icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Tips Cerdas Cara Kelola THR Akhir Tahun Agar Bermanfaat!
icon-lang
icon-lang

Tips Cerdas Cara Kelola THR Akhir Tahun Agar Bermanfaat!

By Team Amartha Blog - 20 Dec 2022 - 3 min membaca

Kabar baik yang ditunggu-tunggu di penghujung tahun ini, apalagi kalau bukan THR akhir tahun. Bonus yang diberikan kepada karyawan, atas kinerja baik selama satu tahun terakhir. Sudah punya rencana mau dipakai untuk apa bonus THRmu?

Supaya bonus tidak hanya numpang lewat, sebaiknya dikelola dengan bijak. Biar kamu lebih bisa merasakan manfaatnya. Ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan uang THR dengan tepat.

Meskipun peraturan THR 2022 untuk  bonus THR sampai sekarang, hanya ada untuk para ASN. Namun, pegawai di sektor swasta juga bisa mendapatkan bonus THR. 

Adapun nominal bonus yang diterima bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Tergantung perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya. Serta dilihat dari aspek-aspek lain yang jadi bahan pertimbangan. Seperti penilaian kinerja, masa kerja, jabatan, dan faktor lainnya.

5 Cara Kelola Uang THR Akhir Tahun

Serahkan perhitungan THR ke bagian HR dan keuangan. Lebih baik kamu mulai pikirkan akan digunakan untuk apa bonus THR milikmu. Berikut ini 5 cara kelola uang bonus supaya gak habis sia-sia:

Membeli Barang yang Kamu Butuhkan 

Tidak perlu merasa bersalah jika ingin membeli barang dengan uang bonus. Kamu bisa pilih barang yang benar-benar kamu butuhkan. Produk yang sudah kamu incar sejak lama dan kamu yakin barang tersebut akan sangat berguna nantinya. 

Melunasi Utang 

Apa kamu masih memiliki tunggakan berupa utang yang belum lunas atau atau cicilan yang harus dibayar? Sebaiknya dahulukan dulu hal tersebut. Gunakan sebagian atau seluruh uang bonus untuk melunasi cicilan. Dengan begitu kamu tidak akan lagi merasa terbebani tunggakan.

Baca Juga: Bonus Akhir Tahun Kapan Cair, Yuk Cek!

Simpan ke Tabungan

Cara memanfaatkan THR akhir tahun yang wajib kamu lakukan adalah menyimpan sebagian ke dalam tabungan. Supaya saldo tabungan yang kamu siapkan untuk rencanamu bisa bertambah. Atau simpan ke dalam tabungan untuk jadi dana darurat.

Sisihkan untuk Sedekah atau Donasi

Bonus akhir tahun milikmu akan terasa lebih bermanfaat lagi jika kamu sisihkan beberapa untuk sedekah atau donasi. Memberikan bantuan  kepada orang yang membutuhkan bisa membuat dirimu lebih bahagia dan merasa bersyukur.

Sekarang ini untuk memberikan donasi semakin mudah. Ada banyak lembaga crowdfunding yang menyalurkan bantuan. Pilih lembaga yang bisa dipercaya dan jelas rekam jejaknya. 

Investasi 

Uang bonus milikmu bisa bertambah jumlahnya jika kamu alokasikan untuk investasi. Kamu bisa buka rekening deposito, reksadana, obligasi atau mencoba investasi saham. Cari tahu keunggulan dari masing-masing jenis investasi. 

Selain investasi dalam bentuk uang, kamu juga perlu berinvestasi pada dirimu sendiri. Caranya yaitu mengembangkan kemampuan diri dengan mengikuti seminar atau workshop. Pakai uang bonus untuk membayar kelas-kelas pelatihan tersebut. 

Kamu bisa coba melakukan salah satu atau beberapa tips di atas, biar THR untuk akhir tahun tidak habis dipakai untuk keperluan konsumtif.

Nah, buat kamu yang berencana menginvestasikan bonus THR akhir tahun, kamu bisa berinvestasi di Amartha microfinance marketplace. Mulai modalin UMKM dari 100 ribu aja, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif mingguan dengan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.  

Jadi di samping berinvestasi, kamu juga bisa bantu memberdayakan perempuan dan menyejahterakan keluarga mereka. Tunggu apalagi? Yuk, mulai mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Tips Hemat Anak Kost

6 Tips Hemat Anak Kost, Biar Keuangan Tetap Aman!

Keuangan
risk dan return

Lebih Dekat Memahami Konsep Risk dan Return dalam Investasi

Tentang Amartha

Apa Itu Paylater: Definisi, Contoh, dan Cara Pakai

Keuangan

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png