icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Apa Itu QRIS? Berikut Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya
icon-lang
icon-lang

Apa Itu QRIS? Berikut Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

By Tim Blog Amartha - 25 May 2024 - 3 min membaca

Mengetahui apa itu QRIS di masa kini akan sangat menguntungkan, terutama bagi kamu yang memiliki bisnis online. Sebab, QRIS kini menjadi metode utama untuk melakukan pembayaran digital di Indonesia.   

Teknologi pembayaran ini dimulai 1 Januari 2020 lalu. Lebih jelasnya Bank Indonesia mewajibkan transaksi non tunai agar dilakukan melalui QRIS. Itulah mengapa, tingkat penggunaan QRIS telah mencapai angka jutaan sampai saat ini. 

Untuk mengetahui QRIS lebih lengkap hingga tujuan, cara menggunakan, serta manfaatnya, simak artikel ini hingga akhir!

Apa Itu QRIS

Quick Response Code Indonesian Standard, atau QRIS, merupakan bentuk integrasi berbagai jenis QR yang berasal dari macam-macam PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) dengan penerapan QR Code.

Bank Indonesia menjadi lembaga yang mengembangkan QRIS bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Keberadaan QRIS memudahkan transaksi melalui QR Code dengan konsep penggabungan. Selain lebih cepat, keamanan transaksi menggunakan QRIS juga lebih terjamin.  

Ini karena semua aplikasi pembayaran, baik lokal atau asing, wajib mengintegrasikannya dengan satu QR code berbasis QRIS. Peraturan yang mendasari penerapan QRIS juga tercantum pada PADG Nomor 21/18/2019 mengenai ‘Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran’.

Karakter UNGGUL menjadi jawaban praktis dari pertanyaan tentang apa itu QRIS, yang menjelaskan bahwa QRIS itu:

  • UNiversal, karena menerima jenis pembayaran apa saja via satu QR code dan tidak butuh aplikasi pembayaran lainnya;
  • GampanG, karena pembayarannya hanya butuh satu kali pemindaian melalui aplikasi di smartphone;
  • Untung, karena pengguna dan merchant tidak butuh adaptasi dengan sistem dan tarif bayar yang rumit serta berbeda-beda;
  • Langsung, karena transaksi dilakukan secara digital dan bisa selesai langsung di tempat saat itu juga.

Tujuan dan Cara Menggunakan QRIS

Melihat penjelasan mengenai QRIS tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembayaran digital ini bertujuan mengintegrasikan seluruh transaksi non tunai di Indonesia. 

Kamu juga bisa menggunakan QRIS dalam semua aplikasi pembayaran milik PJSP, baik tipe bank maupun non-bank. Seluruh pedagang, toko, warung, hingga kegiatan pengumpulan dana seperti donasi dapat diwujudkan walaupun penyedia QRIS pada merchant yang tidak sama dengan aplikasinya.

Merchant tersebut hanya memerlukan pembukaan rekening ataupun akun di salah satu penyedia QRIS berizin Bank Indonesia (BI). Setelah tahap membuka rekening atau akun selesai, maka merchant bisa menerima pembayaran melalui QR dari masyarakat maupun aplikasi penyelenggara.

Selain mengetahui apa itu QRIS dan tujuannya, kamu juga perlu memahami cara menggunakan QRIS berikut ini:

Cara Menggunakan QRIS sebagai Merchant

  • Awali dengan membuka akun dengan mendatangi kantor cabang. Anda juga bisa mendaftar secara online di salah satu PJSP QRIS yang telah terdaftar. (Cek di halaman ini);
  • Lalu, lanjutkan dengan melengkapi data usaha serta dokumen sebagai syarat dari PJSP yang dipilih;
  • Proses verifikasi akan berjalan, setelah itu akan disambung dengan membuat Merchant ID serta mencetak kode QRIS dari PJSP;
  • Kemudian, PJSP akan memberikan stiker QRIS kepada merchant;
  • Unduh aplikasi dan pilih opsi sebagai merchant dari QRIS;
  • PJSP akan mengedukasi merchant tentang tata cara yang lengkap mengenai penerimaan pembayaran.

Cara Menggunakan QRIS sebagai Pengguna

  • Jika belum mempunyai akun, mulai dengan registrasi serta mengunduh aplikasi dari salah satu PJSP yang telah memegang izin dari QRIS. (Cek pada halaman ini);
  • Setelah itu, lakukan registrasi mengikuti prosedur yang telah ditentukan PJSP terkait;
  • Lanjutkan dengan mengisi saldo terlebih dahulu di akun kamu;
  • Gunakan saldo tersebut agar dapat melakukan pembayaran di merchant QRIS mengikuti petunjuk yang tertera pada aplikasi;
  • Buka aplikasi tersebut, carilah icon ‘scan QR’, lalu scan untuk QRIS merchant, kemudian masukkan nominal pembayaran, ketik PIN yang sudah dibuat sebelumnya, klik bayar, konfirmasi melalui notifikasi.

