icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 12 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Wajib Dicoba!
icon-lang
icon-lang

12 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Wajib Dicoba!

By Tim Blog Amartha - 24 May 2024 - 3 min membaca

Ada banyak sekali ide bisnis untuk mahasiswa yang fleksibel dan dapat kamu wujudkan dengan modal serta waktu terbatas. Bisnis ini meningkatkan peluang agar uang bulanan kamu semakin bertambah. Selain itu, bisnisnya juga tidak sulit untuk dilakukan dan akan membuahkan hasil asal kamu konsisten.

Sukses berbisnis sedari muda pun dapat kamu capai apabila giat mencoba terlepas dari kegagalan yang menerpa. Lalu, apa saja bisnis yang cocok untuk dilakukan mahasiswa dengan segudang tugas dan kegiatan? Mari bahas satu per satu melalui uraian berikut ini!

12 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Fleksibel dan Mudah

Kini kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari sumber penghasilan tambahan. Berbagai ide bisnis di bawah ini menjadi inspirasi menarik untuk kamu:

1. Jasa Cetak dan Jilid

Ide bisnis pertama adalah membuka jasa cetak (print) dan jilid. Ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki printer dan laptop atau komputer sendiri. Memanfaatkannya untuk membuka jasa cetak akan menjadi sumber uang bulanan tambahan yang mudah.

Sebab, konsumennya akan selalu ada mengingat perkuliahan yang selalu memberikan tugas bagi mahasiswanya. Kamu tinggal tawarkan jasa ini ke teman sekelas dengan tarif yang lebih murah.

Untuk peralatannya, kamu bisa melengkapi dengan yang umum seperti kertas HVS, tinta printer, lakban hitam, hingga kertas mika. Terapkan sistem order online melalui media sosial atau email agar lebih praktis.

2. Membuka Online Shop Dropship

Kamu salah bila berpikir membuka online shop harus selalu stok produk. Kini ada yang namanya dropshipping. Kamu bisa menjadi dropshipper yang akan berperan sebagai perantara antara pembeli dengan supplier.

Promosikan produk di media sosial serta marketplace untuk mengundang pembeli. Nanti, produk akan dikirim langsung oleh supplier setelah kamu kirim format order. Modalnya pun langsung dari pembeli. 

Kamu hanya perlu menaikkan harga sesuai ketentuan supplier agar mendapatkan keuntungan. Kunci dari dropship adalah promosi yang menarik di media sosial. Jadi, pelajari konsep marketing yang cocok dengan audiens kamu.

3. Berjualan Produk DIY

DIY atau Do It Yourself adalah produk yang kamu buat sendiri dengan tangan. Contohnya, case smartphone, totebag, hingga aksesoris. Khusus untuk kamu yang kuliah di jurusan seni, menyalurkan kreativitas menjadi bisnis seperti ini adalah ide yang wajib kamu coba.

4. Menjual Camilan 

Berjualan camilan menjadi ide bisnis untuk mahasiswa yang sayang kamu lewatkan. Ini mengingat bisnis makanan kini semakin inovatif. Kamu bisa menjual camilan yang sedang tren seperti basreng, risol mayo, dan pisang nugget. 

Modal yang dibutuhkan pun tidak besar, bisa kamu lakukan dengan nominal mulai dari Rp200 ribu saja. Kamu bisa berjualan saat istirahat dengan keliling ke kelas-kelas atau menitipkannya di kantin kampus.

5. Bisnis Aksesoris K-Pop

K-Pop adalah industri yang kian besar. Bahkan, kamu sendiri pun mungkin adalah seorang k-poper. Kembangkan minat tersebut dengan berjualan aksesoris k-pop. Misalnya, pin, gantungan kunci, stiker, hingga photo card. 

Kamu dapat mengawali promosi ke teman satu kelas dulu. Jangan lupa promosikan juga ke media sosial untuk mengembangkan bisnis ini melalui konten promosi yang unik.

6. Menjual Rice Bowl

Ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini wajib kamu coba jika hobi memasak. Kamu yang berada di jurusan tata boga pun bisa mengembangkan kemampuan melalui berjualan rice bowl.

Terapkan sistem PO (pre-order) agar kamu bisa mendata pesanan masuk lebih mudah. Pre-order juga menghemat modal bisnis dengan pembayaran di awal. 

Kamu pun bisa menggunakan sistem ready ketika pertama kali berjualan untuk mengenalkan produknya dulu ke teman-teman. 

