icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Catat! 10 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda
icon-lang
icon-lang

Catat! 10 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda

By Tim Blog Amartha - 5 Mar 2024 - 3 min membaca

Ketika hendak menjalani usaha di usia 20 tahunan, terdapat berbagai hal yang merupakan kunci sukses menjadi pengusaha muda.

Membicarakan lebih lanjut terkait hal ini, perlu diperhatikan bahwa setiap hal yang menjadi tips atau kunci sukses tersebut, tetap perlu disesuaikan dengan kondisi yang akan kamu hadapi secara langsung saat melakukan usaha.

Terdapat banyak hal yang akan kamu perlukan ketika menjadi pengusaha muda di masa sekarang, salah satu yang utama adalah kerja keras, kreativitas, adaptasi, serta kecakapan dalam menggunakan teknologi yang ada.

Oleh karena itu, diperlukan strategi yang matang yang kemudian hal tersebut akan menjadi kunci sukses saat kamu berusaha.

10 Kunci untuk Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Berdasarkan berbagai informasi yang tersebar secara offline maupun online, ditemukan bahwa terdapat 10 kunci sukses menjadi pengusaha muda yang bisa kamu pelajari dan praktekkan secara nyata di penjelasan berikut ini:

1. Temukan Potensi di dalam Diri

Ketika hendak memiliki usaha sendiri sejak usia muda, kamu harus temukan dan bangun potensi yang ada di dalam diri.

Potensi dalam diri memiliki arti yang sangat luas, mulai dari kepribadian, bakat, emosional, cara berpikir, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kewirausahaan.

Untuk menemukan dan membangun potensi di dalam diri secara baik dan akurat, kamu bisa melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) pada dirimu sendiri.

Jika hal ini sudah ditemukan dan dibangun, maka jiwa pebisnis di dalam dirimu telah muncul dan siap untuk dikembangkan.

2. Tentukan Visi dan Tujuan yang Jelas

Menjadi salah satu kunci sukses menjadi pengusaha muda, visi dan tujuan yang jelas saat hendak berusaha adalah hal yang penting untuk ditentukan.

Mulai dari usaha seperti apa yang dituju, target penjualan, cara mendapat investor, bentuk usaha, dan hal lainnya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam menentukan visi dan tujuan, pastikan pula kamu tetap siap mengubah visi dan tujuan yang telah dibuat.

Ini penting karena seringkali saat usaha sudah mulai berjalan, tetap akan ada kejadian yang membuat kamu harus mengubah visi dan tujuan tersebut.

3. Pelajari dan Uji Usaha yang Hendak Dilakukan

Di saat kamu sudah menemukan visi dan tujuan serta punya potensi kewirausahaan yang kuat, mulailah pelajari bidang bisnis yang kamu minati dan siap untuk dilakukan.

Pelajari konsep bisnisnya dari hulu ke hilir, lalu segera uji usaha yang akan dilakukan jika sudah paham dengan model bisnisnya.

Untuk uji usaha, kamu bisa memulainya dengan membuat produk, menawarkannya secara gratis kepada keluarga, teman, maupun orang sekitar, lalu meminta testimoni atau umpan balik mereka terhadap produk yang kamu buat.

Bukan hanya untuk produknya saja, namun sampai ke desain, packaging, dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk yang kamu ciptakan. 

4. Pelajari Pengetahuan Lainnya

Sebagai seorang pengusaha, menjadi versatile adalah suatu hal yang penting dan harus dilakukan.

Oleh karena itu, milikilah keinginan untuk mau belajar dan mengembangkan pengetahuan serta kemampuan dalam banyak hal agar kamu dapat beradaptasi dan punya inovasi yang tinggi di tengah dunia kewirausahaan yang selalu berubah-ubah dan menuntut kreativitas yang kaya.

Salah satu contoh yang populer dan berhubungan dengan poin ini adalah pengetahuan serta kemampuan dalam digital marketing dan membuat laporan keuangan.

5. Persiapkan Modal atau Finansial yang Besar

Ketika berbicara tentang membuka usaha baik di usia muda ataupun bukan, modal atau finansial yang besar adalah suatu hal yang penting untuk dipersiapkan.

Meskipun di masa sekarang banyak bisnis yang modalnya kecil terutama pada bisnis yang bergerak di bidang jasa, bahkan katanya lebih banyak kesempatan untuk mendapat investor, namun tetap saja mempersiapkan finansial yang besar sangat penting untuk dilakukan.

Jika memang tidak ada modal besar atau investor namun tetap ingin punya usaha di usia muda, melakukan pinjaman bisnis di perbankan maupun koperasi dapat menjadi opsi yang dapat dilakukan. 

Walaupun dapat menjadi salah satu opsi yang aman, namun melakukan hal seperti ini umumnya memiliki proses yang cukup panjang dan syarat yang banyak. 

