icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 11 Tips Sukses Membangun Warung Sembako Kekinian, Dijamin Laris!
icon-lang
icon-lang

11 Tips Sukses Membangun Warung Sembako Kekinian, Dijamin Laris!

By Tim Blog Amartha - 23 Oct 2023 - 3 min membaca

Warung sembako menjadi salah satu pilihan bisnis rumahan yang diminati oleh masyarakat karena dinilai cukup menguntungkan. Ide bisnis warung sembako ini sangat merakyat dan tidak pernah kehabisan calon pembeli karena menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Walaupun begitu, bisnis ini perlu melakukan inovasi agar tidak tertinggal zaman dan para konsumen dapat berbelanja dengan nyaman. Seperti contohnya yaitu bisa memperbaharuinya menjadi warung sembako kekinian. 

Biasanya warung sembako kekinian menjual segala macam kebutuhan rumah tangga, yakni sembilan bahan pokok atau Sembako yang terdiri dari, beras, gula pasir, minyak goreng, telur, juga susu. Tidak hanya memenuhi kebutuhan dapur. Toko kelontong juga umumnya menjual barang-barang lainnya, minuman makanan ringan, air galon hingga gas.

Namun tak dapat dipungkiri, kehadiran Minimarket dan juga sistem belanja online saat ini membuat warung sembako kesulitan untuk bersaing. Lalu, bagaimana tips agar pemilik warung sembako dapat bersaing agar lebih kekinian?

Tips Membuat Warung Sembako Kekinian

Warung sembako kekinian adalah bentuk modern dari warung sembako biasa dengan beberapa layanan baru yang diperuntukan bagi konsumen. Berikut ini beberapa hal yang bisa pemilik warung sembako coba untuk membuat warung sembako jadul menjadi lebih kekinian;

1. Siapkan Tanda Pengenal Toko yang Unik

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk membuat warung sembako menjadi lebih kekinian adalah membuat tanda pengenal toko. Misalnya dengan membuat spanduk, signage (tanda nama) atau banner agar warung sembako milikmu mudah untuk ditemukan. Siapkan tanda pengenal toko yang unik dan berbeda dari toko lainnya. 

2. Menata Ulang Barang-barang

Screenshot 2023-10-15 105249.png

Sangat penting untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman bagi para calon konsumen saat berbelanja di warung sembako. Mengikuti desain toko modern seringkali toko tersebut memiliki tata letak yang teratur dan efisien. Produk-produk yang ditawarkan ditempatkan dengan strategis agar mudah dijangkau oleh pelanggan. 

Nah, hal ini bisa kamu tiru dengan mulai menata ulang barang-barang yang kamu jual, misalnya di kelompokan berdasarkan jenis, fungsi hingga warna. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah untuk memilih dan mengambil barang. Terdapat juga alur yang jelas antara area penjualan, rak-rak, dan kasir untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dan efisiensi operasional seperti pembayaran.

Kamu juga bisa sediakan rak khusus yang dirancang dengan baik untuk mendorong penjualan impulsif dan membangkitkan rasa ingin tahu dan menarik hati calon pelanggan. Contohnya, beberapa produk unggulan atau bahkan produk promo dari warung sembako bisa diletakan di bagian depan untuk menarik minat calon pelanggan.

3. Dekorasi Modern dengan Warna Interior yang Cerah

shutterstock_373602469-696x464.jpg

Selain dari tanda pengenal toko yang harus ‘kelihatan’, ada baiknya juga untuk kamu merenovasi warung sembako dengan lebih modern menggunakan warna interior yang cerah. Pilihlah warna interior di dalam warung sembako yang membuat barang yang dipajang menjadi lebih terlihat dan membuat pelanggan semangat untuk berbelanja. Misalnya dengan memilih warna yang cerah seperti putih, krem, atau warna-warna pastel, hal ini juga akan membantu suasana di dalam warung sembako menjadi terlihat lebih luas dan terang.

4. Pencahayaan yang Terang dan Nyaman

Pencahayaan yang baik sangat penting dalam desain warung sembako modern. Pencahayaan yang terang dan merata membantu menciptakan suasana aman menyenangkan bagi calon pelanggan. Selain itu, pencahayaan yang cukup juga membuat produk yang dijual lebih terlihat dan mudah ditemukan sehingga pembeli dapat lebih fokus sekaligus meningkatkan daya tarik produk.

Baca Juga: Tips Usaha Warung Sembako Bersaing Melawan Minimarket

5. Menyediakan Area Kasir Agar Efisien

Screenshot 2023-10-15 105829.png

Jika sebelumnya di warung sembako tradisional tidak memiliki area bayar, alangkah baiknya jika di dalam desain warung sembako modern menyediakan area kasir agar pembayaran dapat lebih efisien. Lebih baik lagi jika penggunaan sistem kasir modern disediakan pemindai barcode, atau pembayaran non-tunai untuk mempercepat proses pembayaran dan menghemat waktu antrian pelanggan.

6. Menyediakan Berbagai Pilihan Pembayaran

Screenshot 2023-10-15 105618.png

Tak hanya menggunakan uang tunai, saat ini sudah ada berbagai pilihan pembayaran modern non-tunai misalnya dengan kartu debit, QRIS, bank digital, dan metode bayar lainnya. Menargetkan para konsumen yang terbiasa dengan cara pembayaran non-tunai adalah cara yang wajib kamu coba jika ingin menargetkan lebih banyak calon konsumen dan barang semakin laris!

7. Menyediakan Layanan PPOB

Selain menyediakan barang-barang untuk kebutuhan pangan, tak ada salahnya juga untuk menyediakan kebutuhan produk virtual atau pembayaran rutin seperti produk pulsa, paket data, token listrik, pln, asuransi kesehatan serta layanan pembayaran lain juga dibutuhkan oleh para konsumen warung sembako. 

