icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Omnichannel Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya
icon-lang
icon-lang

Omnichannel Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

By Tim Blog Amartha - 28 Feb 2024 - 3 min membaca

Omnichannel adalah salah satu teknologi yang berkembang untuk memenuhi permintaan pengalaman berbelanja yang lancar. Hal ini sesuai dengan perkembangan di era digital, yang menginginkan adanya integrasi pada berbagai saluran.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai apa itu omnichannel, jenis, manfaat hingga cara kerjanya. Supaya kamu lebih memahami dan turut bisa memanfaatkan teknologi ini.

Pengertian Omnichannel

Berdasarkan bahasa, omnichannel adalah perpaduan dari dua kata. Omni memiliki arti universal, sementara channel artinya saluran. 

Omnichannel adalah strategi pemasaran dan penjualan yang mengintegrasikan semua saluran yang tersedia, baik itu offline maupun online. Tujuannya untuk memberikan pengalaman konsisten dan terpadu kepada pelanggan. 

Dalam strategi omnichannel, tidak ada pemisahan antara saluran-saluran yang berbeda. Melainkan semuanya bekerja bersama untuk memberikan pengalaman yang mulus dan menyenangkan kepada pelanggan.

Pendekatan ini bertujuan untuk menghapus batasan antara dunia fisik dan digital. Sehingga pelanggan dapat berpindah-pindah antara saluran dengan lancar tanpa mengalami gangguan atau kesenjangan dalam pengalaman berbelanja. 

Omnichannel marketing menempatkan pelanggan di pusat strategi pemasaran, dengan fokus pada memenuhi kebutuhan pelanggan. Tentunya dengan menyesuaikan preferensi melalui cara yang paling efektif dan efisien.

Jenis-jenis Omnichannel

Ada beberapa jenis omnichannel yang umum diterapkan oleh perusahaan, tergantung pada industri, target pasar, dan tujuan bisnis. Beberapa jenis omnichannel adalah sebagai berikut:

Retail Omnichannel

Jenis ini melibatkan integrasi saluran penjualan ritel, termasuk toko fisik, toko online, aplikasi mobile, dan media sosial. Retail omnichannel memungkinkan pelanggan untuk berbelanja di mana saja dan kapan saja dengan konsistensi pengalaman.

Banking Omnichannel

Jenis kedua yakni banking omnichannel dengan melibatkan integrasi semua saluran yang digunakan dalam industri perbankan. Seperti cabang fisik, internet bankingmobile banking, dan layanan perbankan telepon. 

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengakses layanan perbankan mereka dengan mudah dan nyaman di berbagai platform.

Hospitality Omnichannel

Ketiga adalah jenis yang melibatkan integrasi semua saluran dalam industri perhotelan. Termasuk reservasi online, layanan kunci digital, aplikasi mobile hotel, dan layanan pelanggan 24/7. 

Hospitality omnichannel memungkinkan tamu untuk merasakan pengalaman menginap yang mulus dan terintegrasi. Sehingga menambah rating hotel karena kemudahan pengalaman.

E-commerce Omnichannel

E-commerce omnichannel mencakup semua saluran penjualan online yang digunakan oleh toko online, seperti website utama, marketplace, aplikasi mobile, dan media sosial. Hal ini memungkinkan toko online untuk mencapai pelanggan di berbagai platform dan memberikan pengalaman berbelanja yang konsisten di semua saluran.

Manfaat Omnichannel Bagi Perusahaan

Sementara itu, manfaat omnichannel juga sangat banyak. Beberapa manfaat omnichannel adalah sebagai berikut:

1. Pengalaman Pelanggan yang Terpadu

Omnichannel memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan merek dengan cara yang paling nyaman bagi mereka, tanpa terkendala oleh batasan saluran tertentu. Ini menciptakan pengalaman berbelanja yang terpadu dan menyenangkan bagi pelanggan.

2. Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Dengan memberikan pengalaman berbelanja yang mulus dan konsisten di semua saluran, omnichannel membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebab, pelanggan cenderung lebih setia terhadap merek yang memberikan pengalaman yang baik dan mudah.

3. Optimalisasi Kinerja Bisnis

Omnichannel memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja bisnis mereka dengan memanfaatkan berbagai saluran penjualan dan pemasaran. Dengan mengintegrasikan semua saluran yang tersedia, perusahaan dapat mencapai pelanggan potensial di mana saja mereka berada.

4. Peningkatan Penjualan

Dengan memungkinkan pelanggan untuk berbelanja di berbagai saluran dengan mudah, omnichannel membantu meningkatkan penjualan perusahaan. Pelanggan dapat memilih cara yang paling nyaman bagi mereka untuk berbelanja, yang pada gilirannya meningkatkan kemungkinan pembelian.

