dengan uang atau gaji yang diterima perlu diperhatikan dengan baik. Jika tidak mendapatkan pendapatan yang sesuai dengan waktu bekerja, tentu hal ini akan membuat Anda tidak nyaman. Hal ini bisa dijadikan suatu patokan tersendiri bagi Anda untuk membuat alasan. 

5. Ingin mengubah jalur karir

Ketika Anda menginginkan mimpi yang berbeda dan masa depan yang lebih baik dari karir yang dipilih, hal ini bisa dilakukan dengan resign. Ketika resign dan melakukan wawancara di tempat lain, cobalah untuk menjelaskan bahwa Anda ingin mengubah jalur karir yang lebih baik. 

Perubahan memang terkadang tidak bisa terelakan ketika Anda sudah merasa tidak cocok dengan suatu pekerjaan. Maka, beberapa tips untuk menjelaskan alasan resign diatas perlu Anda gunakan dan pilih ketika sedang melamar pekerjaan baru. Demi mendapatkan masa depan yang lebih baik. 

Artikel Terkait

Tips Jelaskan Alasan Resign Saat Wawancara Kerja

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png