icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 5 Sektor Bisnis Jawa Timur Yang Berkembang Pesat, Apa Saja?
icon-lang
icon-lang

5 Sektor Bisnis Jawa Timur Yang Berkembang Pesat, Apa Saja?

By Team Amartha Blog - 22 Aug 2022 - 3 min membaca

Jawa Timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi begitu besar untuk bertumbuh. Ada beberapa sektor bisnis di Jawa Timur yang memang sedang berkembang pesat. Tentunya dari sektor-sektor ini diharapkan kesejahteraan masyarakat juga bisa ikut meningkat. 

Sektor Bisnis Potensial di Jawa Timur

Perekonomian nasional memang dipengaruhi oleh berbagai sektor, salah satunya adalah bidang bisnis di berbagai provinsi seperti Jawa Timur. Memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial, Jawa Timur punya peluang besar untuk menjadi provinsi yang maju. Berikut ini 5 sektor bisnis yang sekarang sedang berkembang pesat di sana:

1. Infrastruktur

Pertama ada bidang infrastruktur yang memang selalu memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih jauh. Sebagai negara yang gencar melakukan pembangunan, Indonesia memang terkenal dengan sektor infrastrukturnya yang cukup kuat. Termasuk di provinsi Jawa Timur yang kini juga menjalankan banyak jenis proyek pembangunan. 

Pembangunan berbagai jenis fasilitas menjadi salah satu sektor bisnis yang menjanjikan di provinsi ini. Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi atau berkontribusi di bidang properti, ini mungkin bisa jadi peluang yang bagus. Tentu saja tetap harus diperhatikan jenis proyek infrastruktur yang potensial. 

2. Agribisnis

Selanjutnya ada bidang agribisnis yang juga cukup berkembang pesat di Jawa Timur. Provinsi ini memiliki potensi besar di bidang pertanian bahkan beberapa produknya berhasil diekspor ke negara lain. Sebut saja ada komoditas minyak sawit dan kopi yang memiliki potensi besar dan telah diekspor ke berbagai negara sampai ratusan ton banyaknya. 

Berbagai jenis tanaman pangan dari Jawa Timur juga populer diedarkan ke berbagai wilayah. Sektor bisnis ini akan terus berkembang mengingat produk pertanian pasti akan selalu dibutuhkan. Sangat layak dijadikan sebagai ladang investasi yang menjanjikan. 

3. Sumber Daya Manusia

Sektor bisnis di Jawa Timur yang juga tak kalah menjanjikan adalah sumber daya manusia atau SDM. Bidang bisnis ini memang seolah tidak ada matinya, karena akan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu. Ditambah lagi Jawa Timur memiliki banyak penduduk yang potensial dan kompeten di bidangnya masing-masing. 

SDM dari Jawa Timur memiliki kualitas dan kemampuan bersaing yang cukup tinggi. Bukan hal yang aneh jika SDM dari provinsi ini bisa berkembang di perusahaan besar. Bahkan tidak sedikit yang bisa menjangkau perusahaan luar negeri berkat kompetensi yang dimiliki. 

Baca Juga: 8 Peluang Usaha di Kota Surabaya, Dijamin Menguntungkan!

4. Minyak dan Gas

Jawa Timur juga menjadi salah satu provinsi yang memiliki potensi besar di sektor energi minyak dan gas. Salah satunya ditunjukkan oleh keberadaan PT Petrogas Jatim Utama yang beroperasi di sana. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan mengingat energi minyak dan gas akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat dunia. 

5. Sektor Bisnis Pariwisata

Sektor bisnis berkembang lainnya yang juga dianggap potensial di Jawa Timur adalah pariwisata. Bisa dilihat sendiri bahwa pariwisata di Jawa Timur memang potensial dan bisa berkembang lebih pesat. Banyak lokasi wisata di sana yang bisa dioptimalkan untuk menarik wisatawan baik lokal maupun internasional. Mulai dari objek wisata alam maupun buatan yang dikembangkan oleh pihak tertentu. 5 sektor bisnis di Jawa Timur ini memiliki potensi besar untuk berkembang. Kamu bisa menjadikannya peluang untuk berinvestasi demi masa depan.

Mengoptimalkan sektor bisnis di Surabaya memang sangat menjanjikan. Namun jika kamu tidak memiliki akses untuk memanfaatkan sektor bisnis Surabaya, kamu masih bisa loh turut serta dalam membangkitkan UMKM Jatim di Amartha. Modalin Rp100 ribu, kamu bisa melakukan investasi dengan imbal hasil 15% flat per tahun.

Sekaligus membantu pengusaha mikro di Indonesia untuk mengembangkan usahanya dengan cara melakukan pendanaan di microfinance marketplace Amartha.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

5 Tempat Wisata Surabaya Untuk Destinasi Liburan!

Gaya Hidup

5 Sektor Bisnis Jawa Timur Yang Berkembang Pesat, Apa Saja?

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png