icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Galeri Acara / Apa Kata Penerima Beasiswa Cendekia Batch 2 dan Persiapannya Hingga Meraih Beasiswa
icon-lang
icon-lang

Apa Kata Penerima Beasiswa Cendekia Batch 2 dan Persiapannya Hingga Meraih Beasiswa

By Tim Blog Amartha - 18 Sep 2023 - 3 min membaca

Jakarta, 6 September 2023, Amartha telah meluncurkan program Amartha STEAM Fellowship melalui Amartha Foundation (amartha.org). Program ini merupakan program pemberian dana pendidikan dan pengembangan diri selama satu tahun untuk mahasiswa perempuan yang tengah menempuh semester empat ke atas di tingkat Strata Satu (S1) atau Diploma Empat (D4), di bidang studi Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics (STEAM).  Program STEAM fellowship merupakan bagian dari beasiswa Amartha Cendekia. Di mana awalnya beasiswa Amartha Cendekia hanya ditujukan untuk siswa-siswi SMA/sederajat.

Dalam menjalankan program STEAM Fellowship 2023, Amartha juga menjalin kerja sama dengan beberapa universitas ternama di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB),  Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Brawijaya (UB).

Salah satu penerima Beasiswa Amartha Cendekia batch 1 di tahun 2022 pun turut hadir dalam acara ini. Nabella Yunita Sari yang saat ini menempuh pendidikan S1 di Universitas Airlangga menuturkan bahwa beasiswa cendekia ini membuatnya bisa melanjutkan studi dan mendapatkan pengalaman baru.

AMF02361.jpg

Nabela mengungkapkan rasa syukur karena telah terpilih sebagai penerima beasiswa cendekia di batch 1 sebelumnya, “Saya mengucapkan terimakasih kepada Amartha. Melalui program beasiswa ini saya bisa mendapat banyak pengalaman baru, termasuk teman-teman serta mentor terbaik yang bisa menjadi teman berdiskusi. Karena bimbingan-bimbingan yang telah diberikan kepada saya inilah yang membuat saya akhirnya bisa mengetahui minat dan bakat saya untuk memilih program studi teknologi sains data di Universitas Airlangga.”

"Saya lihat masih cukup jarang perempuan yang memilih jurusan ini, tapi saya yakin saya mampu memberikan yang terbaik untuk menjadi seseorang yang yang bisa berkontribusi untuk Indonesia melalui jurusan yang saya pilih ini," tambah Nabela.

Selain Nabela sebagai penerima beasiswa cendekia batch 1, acara ini juga dihadiri oleh dua orang penerima beasiswa cendekia batch 2, yakni Jeni asal SMA Negeri Muncang, Kabupaten Lebak, Banten dana Ridho asal Porbolinggo, Jawa Timur.

Jeni mengaku awalnya tahu tentang beasiswa batch 2 ini dari saudara yang bekerja di Amartha. Pada akhirnya ia ikut mendaftar dengan motivasi untuk melanjutkan sekolah hingga ke perguruan tinggi dan memiliki impian untuk mengambil jurusan Kedokteran di Universitas Indonesia.

AMF02465.jpg

“Rasanya bahagia banget karena terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa ini. Perjuangan yang saya lakukan selama ini menjadi tidak sia-sia. Saya merasa bersyukur meski terlahir dari keluarga sederhana dan hidup di lingkungan masyarakat yang kurang peduli dengan pendidikan, tapi orang tua saya tak lelah untuk mendukung setiap langkah pendidikan yang ingin saya ambil.”

"Untuk membantu keuangan keluarga, saya bantu berjualan risol di sekolah. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Amartha, karena setidaknya dari beasiswa ini bisa membantu meringankan biaya pendidikan dan saya bisa melanjutkan mimpi kedua orang tua saya," tambahnya.

Selain Jeni sebagai penerima beasiswa, hadir juga ibu selaku orang tua dari Jeni yang turut memberikan tanggapan atas keberhasilan Jeni sebagai penerima beasiswa cendekia batch 2.

"Ibu bersyukur banget sama Allah, karena kebetulan ekonomi keluarga sedang bankrut. Tapi berkat usaha Jeni yang terus berjuang untuk menggapai mimpinya, pada akhirnya dia bisa mendapatkan beasiswa ini."