Oleh karena itu, kamu bisa menyediakan layanan PPOB agar dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut. Jadi, konsumen yang datang bisa berbelanja barang sembako sekalian membayar tagihan rutin. 

Di Amartha, para mitra atau borrower bisa memiliki layanan PPOB jika sudah mendaftar sebagai agen. Jadi, selain mendapatkan keuntungan dari hasil usaha, mitra juga bisa mendapatkan tambahan keuntungan dari menjual produk atau layanan PPOB. Join AmarthaOne di AmarthaFin, aja. Warung sembako kamu jadi makin dikenal, deh!

8. Melayani Pesanan Khusus dan Layanan Pesanan Antar

Courier-and-delivery-service-company.jpg

Berikan pelayanan lebih untuk calon konsumen kamu agar semakin royal. Salah satu caranya dengan melayani pesanan khusus, seperti paket hadiah, paket lebaran, paket ucapan selamat apalagi jika ada yang memesan dalam jumlah besar (grosir).

Kebiasaan berbelanja online bagi sebagian masyarakat saat ini bisa kamu manfaatkan dengan menyediakan layanan pesan antar. Layanan antar bagi warung sembako memang sudah banyak digunakan untuk pemesanan air mineral galon maupun gas. Namun, tak ada salahnya juga jika kamu menawarkan layanan ini meski dengan tambahan biaya. Ini juga akan menambah tingkat kepuasan pelanggan untuk kembali berbelanja di warung sembako kamu.

9. Terdapat Tempat Parkir yang Nyaman

Biasanya konsumen yang datang untuk membeli kebutuhan bulanan datang dengan membawa kendaraan sendiri, karena pembelian dilakukan dalam jumlah yang tidak sedikit. Terutama jika warung sembako milikmu berada di pinggir jalan, alangkah penting untuk menyediakan lahan parkir yang cukup untuk memudahkan pelanggan dalam mengunjungi toko.

10. Membuat Promo Diskon Belanja

istockphoto-1144758140-612x612.jpg

Semua orang sudah pasti suka dengan promo diskon belanja. Coba tawarkan promo diskon menarik mingguan atau bulanan terutama pada momen tertentu seperti hari kemerdekaan, hari besar, hari libur atau akhir pekan. Kamu juga bisa membuat strategi untuk membuat promo semakin menarik, misalnya membuat poster khusus, membuat promo tebus murah, meletakan barang promo di dekat kasir, atau mengirimkan pesan promosi kepada sejumlah konsumen yang biasanya membeli melalui online.

11. Menyediakan Paket Bundling

Terkadang konsumen membeli produk dengan kebutuhan tertentu tapi terkadang juga mereka menginginkan sesuatu yang lebih mudah. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual produk bundling dengan harga potongan. 

Misalnya menjual paket sarapan, jika membeli roti tawar satuan dihargai Rp20.000, lalu selai satuan Rp 10.000 dan mentega di harga Rp7.000, maka dengan paket bundling, kamu bisa menawarkan paket ‘breakfast’ dengan harga Rp35.000 atau potongan 2 ribu rupiah untuk produk roti tawar, selai dan susu sekaligus. Ini juga berlaku pada paket sayur yang dijual dalam satu pack, paket kebutuhan mandi, atau juga paket buah berupa sarapan sehat.

Rekomendasi Daftar Barang Warung Sembako Terlaris

Agar warung sembako kekinian kamu semakin laris, berikut rekomendasi daftar barang barang warung sembako terlaris yang wajib ada!

  • Telur
  • Minyak Goreng
  • Beras
  • Gula
  • Bumbu dapur
  • Kopi
  • Teh dan susu
  • Mie instan
  • Air mineral
  • Makanan kaleng
  • Berbagai macam tepung
  • Kebutuhan rumah tangga (sabun mandi, sikat gigi, sabun cuci, shampo dan lainnya
  • Alat tulis
  • Makanan ringan
  • Minuman ringan

Agen Layanan Finansial di Amartha

Bagi kamu yang tertarik ingin membuka warung sembako kekinian, kalian bisa mencoba dengan melakukan pengadaan melalui layanan keuangan digital Amartha, Amarthaone. Amarthaone adalah jaringan Agen Laku Pandan (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif). Platform usaha ini disediakan oleh Amartha untuk ibu mitra yang ingin menambah penghasilan diluar usaha utamanya melalui bidang digital yang ramah modal.

Layanan Amarthaone terdiri dari : 

  1. Top up dan tarik tunai;
  2. Transfer antar Bank;
  3. Sentra layanan produk digital (PPOB); serta
  4. Reseller online.

Keuntungan menjadi Agen Amarthaone : 

  1. Syarat Mudah, yaitu mitra aktif Amartha minimal 3 bulan
  2. Modal awal yang fleksibel (Mulai dari atau sama dengan Rp 100.000,-)
  3. Jam operasional yang fleksibel dengan menggunakan Smartphone, kapan saja dimana saja
  4. Banyak promo menarik setiap bulannya (Cashback top up, cashback transaksi PPOB, dll)


Tunggu apalagi ibu, ayo download AmarthaFin dan jadi Agen Amarthaone segera!

Untuk informasi lainnya dapat mengakses halaman berikut,

Artikel Terkait

tips bisnis pakaian Muslim

8 Tips Bisnis Pakaian Muslim Bagi Pemula, Dijamin Laris Manis!

Tips Bisnis
Ilustrasi tips warung sembako kekinian

11 Tips Sukses Membangun Warung Sembako Kekinian, Dijamin Laris!

Tips Bisnis

4 Tantangan dalam Bisnis dan Tips Menghadapinya

Tips Usaha Warung Sembako Bersaing Melawan Minimarket

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png