icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Beberapa Pertanyaan Interview Unik yang Sering Ditanyakan HRD
icon-lang
icon-lang

Beberapa Pertanyaan Interview Unik yang Sering Ditanyakan HRD

By Team Amartha Blog - 11 Nov 2021 - 3 min membaca

5 Pertanyaan Interview Menjebak yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu sudah mendapatkan undangan interview dari suatu perusahaan? Atau, sedang mempersiapkan jawaban pertanyaan interview dari HRD? Di sini, kami akan coba membantu kamu yang sedang bingung menghadapinya.

Perlu kamu ketahui, bahwa terkadang HRD sering menanyakan pertanyaan interview unik. Bahkan pertanyaannya bisa saja menjebak kamu, lho. Ingin tahu seperti apa jenis pertanyaan tersebut? Berikut penjelasannya.

1.   Pertanyaan Tentang Apa yang Menjadi Kekuranganmu

Sumber Foto: Unsplash

Sudahkah kamu mempersiapkan jawaban dari pertanyaan apa kekuranganmu? Jika belum, sebaiknya kamu segera persiapkan jawaban dari pertanyaan ini. Karena pertanyaan ini cukup unik dan bahkan bisa menjebakmu jika salah menjawab.

Kunci sukses menjawab pertanyaan ini adalah dengan menceritakan kekurangan tanpa memengaruhi kualitas kamu. Contohnya, “saya tidak bisa berbahasa Inggris dengan fasih”.

Selain itu juga bisa dengan jawaban berikut “penyakit maag saya sering kambuh, tapi saya selalu membawa obat maag kemana pun.”.

2.   Dari 1 Sampai 10, Berapa Kesiapan Kamu Bekerja?

Angka dari 1 sampai 10 adalah nilai yang harus kamu pilih sesuai dengan kesiapan. Jika kamu sudah siap sepenuhnya untuk bekerja, pilihlah angka yang paling tinggi, namun jangan sampai menyentuh angka 10.

Angka yang ideal yang bisa kamu pilih yaitu 7 hingga 9 saja. Kamu juga tidak boleh memilih angka di bawah 7, karena angka di bawah 7 dinilai rendah dan membuang waktu interview. Jadi, jawablah pertanyaan interview kerja ini sesuai dengan kesanggupan.

3.   Apakah Ada Pertanyaan yang Ingin Anda Ajukan?

Tips Interview Online
Sumber Foto: Pexels

Dalam proses interview kerja, mempersilahkan bertanya kepada HRD juga sering terjadi. Persiapkanlah pertanyaan jauh-jauh hari sebelum tanggal interview dilangsungkan.

Kamu tidak perlu mencari pertanyaan yang sulit. Carilah pertanyaan yang relevan dengan pekerjaan. Contoh pertanyaan simpel yang bisa kamu pilih seperti bertanya tentang calon rekan kerja, atasan, hingga lingkungan kerjanya.

Mempersilahkan bertanya juga merupakan sebuah pertanyaan unik dari HRD. Jika kamu tidak bertanya, maka HRD akan menilaimu sebagai calon karyawan yang tidak terlalu tertarik dengan posisi yang mereka tawarkan.

Baca Juga: 8 Tips Cara Jawab Kelemahan Diri Saat Interview

4.   Apa yang Kamu Harapkan dalam 4 Tahun ke Depan?

Sumber Foto: Pexels

Sebenarnya pertanyaan ini cukup bervariasi. Ada yang bertanya harapan 2 tahun ke depan, 4 tahun ke depan, hingga 5 tahun ke depan. Namun fungsi dari pertanyaan ini tetap sama.

Adapun fungsi dari pertanyaan ini yaitu berkaitan dengan masa depan kamu secara pribadi. Perusahaan nantinya bisa menilai bagaimana kamu tumbuh dan memberikan dampak positif di dalam pekerjaan.

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya cukup beragam. Pasalnya, jawabannya harus disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar.

Contoh jawaban untuk posisi sales pemasaran misalnya seperti “saya ingin mengoptimalkan penjualan produk unggulan perusahaan untuk 2 tahun ke depan”. Kamu juga bisa menambahkan strategi bagaimana cara kamu meraihnya.

5.   Apa yang Membuat Kamu Tertarik Bekerja di Sini?

Sumber Foto: Pexels

Pertanyaan seperti “sejauh mana kamu mengetahui perusahaan kami?” itu sudah umum. Saat ini, ada pertanyaan baru yang jawabannya sendiri hampir mirip seperti pertanyaan sebelumnya.

Pertanyaan baru tersebut yaitu “apa yang membuatmu tertarik bekerja di perusahaan kami?”. Jawabannya harus melalui riset perusahaan terlebih dahulu. Kamu harus tahu seluk beluk perusahaan agar bisa menjawab alasan kenapa kamu memilih perusahaan tersebut.

Contoh mudahnya seperti “karena perusahaan Bapak/Ibu memiliki fasilitas kerja yang lengkap dan lingkungan yang nyaman untuk bekerja”.

Itulah beberapa pertanyaan interview unik dan menjebak. Siapkan jawabannya jauh-jauh hari agar proses interview berjalan lancar. Sambil menunggu panggilan kerja, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan cara mudah, lho. Cara dengan melakukan pendanaan di platform investasi Amartha. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan!

Tags:

Artikel Terkait

Ekonomi Akar Rumput

Ekonomi Akar Rumput: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Driving Inclusive Growth in the ASEAN Grassroots Economy

cara promosi yang menarik

Terbukti Ampuh! 12 Cara Promosi yang Menarik untuk Bisnis

umkm go digital

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png