"Harapan ibu, semoga Jeni tersampai cita-citanya untuk menjadi dokter supaya bisa membantu lingkungan, saudara, dan tetangga sekitar. Dukungan yang saya berikan tak lain hanya berupa semangat agar Jeni bisa terus belajar menggapai mimpinya. Untuk itu, saya sangat berterima kasih kepada Amartha yang sudah memberikan beasiswa untuk anak-anakseperti Jeni untuk meraih mimpinya. Semoga Amartha selalu jaya membantu semua generasi terbaik Indonesia." tutupnya.

AMF02457.jpg

Ridho sebagai penerima beasiswa batch 2 ini juga sedikit menuturkan perasaannya dalam acara tersebut. "Perasaan saya tentu senang banget bisa lolos untuk seleksi mendapat beasiswa dari Amartha. Harapan saya tentunya ingin mengajar di desa saya selepas menimba ilmu, khususnya di bidang olahraga, karena masih sangat sedikit guru atau pengajar yang berkualitas di desa saya ini."

“Untuk itu, saya sangat berterima kasih kepada Amartha, karena sudah memberikan fasilitas kepada anak-anak Indonesia agar bisa mendapatkan pendidikan berkualitas sesuai dengan minatnya.”

Aria Widyanto, Chief Risk & Sustainability Officer Amartha menambahkan, bahwa ke depannya Amartha akan menciptakan networking alumni penerima beasiswa yang disebut Amartha Fellows yang juga disertai pendampingan dari para profesional, serta karyawan senior di Amartha.

"Kami berharap mereka bisa belajar satu sama lain dengan cara sharing, sehingga mereka dapat membangun karakter diri yang lebih berintegritas, peduli terhadap permasalahan di sekitar dan juga dapat memecahkan masalah dari ilmu-ilmu yang dipelajari di bangku kuliah."

Di kedepannya, Amartha juga akan memberikan skill building untuk memformulasikan ide menjadi sebuah solusi melalui workshop dan project-project agar mereka bisa saling berkolaborasi untuk mengimplementasikannya secara langsung di lingkup sosial.

Latar belakang diluncurkannya program ini karena Amartha percaya kesejahteraan yang lebih merata atau sustainable itu pilar utamanya adalah pendidikan yang berkualitas dan inklusif. Oleh karena itu, Amartha mendirikan Amartha foundation yang salah satu fokusnya dalam bidang pendidikan dan pemberian beasiswa terutama untuk para perempuan di pelosok desa di Indonesia.

Dengan akses pendidikan yang lebih terbuka, para penerima beasiswa ini akan mendapat pilihan dalam meraih mimpi yang lebih besar. Harapan Amartha dengan ini adalah mereka bisa lebih berkontribusi kepada komunitas dan masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjadi lebih sejahtera. Di mana mendorong kesejahteraan merata melalui pendidikan adalah sejalan dengan visi misi Amartha.

Untuk itu jangan ragu untuk mendukung anak-anak hebat di Indonesia dengan memberikan akses pendidikan yang lebih inklusif dan berkualitas bersama dengan Amartha. Cek amartha.org atau dukung pengusaha mikro UMKM dalam akses permodalan agar menjadi lebih sejahtera.
 

Artikel Terkait

Raih Penghargaan Best Companies to Work in Asia oleh HR Asia Awards 2024, Amartha Ungkap Strategi Pengembangan Talenta yang Berkelanjutan dalam Menciptakan Lingkungan Kerja yang Suportif

Siaran Pers

The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha: Dorong Pertumbuhan Inklusif Ekonomi Akar Rumput lewat Strategi Kolaboratif

Siaran Pers

Mencatatkan Profitabilitas Dalam Tiga Tahun Terakhir, Amartha Perkuat Komitmen Membangun Ekosistem Finansial yang Inklusif di Asia Tenggara

Siaran Pers

Kolaborasi Amartha dengan Komunitas BergunaID dan Finbargo Gelar Sosialisasi Program Sejahtera dengan Pangan Lokal

Siaran Pers

Luncurkan Fintech Media Toolkit, Amartha dan CELIOS Dorong Impact Investing Sebagai Instrumen Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Rural

Siaran Pers

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png