5. Analisis Data yang Lebih Baik

Omnichannel menyediakan lebih banyak data yang dapat dianalisis untuk memahami perilaku pelanggan dan tren pasar. Ini memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang lebih lengkap.

6. Efisiensi Operasional yang Tinggi

Omnichannel membantu meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatiskan proses bisnis dan mengurangi kesenjangan antara saluran. Ini membantu perusahaan menghemat waktu dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis mereka.

Cara Kerja Omnichannel

Strategi omnichannel melibatkan beberapa langkah yang bekerja bersama-sama untuk memberikan pengalaman yang mulus kepada pelanggan di semua saluran. Cara kerja omnichannel yakni sebagai berikut:

Integrasi Data Pelanggan

Langkah pertama dalam strategi omnichannel adalah mengumpulkan dan mengintegrasikan data pelanggan dari semua saluran yang tersedia. 

Ini mencakup informasi tentang preferensi pembelian, riwayat transaksi, dan interaksi sebelumnya dengan merek. Data ini kemudian digunakan untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi kepada pelanggan di semua saluran.

Sinkronisasi Seluruh Saluran

Setelah memasukkan semua data, maka langkah selanjutnya dalam omnichannel adalah melakukan sinkronisasi seluruh saluran. Caranya yakni dengan menghubungkan semuanya dan memastikan jika informasi terhubung ini telah sampai ke pelanggan.

Sebagai contoh, kamu menyambungkan akun sosial media dengan marketplace dan website. Sehingga pelanggan mengetahui channel yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

Penerapan Omnichannel

Setelah sinkronisasi dilakukan, pelanggan bisa dengan mudah melakukan transaksi. Sebagai contoh jika pelanggan menemukan produk menarik di sosial media. Ia kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian.

Nah, karena si pelanggan ini hanya percaya dengan pembelian melalui marketplace, maka pelanggan akan melakukan pembelian barang dari sana saja. Apabila semua channel telah terhubung, maka tidak susah pelanggan dalam melakukan pembelian.

Pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi produk dari satu channel ke channel lain. Sehingga mampu meningkatkan peluang penjualan lebih besar ketimbang hanya melalui satu channel saja.

Baca Juga: Maksimalkan Internet Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Omnichannel

Untuk menerapkan omnichannel dengan sukses, kamu dapat mengadopsi beberapa strategi yang efektif. Antara lain:

Fokus pada Pelanggan

Strategi omnichannel harus selalu berorientasi pada pelanggan. Kamu harus memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan mereka untuk dapat memberikan pengalaman yang memuaskan dan terpadu di semua saluran.

Integrasi Saluran

Penting untuk mengintegrasikan semua saluran penjualan dan pemasaran agar dapat bekerja bersama-sama untuk memberikan pengalaman yang mudah. Ini termasuk menghubungkan sistem dan data di semua saluran agar informasi dapat diketahui secara efektif.

Personalisasi Konten

Omnichannel memungkinkan personalisasi yang lebih baik dalam konten dan komunikasi kepada pelanggan. Kamu dapat menggunakan data pelanggan untuk menyajikan konten yang relevan dan menarik kepadanya di semua saluran.

Pengukuran dan Analisis

Omnichannel adalah hal penting untuk terus dipantau kinerjanya, begitu juga dengan analisis datanya guna memahami keberhasilan strategi. Dengan pemantauan yang teratur, kamu dapat mengidentifikasi area untuk perbaikan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Inovasi Terus Menerus

Dunia digital semakin berkembang, dan kamu harus terus berinovasi dalam strategi omnichannel untuk tetap relevan dan bersaing. Ini termasuk mengadopsi teknologi baru, menyesuaikan dengan perubahan tren pasar, dan mengeksplorasi cara-cara baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dengan menerapkan cara kerja dan strategi omnichannel ini, kamu dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang terintegrasi dan memuaskan pelanggan di semua saluran. Sehingga omzet juga akan meningkat pesat.

Dapat disimpulkan bahwa omnichannel adalah salah satu cara untuk meningkatkan omzet. Setelahnya jika kamu punya keuntungan lebih, tidak ada salahnya untuk melakukan investasi agar mendapat tambahan passive income. Sebagai contohnya pendanaan di microfinance marketplace, Amartha. Modalin mitra UMKM mulai dari Rp 100.000 aja, kamu bisa dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Rumus Modal Awal

Begini Rumus Modal Awal Bisnis dan Cara Menghitungnya!

omnichannel marketplace

Apa Itu Omnichannel Marketplace? Ini Pengertian dan Manfaatnya dalam Bisnis

pengertian omnichannel

Omnichannel Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Laporan keuangan perusahaan

Laporan Keuangan Perusahaan: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

6 Peluang Join Usaha Tanpa Modal, Apa Saja?

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png