icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Wajib Dicoba! 13 Menu Buka Puasa Irit dan Nikmat
icon-lang
icon-lang

Wajib Dicoba! 13 Menu Buka Puasa Irit dan Nikmat

By Tim Blog Amartha - 23 Mar 2024 - 3 min membaca

Memasuki bulan Ramadan biasanya pengeluaran seringkali lebih besar dibanding hari biasanya. Oleh karena itu, menu buka puasa irit dapat menjadi solusi agar tetap hemat selama bulan Ramadan. 

Banyak orang yang menghabiskan budget lebih besar untuk hidangan buka puasa. Pasalnya, selama bulan suci ini menu yang disajikan biasanya cenderung lebih bervariasi dari biasanya. Nah, untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya kamu simak beberapa menu buka puasa berikut!

13 Menu Buka Puasa Sederhana nan Lezat

Perlu diketahui bahwa ada banyak makanan khas Nusantara yang dapat dibuat dari bahan-bahan sederhana. Berikut ide menu buka puasa yang bisa kamu coba agar lebih irit:

1. Tumis Tempe

stir-fry-chicken-sweet-peppers-green-beans (1) (1).jpg

Menu buka puasa sederhana yang pertama yaitu tumis tempe. Hidangan yang satu ini hanya membutuhkan bumbu-bumbu terjangkau seperti cabe hijau, bawang merah, bawang putih, serta kecap manis. 

Menu ini sangat cocok dimasak oleh anak kos yang yang sedang ingin berhemat. Meskipun menu ini sangat sederhana, rasanya tentu tidak kalah enak dan sangat cocok untuk lauk buka puasa.

2. Kangkung Asam Jawa

stir-fried-chinese-morning-glory-water-spinach_1339-103767.jpg

Selain tumis tempe, kamu juga dapat memasak kangkung. Bila bosan dengan tumis kangkung biasa, cobalah untuk memasak kangkung asam jawa. Selain sederhana dan mudah dibuat, hidangan ini juga menyehatkan. 

Proses pembuatannya sangat mudah, kamu hanya membutuhkan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan air asam secukupnya. Kamu akan mendapatkan cita rasa segar dari air asam yang digunakan untuk menumis kangkung tersebut.

3. Semur Ati Ayam

delicious-goulash-ready-dinner_23-2149370900.jpg

Bagi kamu yang suka dengan ati ayam, cobalah untuk membuat menu yang satu ini sebagai menu buka puasa irit. Ati ayam mengandung protein dan zat besi yang bagus bagi kesehatan tubuh sehingga cocok untuk menu buka puasa.

Untuk membuat semur ati ayam, kamu dapat membuat bumbu dari bawang putih, bawang merah, jahe, tomat, cabai keriting, can merica. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan kecap manis. Selain rasanya jadi lebih nikmat, tampilan warnanya pun tampak lebih memikat.

4. Bakwan Tahu

bakwan-is-vegetable-fritter-gorengan-from-indonesian-cuisine_464898-3287.jpg

Menu buka puasa sederhana berikutnya yang dapat kamu buat dengan mudah yaitu bakwan tahu. Hidangan ini mengandung protein nabati yang berasal dari kedelai (bahan utama pembuatan tahu). 

Dengan penyajiannya yang sangat praktis, bakwan tahu dapat menjadi menu buka puasa yang menarik untuk dihidangkan. Menu ini sangat irit dan cocok dimasak oleh siapa saja, terutama anak kos yang sedang berhemat.

5. Bakwan Jagung

indonesian-traditional-corn-fritters_8595-17192.jpg

Selain membuat bakwan tahu, kamu juga bisa membuat bakwan jagung sebagai menu buka puasa irit di bulan Ramadan. Bakwan ini memiliki rasa yang nikmat dari perpaduan rasa manis jagung dan gurih bumbu yang diberikan. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat sederhana, yaitu jagung, tepung terigu, dan bawang daun untuk menambah wangi dari bakwan tersebut. Setelah semua bahan dicampur, goreng adonan tersebut hingga warnanya keemasan dan matang. Sajikan dengan sambal agar lebih nikmat.

