icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 10 Cara Usaha Sukses dan Berkembang Pesat
icon-lang
icon-lang

10 Cara Usaha Sukses dan Berkembang Pesat

By Tim Blog Amartha - 15 Jun 2024 - 3 min membaca

Cara usaha sukses dan bisa berkembang pesat bukanlah sebuah hal yang mudah. Kamu harus terus berusaha dan menciptakan berbagai inovasi agar bisnis tersebut tidak kalah saing oleh kompetitor. 

Agar usaha dapat berkembang, ada banyak langkah yang harus ditempuh. Namun, kamu tidak perlu bingung. Kamu bisa mulai dengan menyusun business plan terlebih dahulu. Strategi ini harus dibuat dengan baik agar goals bisnis dapat tercapai. 

10 Cara Usaha Sukses dan Bisa Terus Berkembang Pesat

Untuk mengembangkan suatu usaha, kamu perlu strategi yang tepat. Jangan biarkan usaha kamu berjalan di tempat apalagi berjalan mundur. Berikut beberapa strategi yang dapat kamu coba agar usaha berkembang pesat:

1. Tingkatkan Promosi

Bila kamu berharap memiliki sebuah bisnis yang besar, salah satu langkah yang harus dilakukan yaitu dengan meningkatkan promosi bisnis. Ini merupakan salah satu strategi yang cukup berpengaruh dalam mengembangkan bisnis dan sangat penting dilakukan. 

Dengan promosi, kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens sekaligus mengenalkan layanan/produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, cara usaha sukses ini sangat diperlukan agar usahamu bisa terus berkembang. 

Agar promosi yang dilakukan efektif, kamu harus membuat konten promosi yang menarik. Selain itu, cobalah untuk meningkatkan frekuensi promosi agar semakin banyak audiens yang mengenal bisnismu. 

Saat ini ada banyak fitur promosi yang dapat dimanfaatkan, seperti melalui brosur, iklan, ataupun promosi secara online melalui media sosial. Kamu bisa memilih media promosi yang paling sesuai dengan target pasar yang dituju. 

2. Kenali Kekuatan Kompetitor

Sebagai pengusaha, kamu harus mengenali kekuatan kompetitor yang juga bergerak di bidang bisnis serupa. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui apa saja hal yang harus dihindari oleh bisnis serta kelebihan apa yang dimiliki oleh kompetitor dan bisa diimplementasikan pada bisnis kamu.

Jika kamu tidak mengetahui kekuatan kompetitor, promosi yang dilakukan terus-menerus pun tidak akan bisa bersaing karena kamu tidak mengetahui kelemahan mereka. Selain itu, dengan menganalisis kompetitor, dapat memberikan kamu inspirasi untuk menciptakan inovasi baru pada produk.

3. Analisis Tren Pasar

Selain menganalisis kompetitor, kamu juga harus terus mengikuti apa yang sedang tren di pasaran. Hal ini sangat penting dilakukan agar bisnis dapat berkembang dan bersaing dengan kompetitor. 

Cara usaha sukses ini juga perlu dilakukan secara rutin agar bisnis berkembang bisnis. Dengan mengikuti tren pasar kamu bisa mendapatkan inovasi baru yang lebih sesuai dengan minat pasar saat itu. 

Selain itu, hal ini juga dapat menunjukkan bahwa bisnismu dapat mengikuti tren yang sedang ada. Meskipun demikian, sebaiknya tetap sematkan ciri khas dari bisnismu agar tidak terkesan hanya sekedar “ikut-ikutan tren”. 

4. Cek Kelebihan dan Kekurangan Produk

Ketika kamu mulai merasa produk sudah kurang diminati, mari periksa kembali kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut. Jangan terus memaksakan produk yang minatnya sudah turun di pasaran karena bisa berdampak kurang baik bagi perkembangan bisnismu. 

Dengan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan produk, kamu bisa mulai memperbaiki apa hal yang perlu ditambah dan dikurangi. Jika memungkinkan, kamu juga bisa melakukan survey langsung pada pelanggan untuk mengetahui kepuasan mereka terhadap produkmu. Kamu juga bisa sekalian menanyakan apa yang kiranya perlu diperbaiki dari produk tersebut.

5. Perluas Jaringan Bisnis

Memperluas bisnis merupakan salah satu cara usaha sukses yang perlu kamu lakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membuka cabang usaha baru atau channel marketing baru.

Bila kamu membuka toko offline, cobalah untuk memperluas pemasaran produk dengan cara membuka penjualan secara online. Hal ini juga berlaku ketika kamu membuka bisnis secara online, cobalah untuk membuka toko offline.

Bila pemasaran yang dilakukan pada salah satu platform online yang digunakan tidak berjalan hasil yang maksimal, kamu bisa mencobanya di platform online lain yang banyak diminati.

Di samping itu, kamu juga perlu memperluas relasi bisnis dengan cara membangun hubungan baik dengan rekan bisnis. Hal ini dapat membantu usaha agar dapat berkembang lebih luas lagi.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Usaha dari Nol untuk Pemula

6. Tingkatkan Sumber Daya

Agar usaha terus berkembang dan tidak mengalami penurunan kualitas, sangat penting untuk selalu meningkatkan sumber daya sehingga usaha dapat berkembang pesat. Sumber daya yang dimaksud yaitu dapat berupa sumber daya produk ataupun sumber daya manusia. 

