icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Investasi Jangka Panjang untuk Hari Tua
icon-lang
icon-lang

5 Investasi Jangka Panjang untuk Hari Tua

By Team Amartha Blog - 21 Dec 2020 - 3 min membaca

Menjalani hari tua dengan tenang tanpa memikirkan masalah keuangan adalah cita-cita semua orang. Namun, beberapa di antara kita merasa sepertinya tujuan tersebut sulit untuk dicapai.

Memang banyak jalan menuju roma, yang terpenting adalah kapan kita memulainya. Dan jawaban pasti dari pertanyaan tersebut adalah sekarang.

Menginginkan hari tua yang menyenangkan dapat dilakukan dari sekarang melalui investasi jangka panjang. Tantangan dari melakukan investasi jangka panjang adalah memilih instrumen investasi dan juga konsistensi dalam menabung atau berinvestasi.

Baca Juga: Apa Itu Risiko Investasi?

Berikut ini rekomendasi instrumen investasi jangka panjang yang dapat digunakan untuk hari tua Anda:

5 Rekomendasi Investasi Jangka Panjang untuk Persiapan Hari Tua

1. Properti

Investasi properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan karena nilainya yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Setiap tahunnya, harga properti bisa naik hingga 15-35%.

Dengan demikian, produk investasi ini sudah terbukti memiliki keuntungan yang pasti di masa mendatang. Sayangnya, harga untuk sebuah properti bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

2. Emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi jangka panjang yang menguntungkan. Investasi pada emas juga terbilang cukup mudah karena hanya perlu pergi ke toko emas dan menyimpannya di rumah.

Namun, dibanding emas perhiasan lebih baik memilih emas batangan apabila tujuannya mendapatkan keuntungan di masa depan. Hal itu disebabkan karena emas batangan tidak akan dibebankan dengan biaya pembuatan apalagi yang bersertifikasi Antam.

3. Saham

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan memiliki saham maka seseorang berhak atas dividen atau pembagian laba perusahaan setiap tahunnya.

Perlu disadari bahwa saham memiliki tingkat fluktuatif yang cepat sehingga memiliki risiko yang tinggi, namun keuntungan yang didapatkan juga besar.

4. Deposito

Deposito menjadi salah satu jenis investasi yang cukup diminati, karena memiliki keuntungan yang cukup menggoda karena bunga yang ditawarkan tinggi.

Instrumen investasi ini secara tidak langsung membuat seseorang menabung secara rutin dalam jangka waktu yang sudah disetujui di awal sehingga sangat cocok digunakan untuk tabungan hari tua.

5. Investasi Jangka Panjang P2P Lending

Amartha
Kunjungi www.amartha.com

Investasi Peer to peer lending adalah layanan jasa keuangan yang mempertemukan atau menghubungkan pemberi pinjaman kepada penerima pinjaman melalui sistem elektronik yang menggunakan jaringan internet.

Untuk berinvestasi di P2P Lending, pastikan memilih perusahaan yang sudah berizin, terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bersertifikasi ISO 27001.

Keuntungan investasi P2P yaitu dapat keuntungan hingga 15% flat per tahun dan memberdayakan pelaku UMKM untuk kesejahteraan merata. Seperti yang dilakukan P2P Lending Amartha.

Yuk berinvestasi sekarang agar masa depan di hari tua terjamin!

Artikel Terkait

cara investasi online

Cara Melakukan Investasi Online Aman untuk Passive Income

Keuangan

Alternatif Investasi Modal Kecil Untung Bersaing Untuk Pemula

Keuangan

3 Jenis Investasi Modal 100 Ribu untuk Investor Pemula

Keuangan

Jadi Alternatif Investasi, Begini Kata OJK tentang Crowdfunding

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png