icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / UMKM, Pakai Strategi Pemasaran Ini Agar Bisnis Kamu Banyak Pesanan
icon-lang
icon-lang

UMKM, Pakai Strategi Pemasaran Ini Agar Bisnis Kamu Banyak Pesanan

By Team Amartha Blog - 5 Sep 2020 - 3 min membaca

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini “menghantam” berbagai sektor, termasuk UMKM untuk dapat terus bertahan. Adanya batasan keluar rumah dan karantina wilayah membuat banyak konsumen semakin cermat dan hemat dalam melakukan pembelian.

Meski begitu, sebenarnya masih ada pengusaha UMKM yang justru mengalami peningkatan penjualan saat bisnis lainnya justru lesu dan harus berjuang agar tidak bangkrut. Ini berarti, sebagai pebisnis, ada banyak faktor yang sebenarnya dapat menunjang agar bisnis tetap berjalan, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Salah satu faktor penting adalah strategi pemasaran.

UMKM: Pengertian, Jenis, dan Perkembangannya di Indonesia

Nah, berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan agar bisnis milikmu mendapat banyak pesanan!

1. Targetkan Segmen Pasar Secara Spesifik 

Segmentasi pasar secara secara spesifik saat ini penting dilakukan sehingga bisnis yang kamu jalani dapat berproses secara efektif. Selain itu, segmentasi ini nantinya dapat membantu upaya memperluas pasar pada bisnis milikmu secara lebih terarah.

Hal ini penting dilakukan karena nilai keunggulan setiap produk pada dasarnya bersifat relatif untuk segmen yang berbeda. Nah, fungsi segmentasi ini adalah mengkategorikan potensi pasar serta mengevaluasi target konsumen.

2. Mengeola Hubungan Baik dengan Pelanggan  

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan akan membantu bisnis milikmu untuk memperluas pasar. Dengan menerapkan pelayanan yang lamah dapat memberikan kesan yang positif kepada pelanggan. Pelayanan yang ramah serta produk berkualitas akan membuat pelanggan merekomendasikan bisnis milikmu ke kolega-koleganya. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan seperti memberikan reward kepada pelanggan setia atupun membuatkan grup pelanggan, khususnya untuk reseller.

3. Buatlah Promo yang Menarik

Promo yang menarik juga menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan calon pelanggan yang akan membeli produk pada bisnis milikmu. Promo ini dapat berupa potongan harga, kupon hadiah, ataupun cashback. Kamu juga memanfaatkan momen-momen penting seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, dan hari besar lainnya untuk menggelar promo.

4. Melakukan Digital Marketing

Saat ini pemasaran secara digital merupakan salah satu strategi pemasaran efektif untuk berbagai bisnis, termasuk UMKM. Kamu bisa menggunakan media yang terhitung banyak penggunanya seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, ataupun Google Bisnis. Pemilihan media digital marketing ini bisa disesuaikan dengan karakteristik segmen pasar bisnis milikmu.

5. Terapkan Proses Transaksi Digital

Menerapkan transaksi digital sangatlah penting pada masa sekarang untuk keamanan transaksi. Selain itu, transaksi digital akan memudahkan kedua belah pihak saat melakukan proses jual beli, baik pembeli maupun penjual. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi bisnis milikmu karena tidak lagi perlu menyiapkan uang kembalian serta bukti transaksi pun lebih mudah didata karena tercatat secara digital. Konsumen pun akan lebih nyaman karena tidak perlu lagi menyiapkan uang cash untuk membeli produk.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh bisnis UMKM. Oh ya, saat ini kamu juga bisa berinvestasi sekaligus membantu UMKM dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata lho.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Yuk danai sekarang!

Artikel Terkait

umkm go digital

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

apa itu UMKM

Pengertian UMKM, Jenis, Fungsi, dan Cara Mendaftarnya

ilustrasi: peran UMKM dalam perekonomian Indonesia

Kontribusi dan Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

usaha ternak yang menjanjikan

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png