Kamu bisa melakukan peningkatan ini secara menyeluruh. Untuk meningkatkan sumber daya produk, kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan produk, seperti bahan yang digunakan, hingga proses produksi produk tersebut. Usahakan untuk menggunakan sumber daya terbaik agar kualitas produk lebih terjamin.

Sementara itu, untuk meningkatkan sumber daya manusia, kamu perlu mencari tim yang kompeten dalam bidangnya. Dengan demikian, proses pengelolaan dan produksi bisa dilakukan dengan maksimal.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik merupakan salah satu kunci utama agar suatu bisnis dapat berkembang pesat dan terus bertahan. Cara usaha sukses ini biasanya cukup ampuh untuk menghasilkan promosi secara mouth to mouth

Oleh karena itu, memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik pelanggan baru untuk menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Untuk memaksimalkan pelayanan, kamu juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi seperti media sosial. Media tersebut juga dapat meningkatkan engagement bisnis dengan konsumen. Kamu juga dapat menginformasikan informasi terbaru mengenai produk atau jasa.

8. Perbarui Strategi Marketing

Di era digital seperti sekarang, digital marketing merupakan salah satu kunci agar bisnis dapat bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, strategi marketing yang digunakan harus selalu diperbarui agar daya saing selalu meningkat. 

Cobalah untuk mulai memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan daya saing dan kredibilitas bisnis. Kamu bisa memposting konten-konten yang menarik untuk memperkenalkan produk. 

9. Buat Inovasi Baru

Pernahkah kamu merasa jika konsumen terus berkurang seiring berjalannya waktu? Hal ini mungkin terjadi karena produk yang kamu tawarkan sudah tampak ketinggalan zaman sehingga konsumen mulai bosan.

Hal ini bisa terjadi karena pebisnis lain akan terus menciptakan inovasi baru pada produk mereka. Jika kamu tidak ikut memperbarui produk, kemungkinan produk yang kamu miliki akan tenggelam dan konsumen akan beralih pada produk lain. 

10. Bangun Kerjasama dengan Investor

Menjalin kerjasama bersama investor dapat mendorong bisnismu ke arah yang lebih baik. Kamu bisa mengakses saran, wawasan bisnis, serta pengetahuan industri yang mungkin tidak bisa didapatkan bila kamu berbisnis sendiri.

Cara ini juga bisa membuat kamu terhindar dari kesalahan yang fatal dan bisa membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam berbisnis. Selain itu, bekerja sama dengan investor juga dapat meningkatkan nilai brand di mata calon pelanggan atau mitra yang lain.

Selain bekerjasama dengan investor, kamu juga bisa mendapatkan modal pinjaman kelompok dari pendana di Amartha.

Apa Itu Pinjaman Kelompok Amartha

Apakah kamu mulai tertarik untuk memulai usaha? Jika iya, mempersiapkan modal awal adalah hal utama sebagai cara usaha sukses yang perlu kamu lakukan.

Bicara tentang modal awal, ada berbagai cara untuk mencari modal awal, salah satu alternatif yang cocok untukmu yakni menggunakan pinjaman kelompok dari Amartha.

Dengan pinjaman ini, maka kamu bisa dapatkan modal usaha untuk dipakai secara produktif. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pendampingan UMKM, sehingga perjalanan bisnismu dapat menjadi lebih lancar dan terkendali.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan pinjaman kelompok ini, yaitu sebagai berikut:

1. Pengajuan pinjaman mudah

2. Pengajuan dilakukan secara berkelompok, dengan risiko yang sudah terukur

3. Pencairan dana dapat diproses dengan cepat, serta tidak ada potongan untuk biaya administrasi.

4. Akan mendapat pendampingan bekala untuk UMKM, dengan layanan yang amanah dan ramah untukmu

Wah, ternyata cukup banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari pinjaman kelompok ini. Untuk proses pinjaman modal usaha, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah berikut:

1. Membentuk kelompok dengan jumlah 15 sampai 25 orang yang memiliki domisili berdekatan.

2. Melakukan pendaftaran profil usaha, supaya nantinya bisa melakukan proses verifikasi. Lalu, setiap calon mitra diberikan skor kredit dan angka atau jumlah pinjaman yang telah disetujui.

3. Melakukan akad kredit antara mitra dengan petugas dari Amartha untuk proses pencairan dana, sesuai dengan jumlah pinjaman yang disepakati.

4. Melakukan pertemuan kelompok mingguan yang telah difasilitasi oleh Amartha. Ini dilakukan sepanjang masa peminjaman modal usaha.

Mau dapat keuntungan lebih besar? Kamu juga bisa menjadi agen Amartha, loh. Segera dapatkan berbagai informasi lebih lanjut di sini dan maksimalkan usaha yang menjanjikan.

Bagaimana? Mudah, bukan? Jangan tunda lagi, segera daftarkan dirimu untuk menjadi mitra Amartha sekarang!

Artikel Terkait

cara usaha sukses

10 Cara Usaha Sukses dan Berkembang Pesat

Tips Bisnis

5 Peluang Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan di Tahun 2021

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png