icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Yuk Tiru 5 Prinsip Bisnis Sukses Dari Orang Cina!
icon-lang
icon-lang

Yuk Tiru 5 Prinsip Bisnis Sukses Dari Orang Cina!

By Team Amartha Blog - 6 Jan 2021 - 3 min membaca

Orang Cina dikenal dengan kesuksesannya dimanapun mereka berada. Kesuksesan tersebut tidak serta merta karena mereka memiliki warisan yang banyak, melainkan karena prinsip hidup yang diterapkan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya. Makanya gak heran juga kalo banyak konglomerat di Indonesia ini adalah keturunan Cina. 

Ann Wan Seng dalam bukunya yang berjudul Rahasia Bisnis Orang Cina menuliskan beberapa prinsip bisnis yang dimiliki oleh orang Cina. Berikut ini 5 prinsip hidup orang Cina yang bisa kita terapkan:

Agresif

Dalam berbisnis, orang Cina memiliki prinsip agresif. Maksudnya adalah mereka tidak mengenal kompromi bila ada hal-hal yang menyangkut bisnis. Mulai dari kualitas barang atau jasa hingga perhitungan untung dan rugi. Dalam berbisnis, mereka juga tidak mencampurkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Mereka berprinsip bahwa uang bisnis harus digunakan untuk keperluan bisnis agar bisnis dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi, bukan malah menjadikannya beban.

Tahan Banting

Dalam berbisnis, orang Cina memiliki prinsip dan mental tahan banting. Mereka rela mengorbankan waktu, tanaga, dan uang untuk mengelola bisnisnya dengan baik. Adapun prinsip ini memiliki makna yang mirip dengan peribahasa "bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian". Mereka percaya bahwa dengan menahan kesulitan akan menghasilkan kesenangan di kemudian hari sehingga mereka tidak goyah menghadapi tekanan dan hambatan dalam mengelola bisnis.

Berani Ambil Risiko

Ada banyak jenis risiko dalam menjalankan suatu bisnis mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Apapun risikonya, seorang pebisnis harus menghadapi risiko tersebut. Kalau gagal? Ya coba lagi. Gagal itu biasa. Dengan terus mencoba menghadapi risiko bisnis, mereka percaya bahwa kalau ingin sukses dan berhasil ya harus melalui rintangan yang satu ini. 

Tidak Melepas Peluang

Bagi orang Cina, peluang hanya datang sekali maka dari itu setiap ada peluang yang datang tidak akan dilepaskan. Mereka akan bergerak cepat untuk mengambil peluang tersebut, bukan diam di tempat. Karena bila mereka melewatkan peluang, akan sulit mendapatkan kembali peluang tersebut. 

Prinsip yang satu ini berkaitan dengan pepatah "waktu adalah uang" sehingga mereka menggunakan waktu dengan efektif dan efisien. Bekerja dengan giat dan cepat membawa mereka selangkah lebih maju dibandingkan orang lain.

Tidak Menyerah Pada Nasib

Tidak menyerah adalah salah satu prinsip orang Cina yang dipegang kuat dan diturunkan turun-temurun kepada anak cucu mereka. Jika ada rintangan dalam bisnis, mereka akan belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh orang lain dan menghindari serta mencari solusi lainnya. 

Mereka memiliki pandangan positif jauh ke depan dan percaya bahwa kehidupan seperti roda yang berputar. Bila saat ini sedang di bawah maka suatu saat mereka akan berada di atas dengan kerja keras dan usaha mereka. Prinsip tersebut membuat mereka terus berpikir positif dan menemukan jalan keluar dalam menjalankan bisnis

Itulah 5 prinsip bisnis orang Cina dari buku yang ditulis oleh Ann Wan Seng. Prinsip tersebut dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbisnis. 

Artikel Terkait

Yuk Tiru 5 Prinsip Bisnis Sukses Dari Orang Cina!

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png