Rice bowl cenderung laku karena mahasiswa butuh makanan untuk mengisi perut. Terutama saat kantin terlalu ramai dan waktu istirahat terlalu singkat.

Baca Juga: 5 Kerja Part Time untuk Mahasiswa

7. Jasa Penerjemah

Apabila kamu kuliah jurusan bahasa asing, membuka jasa penerjemah jadi ide bisnis untuk mahasiswa yang wajib kamu coba. Tidak memerlukan modal, kamu dapat memulai bisnis ini dengan laptop, printer, serta internet. Alat-alat tersebut pasti sudah kamu miliki untuk berkuliah, bukan?

Buat daftar variasi terjemahan untuk menarik lebih banyak konsumen. Contohnya, menerjemahkan jurnal, essay beasiswa, serta transkripsi audio. Sediakan pula jasa proofreading hingga interpreter yang juga tinggi permintaannya.

8. Fotografer dan Videografer

Bermodalkan iPhone, kamu bisa menyediakan jasa fotografer dan videografer dengan harga murah. Tambahkan juga jasa editing untuk meningkatkan nilai jual jasanya. 

Bila memiliki kemampuan fotografi serta kamera yang memadai (seperti DSLR atau mirrorless), kamu dapat menawarkan jasa ini secara profesional. Target konsumennya adalah mereka yang ingin pre-wedding, menggelar event, hingga memiliki bisnis online untuk foto katalog produknya.

9. Jasa Les Privat

Les privat termasuk ide bisnis untuk mahasiswa yang banyak dilakukan. Kamu dapat memilih tingkat murid les, mulai dari sekolah dasar (SD), menengah pertama (SMP), hingga menengah atas (SMA).

Jika kamu mahasiswa ilmu pendidikan, bisnis ini akan menjadi kesempatan mengembangkan kemampuan mengajar yang dibayar. Jasa les privat juga banyak dicari, khususnya ketika masa-masa ujian sekolah.

10. Menawarkan Buku Bekas

Buku-buku perkuliahan di setiap semester yang sudah tidak lagi digunakan dapat kamu jual ke mereka yang membutuhkan, misalnya adik tingkat. Jual buku tersebut dengan harga ekonomis yang tetap menguntungkan.

11. Menjadi Kreator Konten

Mengawali karir menjadi seorang kreator konten bisa kamu mulai sejak mahasiswa. Khususnya bila kamu suka membuat video dan konten foto estetik. Terlebih jika pengikut media sosial kamu sudah ribuan, memanfaatkannya sebagai ladang bisnis wajib kamu coba.

Bila sudah populer dan mendapatkan engagement akun yang tinggi, kamu akan mendapatkan keuntungan. Sumbernya bervariasi, mulai dari iklan, promosi produk, hingga adsense. Pastikan kamu telah monetize akun media sosial dan mengubahnya menjadi profil bisnis agar engagement lebih optimal.

12. Freelance Writer

Untuk kamu yang hobi menulis, salurkan dengan menjadi freelance writer (penulis lepas). Terdapat platform media online yang menerima kontributor untuk menulis artikel di platform mereka. 

Lakukan pendaftaran pada platform tersebut, lalu tulis artikel menarik dengan topik yang sedang tren. Kamu bisa mengetahuinya dengan riset melalui media sosial. Simak apa yang sedang ramai dibicarakan, lalu temukan inspirasi topik artikel dari hal tersebut.

Berbagai ide bisnis untuk mahasiswa tersebut dapat kamu pilih berdasarkan minat dan bakat yang kamu miliki. Setelah menjalankan ide bisnis diatas, tidak ada salahnya untuk memutar uang kamu melalui p2p lending. Tidak butuh modal besar, modalin mitra UMKM bisa dimulai dari Rp100 ribu saja. Lakukan dengan konsisten untuk meningkatkan peluang imbal hasil sampai dengan 15% flat per tahun. 

Selain kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pasif mingguan, kamu juga turut memberikan dampak nyata pada UMKM yang langsung merasakan hasil penyaluran modal tersebut. Jadi, ayo ikut menyalurkan modal di microfinance marketplace Amartha sekarang!

Tunggu apalagi? Yuk raih kesuksesan bersama para pengusaha UMKM dengan modalin di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

12 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Wajib Dicoba!

Keuangan

Ide Peluang Bisnis di Medan yang Menguntungkan

Tips Bisnis

5 Ide Bisnis Limbah Untung Besar yang Wajib Dicoba!

Tips Bisnis

Belum Dapat Kerja, Ini 5 Ide Bisnis Yang Bisa Dicoba Untuk Tambah Penghasilan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png