Manfaat QRIS untuk Bisnis

Kini kamu paham apa itu QRIS hingga bagaimana cara menggunakannya. Lalu, apa manfaat yang akan kamu dapatkan melalui penggunaan QRIS untuk aktivitas pembayaran bisnis? Tentu cukup banyak, di antaranya:

1. Transaksi Lebih Praktis dan Mudah

Bisnis yang menggunakan QRIS untuk bertransaksi hanya memerlukan satu QR code saja. Ini akan sangat memudahkan proses transaksi karena lebih praktis. Kamu bisa menerima pembayaran yang berasal dari macam-macam sumber dana dengan satu QR code tersebut.

2. Alternatif Pembayaran Lebih Banyak

Manfaat QRIS bagi bisnis berikutnya adalah dapat digunakan sebagai metode pembayaran digital dari macam-macam jenis electronic wallet (e-wallet) atau dompet elektronik.

Apapun e-wallet pilihan konsumen, kamu tidak perlu khawatir karena satu QR code dari QRIS dapat mengakomodasi semuanya.   

3. Pemantauan dan Analisis Efisien

Riwayat transaksi melalui QRIS dapat terbaca secara real time, sehingga memantau dan menganalisis transaksi keuangan bisnis jadi lebih efisien. Pencatatan transaksi pun otomatis serta dapat dilihat kapan saja. 

Baca Juga: Makin Signifikan, Begini Perkembangan QRIS di Indonesia

4. Bebas Risiko Penipuan

Tindakan penipuan dengan menggunakan uang palsu masih cukup sering menimpa para pemilik bisnis hingga kini. Tetapi, risiko tersebut dapat kamu hindari melalui penggunaan QR code QRIS. 

Sebab, bentuk transaksi pembayarannya adalah non-tunai. Tidak hanya itu, bisnis kamu juga bisa menghindari konsumen yang ingin menipu dengan uang palsu. 

5. Pendaftaran Merchant Lebih Cepat 

Melalui pemahaman tentang apa itu QRIS, bisnis kamu tidak harus melewati proses pendaftaran manual di bank maupun e-wallet.

Tinggal daftarkan bisnis ke dalam sistem QRIS. Ini akan memberikan bisnis satu QR code yang dapat digunakan menerima pembayaran dari berbagai sumber.

Manfaat QRIS untuk Konsumen

Bagi kamu yang merupakan konsumen dan ingin melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS, berikut berbagai manfaat yang akan kamu rasakan:

1. Transaksi Lebih Cepat

Jika dibandingkan dengan pembayaran tunai, membayar dengan QRIS lebih cepat diselesaikan. Mengingat sistemnya digital, maka kamu tidak membutuhkan kembalian secara tunai. 

Nominal pembayaran akan otomatis tercatat persis seperti yang tertera, jadi jumlah pembayarannya sesuai. 

2. Bebas Memilih E-Wallet

Sebagai pembeli, kamu bebas dari kekhawatiran menyesuaikan metode pembayaran dengan yang tersedia pada merchant. Terutama bebas dari khawatir menyediakan uang tunai pas ketika penjual tidak memiliki kembalian yang cukup.

Penjual atau merchant yang menerapkan metode pembayaran dengan QRIS memberi kamu kebebasan membayar dari e-wallet apa saja. Sebab, seluruh e-wallet sudah menyediakan QR code QRIS.

3. Praktis dan Cashless

Kamu akan lebih praktis bertransaksi karena cashless dan tidak repot lagi membawa sejumlah uang tunai.  

4. Lebih Aman dan Bebas Risiko

QRIS mendapat perlindungan dan pengawasan dari Bank Indonesia. Itulah mengapa, metode ini bebas risiko dan lebih aman. Terlebih dengan segala risiko penipuan, seperti kembalian dengan uang palsu.

Apa itu QRIS, tujuan, cara menggunakan, hingga manfaatnya telah kamu ketahui dengan jelas. Kemudahan bertransaksi online, juga bisa kamu rasakan saat mendanai online dan mendapatkan passive income. Salah satunya seperti di Amartha, microfinance marketplace, yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Mulai dari nominal Rp100 ribu saja, kamu akan mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kamu pun turut memberikan dampak sosial yang nyata dari pendanaan tersebut. Jadi, yuk mulai mendanai di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

E Wallet Adalah

E Wallet Adalah Dompet Digital: Pahami Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Keuangan
apa itu uang elektronik

Apa Itu Uang Elektronik? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Keuangan
Apa Itu Qris

Apa Itu QRIS? Berikut Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Makin Signifikan, Begini Perkembangan QRIS di Indonesia

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png