icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Dapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan
icon-lang
icon-lang

Dapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

By Tim Blog Amartha - 12 Jun 2024 - 3 min membaca

Setiap pemilik bisnis tentu saja menginginkan kesuksesan bagi usahanya. Salah satu tantangan utama yang seringkali dihadapi oleh bisnis yaitu memperoleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Hal ini dikarenakan, bisnis yang baru dirintis cenderung mempunyai profit yang sedikit.

Selain itu, mengajukan pinjaman dengan jaminan dapat memberatkan pemilik bisnis dan tentunya menjadi risiko yang cukup pelik jika harus mempertaruhkan aset atau properti sebagai jaminannya. 

Maka dari itu, pinjaman usaha tanpa jaminan muncul untuk membantu para pelaku usaha mengatasi kerumitan tersebut. 

Apa Itu Pinjaman Modal Usaha?

Pinjaman modal usaha bisa menjadi salah satu solusi saat ingin membangun sebuah bisnis. Saat ini siapa saja bisa membangun bisnis, namun sayangnya tak semua orang mampu menjalankannya. Kebutuhan modal usaha yang cukup banyak adalah salah satu penyebab utamanya, misalnya saat mulai membangun sebuah bisnis hingga mengembangkannya. Ditambah lagi untuk bertahan di tengah situasi sulit. Penyebab ini juga yang sering menjadi batu sandungan para pemilik UMKM untuk membuka peluang usaha.

Alasan Pelaku Bisnis UMKM Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

Jika kamu saat ini sedang merintis usaha UMKM yang sejauh ini sudah berhasil memiliki bisnis yang tengah berjalan dengan modal sendiri, tak ada salahnya untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Hal ini dikarenakan ada saat di mana kamu akan membutuhkan modal tambahan agar bisnis semakin berkembang. Beberapa alasan yang dirangkum di artikel ini akan menunjukkan pinjaman modal bisa memberi dampak positif yang bagi para pelaku bisnis membutuhkannya.

1. Menyelamatkan Usaha dari Risiko Kebangkrutan

Bagi bisnis yang baru merintis atau pemilik UMKM, menjaga arus kas merupakan sebuah kendala terbesar dan menjadi masalah yang harus ditangani secepatnya. Keterbatasan dana dalam cost produksi seperti pembayaran vendor, membayar gaji karyawan, tagihan listrik dan internet, serta biaya-biaya lain seringkali tak bisa menunggu. Untuk mencegah banyaknya biaya yang harus ditutupi, maka kamu bisa mengajukan pinjaman bisnis untuk memperlancar arus kas keuangan.

2. Berdampak Positif dengan Meminimalisir Tindakan PHK tenaga kerja

Selain dari mencegah kebangkrutan, pinjaman modal usaha juga akan berguna untuk meminimalisir tindakan PHK tenaga kerja. Artinya juga, bisnis UMKM kamu akan membantu membuka lapangan pekerjaan dan mensejahterakan lingkungan sekitar agar rantai bisnis tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Amartha Dorong Transformasi Digital Perempuan UMKM di Indonesia

3. Pinjaman Modal Usaha untuk Merawat dan Memperluas Perlengkapan

Setiap bisnis, termasuk bisnis UMKM tentu membutuhkan peralatan untuk dapat berjalan dengan lebih optimal. Belum lagi perawatannya, agar aset yang dimiliki tetap dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

Untuk menjaganya, pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif tepat untuk pelaku usaha UMKM membeli perlengkapan bisnis demi mendongkrak aktivitas bisnis.

4. Dukung Ekonomi Bangkit dengan Ekspansi Bisnis

Tak perlu takut akan menjadi hutang di kemudian hari, melakukan pinjaman usaha bisa jadi jalan menuju bisnis yang lebih besar. 

Tidak seperti lembaga keuangan konvensional yang menetapkan sejumlah syarat tertentu yang terkadang memberatkan pihak peminjam, akses permodalan melalui fintech dapat lebih mudah, cepat dan biasanya juga tanpa jaminan.

Salah satu fintech yang menghadirkan pinjaman tanpa modal adalah Amartha. Hingga saat ini Amartha telah berhasil menghubungkan investor dan mitra usaha UMKM dengan total dana tersalurkan pendanaan sebesar lebih dari Rp 20.9 Triliun rupiah di periode Juni 2024 dengan lebih dari 2,454 juta usaha mikro telah diberdayakan.