Oleh karena itu, mempersiapkan modal yang besar atau mendapatkan investor sesegera mungkin adalah hal paling krusial saat membuka usaha.  

6. Buat Strategi Bisnis yang Tepat

Ketika berwirausaha, membuat strategi bisnis adalah salah satu kunci sukses menjadi pengusaha muda yang tidak boleh dilupakan.

Strategi bisnis bisa diartikan sebagai dokumen strategi yang menjabarkan posisi kamu saat ini menuju posisi yang ditargetkan.

Bisa dikatakan strategi bisnis ini mencakup visi dan tujuan usaha yang kamu miliki dengan lebih detail, prosedural, dan mendalam.

Mengidentifikasikan siapa konsumen yang dituju, bagaimana cara memasarkannya, cara mendapatkan investor dan mengalokasikan modal dari investor dengan benar, memperkirakan siapa pesaing bisnis, cara promosi atau iklan, sampai dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas produk.

7. Tanamkan Etos Kerja yang Tinggi

Untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, menjadi pribadi dengan etos kerja yang tinggi merupakan hal yang harus ada di dalam dirimu.

Etos kerja yang tinggi itu dapat ditunjukkan dengan memiliki tekad, keberanian, percaya diri, kerja keras, sampai dengan ketekunan yang tinggi.

Menjadi pribadi yang lebih tegas juga punya jiwa kepemimpinan yang baik juga merupakan etos kerja yang tinggi.

Oleh itu bukan hal yang mengagetkan lagi seorang pengusaha yang sukses pastinya selalu menanamkan etos kerja yang tinggi di dalam dirinya.

8. Memperluas Networking

Ketika berwirausaha, memperluas relasi atau networking dengan orang lain adalah salah satu hal paling krusial bagi seorang wirausahawan.

Bukan hanya memperluasnya saja, namun memperkuat networking yang diperoleh juga harus dilakukan guna mendapatkan lebih banyak panduan, dukungan, serta peluang untuk memperluas bisnis yang kamu miliki.

Pelajari setiap ilmu dan pengalaman bisnis yang dimiliki oleh networking kamu supaya punya bayangan dan pemikiran yang lebih bijak saat menjalankan bisnis pribadi karena telah berkaca dari bisnis orang lain.

9. Siap untuk Gagal dan Fleksibel dalam Strategi Bisnis

Sebagai salah satu kunci sukses menjadi pengusaha muda, punya sikap untuk siap gagal dan fleksibel terhadap strategi bisnis adalah sesuatu yang krusial selain punya etos kerja yang tinggi.

Dengan sikap seperti ini, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan dunia kewirausahaan yang tidak pasti dan membutuhkan kekuatan secara mental bagi siapapun yang terjun ke dalamnya.

Kamu tidak mudah terpuruk dan selalu cepat bangkit dari kegagalan yang pasti akan dialami saat sedang berwirausaha.

10. Melakukan Investasi

Pengusaha muda yang inspiratif terus-menerus berinvestasi, baik dalam pendidikan maupun pengembangan diri. Pengusaha muda juga penting untuk melakukan investasi, baik itu investasi jangka pendek yang dapat menambah cash flow sehari-hari ataupun untuk jangka panjang seperti menambah potensi ekspansi bisnis. 

Dengan melakukan investasi, kamu bisa menyelamatkan kondisi bisnis di masa depan yang tidak terprediksi di awal. Namun, jangan lupa untuk melakukan manajemen risiko untuk meminimalisir kerugian saat berinvestasi.

Itulah 10 kunci sukses menjadi pengusaha muda yang dapat kamu lakukan. Meskipun kamu bukan pengusaha muda, tapi tidak ada salahnya juga untuk mulai investasi dan menambah passive income dengan melakukan pendanaan di Amartha

Amartha adalah microfinance marketplace yang menghubungkan borrowers dan investor secara digital. Saat ini, per Maret 2024 Amartha sudah berhasil memberdayakan lebih dari 2,1 juta usaha mikro dengan dana lebih dari Rp17,3 triliun dari para pendana (investor). 

Nah, buat kamu yang ingin ikut menjadi mendanai di Amartha, yuk langsung cek website atau aplikasi. Kamu bisa dapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun, mulai dari mendanai Rp100.000 saja.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

kunci sukses menjadi pengusaha muda

Catat! 10 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Bob Sadino, Pengusaha Nyentrik Panutan Pengusaha Muda Indonesia

Founder Ciputra Tutup Usia, Ini Dia Kisah Suksesnya

Gaya Hidup

Bersama Amartha, Eni Rohaeni Berhasil Jadi Pengusaha Dodol

Cerita Mitra

Amartha Jangkau Pulau Sulawesi

Galeri Acara

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png