icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / 7 Perusahaan Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?
icon-lang
icon-lang

7 Perusahaan Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

By Team Amartha Blog - 8 May 2023 - 3 min membaca

Tahukah kamu, kalau ternyata banyak perusahaan Indonesia yang mendunia? Perusahaan tersebut memiliki spesialisasi produknya masing-masing. Mulai dari produk makanan hingga produk fashion, Indonesia punya deretan brand yang patut diapresiasi karena go international.

Walaupun Indonesia masih kalah tingkat ekspornya dengan negara maju, seperti Jepang dan Cina, namun nama-nama perusahaan ini bisa memasarkan produknya hingga tembus ke pasar internasional. 

Apa saja, sih, perusahaan dengan brand yang sudah dikenal oleh negara-negara luar? Simak di bawah ini!

7 Perusahaan Indonesia yang Mendunia

Macam-macam perusahaan di bawah ini menguasai industri yang berbeda, mulai dari fashion hingga makanan, dan sama-sama berhasil memasuki pasar luar negeri. 

1. PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. – Tolak Angin

Siapa yang belum tahu fakta bahwa Tolak Angin sudah memasuki pasar internasional dan sampai ke tangan bule-bule luar negeri?  

Perusahaan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk ini telah memasarkan Tolak Angin dari tahun 1930. Sekarang suplemen herbal tersebut telah memasuki negara Arab Saudi, Myanmar, Filipina, Vietnam, hingga Kamboja, lho.

2. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. – Indomie

Kalau yang satu ini sudah lumrah, ya. Indomie menjadi mi instan kesukaan di negara-negara luar seperti Amerika Serikat, Australia, Hongkong, hingga sampai ke Afrika. Varian rasanya yang mencapai puluhan jadi daya tarik dari produk makanan Indonesia yang mendunia ini.

Ekspor produk mi instan Indomie juga meningkat setelah banyak konten mukbang yang dibuat oleh para Youtuber, sehingga tidak heran jika tingkat ekspor Indomie ke luar negeri naik.

3. PT. Delami Garment Industries – The Executive

Selanjutnya, ada brand fashion Indonesia yang mendunia bernama The Executive. Brand ini diproduksi oleh perusahaan PT Delami Garment Industries, dengan pusat di Bandung, Jawa Barat.

Variasi produk fashion dari The Executive fokusnya mencakup pakaian formal, seperti blazer hingga kemeja, untuk pria dan wanita. Kualitas pakaian yang terjamin membuat brand ini tembus ke pasar global seperti Malaysia sampai dengan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Baca Juga: Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya 

4. PT. Insera Sena – Polygon

Kualitasnya tidak diragukan lagi, sepeda Polygon dari perusahaan Indonesia yang mendunia bernama Insera Sena ini telah menembus pasar internasional ke puluhan negara di luar Indonesia. 

Sepeda ini juga pernah digunakan oleh Tim Downhill kelas dunia pada pertandingan World Cup untuk sepeda gunung.

Jenis sepeda yang diproduksi untuk brand ini juga variatif, mulai dari sepeda lipat hingga sepeda anak-anak. 

5. PT. Bogasari Flour Mills – La Fonte

Walau identik dengan negara luar, seperti Italia, namun La Fonte yang menjual produk pasta adalah milik perusahaan PT Bogasari Flour Mills. 

Pasta lokal yang merupakan brand Indonesia ini sudah sampai memasuki pasar negara Jepang, Korea, Singapura, Vietnam, hingga Nigeria. 

Jenis pasta dari La Fonte juga bukan hanya spaghetti, namun bervariasi seperti fettucini hingga makaroni. 

6. PT. Indonesian Electronic & Engineering – Polytron

Bila kamu berpikir Polytron adalah produk dari perusahaan luar negeri karena namanya, kamu bukan salah satunya. Ternyata brand peralatan elektronik yang satu ini didirikan pada 1975 dan merupakan milik PT. Indonesian Electronic & Engineering.

Produk-produk mereka seperti mesin cuci, air conditioner, televisi, hingga kulkas, telah diekspor ke Myanmar, Thailand, Arab Saudi, sampai Bangladesh.

7. PT. Indah Jaya – Terry Palmer

Sampai handuk pun Indonesia go international, ya. Terry Palmer merupakan merk handuk yang sudah banyak dijual di negara luar, seperti Eropa, Jepang, hingga Amerika Serikat. 

Asalnya dari perusahaan yang berpusat di Tangerang, Banten, bernama PT. Indah Jaya. kualitas handuk yang premium serta higienis menjadi daya jual yang membawa handuk ini ke pasar internasional.

Itu dia tujuh perusahaan Indonesia yang mendunia dengan spesialisasi produk berbeda, mulai dari makanan hingga fashion. Kamu juga bisa ikut membantu memajukan perekonomian Indonesia dengan cara ikut serta pendanaan UMKM di Amartha. Dengan ikut dalam pendanaan tersebut, kamu bisa mendapatkan imbal hasil 15% flat per tahun. Yuk, ikut bersama-sama memajukan UMKM di Indonesia!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

7 Perusahaan Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

Produk Terbaru Bisnis

Perkembangan Dunia Teknologi Menurut Bill Gates

Produk Terbaru Bisnis

Inilah 5 Orang Terkaya di Dunia

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png