5. Mendapat Dukungan Mental dan Sosial dari Komunitas UMKM

Contohnya di Amartha, akses pinjaman modal usaha yang diberikan tidak terbatas pada pemberian sejumlah uang, namun juga support system yang dapat memberi dampak pada peningkatan kualitas hidup para pemilik usaha UMKM. Di Amartha, pengajuan pinjaman dilakukan secara berkelompok sehingga dapat membangun rasa saling percaya dan dukungan terhadap sesama anggota. Amartha juga memberi pendampingan pelatihan dan saling berbagi perkembangan usaha masing-masing.

Akses Permodalan Mikro untuk UMKM Pedesaan

Ribuan kelompok majelis Amartha lainnya sudah didanai. Dapatkan pinjaman usaha tanpa jaminan untuk modal usaha produktif dan pendampingan untuk UMKM

Mengenal Lebih Jauh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman yang dijaminkan biasanya berupa aset seperti properti atau aset berwujud berharga lainnya yang akan disimpan oleh lembaga keuangan untuk jaminan sebagai pemberi pinjaman. 

Ketika perbankan menawarkan pinjaman kepada nasabah, umumnya akan diminta jaminan. Hal ini bertujuan saat nasabah sebagai pihak peminjam dana tidak bisa mengembalikan uang yang dipinjamkan secara tepat waktu, maka pihak bank mempunyai hak hukum untuk menyita jaminan yang disepakati sesuai perjanjian. 

Berdasarkan itu, tidak sedikit para lembaga keuangan yang mulai menawarkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan baik untuk keperluan manajemen pengeluaran maupun lainnya. 

Akan tetapi terdapat kriteria kelayakan tertentu yang wajib dipenuhi agar memperoleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Modal Usaha Produktif Melalui Pinjaman Kelompok Amartha

Jika sudah membaca berbagai penjelasan di atas, maka kini kamu tentunya lebih terbayang untuk membuka bisnis dengan persiapan modal awal. Dengan tips dan strategi yang sudah dipaparkan, kamu juga bisa mendapat referensi yang membuatmu semakin siap memulai bisnis.

Jadi bagaimana, apakah kamu mulai tertarik untuk memulai bisnis? Jika iya, mempersiapkan modal awal adalah dapat menjadi hal utama yang perlu kamu lakukan.

Bicara tentang modal awal, ada berbagai cara untuk mencari modal awal, salah satu alternatif yang cocok untukmu yakni menggunakan pinjaman kelompok dari Amartha.

Dengan pinjaman ini, maka kamu bisa dapatkan modal usaha untuk dipakai secara produktif. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pendampingan UMKM, sehingga perjalanan bisnis dapat menjadi lebih lancar dan terkendali.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan pinjaman kelompok ini, yaitu sebagai berikut:

1. Pengajuan pinjaman mudah

2. Pengajuan dilakukan secara berkelompok, dengan risiko yang sudah terukur

3. Pencairan dana dapat diproses dengan cepat, serta tidak ada potongan untuk biaya administrasi.

4. Akan mendapat pendampingan bekala untuk UMKM, dengan layanan yang amanah dan ramah untukmu

Wah, ternyata cukup banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari pinjaman kelompok ini. Untuk proses pinjaman modal usaha, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah berikut:

1. Membentuk kelompok dengan jumlah 15 sampai 25 orang yang memiliki domisili berdekatan.

2. Melakukan pendaftaran profil usaha, supaya nantinya bisa melakukan proses verifikasi. Lalu, setiap calon mitra diberikan skor kredit dan angka atau jumlah pinjaman yang telah disetujui.

3. Melakukan akad kredit antara mitra dengan petugas dari Amartha untuk proses pencairan dana, sesuai dengan jumlah pinjaman yang disepakati.

4. Melakukan pertemuan kelompok mingguan yang telah difasilitasi oleh Amartha. Ini dilakukan sepanjang masa peminjaman modal usaha.

Mau dapat keuntungan lebih besar? Kamu juga bisa menjadi agen Amarthaloh. Segera dapatkan berbagai informasi lebih lanjut di sini dan maksimalkan usaha yang menjanjikan.

Bagaimana? Mudah, bukan? Jangan tunda lagi, segera daftarkan dirimu untuk menjadi mitra Amartha sekarang!

Artikel Terkait

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Dapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Tips Bisnis

Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM dengan Cepat!

Tips Bisnis

Cerita Subrinah Mengumpulkan Rupiah dari Bisnis Keripik

Cerita Mitra

Syarat dan Cara Pinjam Modal Usaha di Amartha

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png