6. Rolade Tahu

rolade-tahu-made-from-tofu-flour-eggs-which-are-rolled-steamed-then-fried_583400-6125.jpg

Menu lainnya yang tidak boleh ketinggalan saat buka puasa yaitu rolade tahu. Menu ini terbuat dari bahan sederhana yaitu tahu putih, daun bawang, wortel, tepung terigu, seledri, tepung maizena, bawang merah, bawang putih, kaldu bubuk, lada, garam, telur, dan minyak goreng. 

Kamu dapat menemukan bahan-bahan tersebut dengan mudah dan murah di warung terdekat. Selain itu, cara pengolahannya pun cukup sederhana.

7. Tumis Pokcoy Tahu

high-angle-closeup-shot-caesar-salad-white-bowl_181624-39547.jpg

Tumis pokcoy tahu memiliki rasa yang lezat, terutama jika dihidangkan dengan nasi yang hangat. Cara membuatnya sangat mudah, hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana seperti tahu sutra, pokcoy, bawang putih, saus tiram, bawang merah, gula pasir, minyak wijen, kecap asin, dan kaldu jamur.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu ini juga terbilang sederhana. Cocok untuk membuat menu buka puasa irit. Hidangkan dengan sambal favorit, pasti buka puasa jadi lebih nikmat.

Baca Juga: Kuliner Ramadan: 5 Kudapan Pembatal Puasa yang Banyak Dicari

8. Telur Dadar Padang

omelette-with-radish-red-onion-fresh-salad_2829-10587.jpg

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling mudah didapatkan dengan harga yang murah meriah. Kamu dapat mengolahnya menjadi aneka menu yang lezat, salah satunya yaitu telur dadar khas padang.

Telur dadar ini memiliki bentuk yang khas, yaitu lebih tebal dibanding telur dadar pada umumnya. Selain itu, telur ini menggunakan bahan dasar bumbu merah sehingga rasanya lebih nikmat dibanding telur dadar biasa.

9. Tumis Kangkung Ebi

stirfried-spinach-with-garlic_748824-12.jpg

Selain membuat kangkung asam jawa, kamu juga bisa membuat tumis kangkung ebi sebagai hidangan buka puasa. Tumis kangkung ini tidak hanya dapat dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, tetapi juga dapat dibuat dengan mudah. 

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat tumis kangkung ebi yaitu seikat kangkung dan ebi atau teri asin. Campuran ebi ini akan membuat rasa tumis kangkung menjadi lebih gurih. Sajikan dengan nasi hangat, pasti buka puasa terasa lebih nikmat.

10. Bihun Goreng

stir-fried-rice-vermicelli-noodle-with-black-soy-sauce-pork_1339-101274.jpg

Bihun goreng selalu jadi menu andalan ketika dompet mulai menipis. Oleh karena itu, kamu juga dapat menjadikannya sebagai menu buka puasa irit ketika bulan Ramadan tiba. 

Bahan bakunya sangat mudah ditemukan di warung terdekat dan harganya pun cukup terjangkau. Jadi, kamu bisa masak banyak sekaligus. Adapun bahan yang diperlukan yaitu bihun, kecap, sedikit sawi, toge, garam, dan penyedap. Tinggal oseng-oseng, jadi, deh!

11. Sayur Asem

sayur-lodeh-indonesian-cuisine-served-with-coconut-milk-vegetable_8595-17140.jpg

Selain sup krim jagung, hidangan berkuah lainnya yang dapat kamu buat yaitu sayur asem. Biasanya, sayur asem sudah dikemas dalam satu bungkus plastik oleh pedagang sayur dan dijual dengan harga yang terjangkau per bungkusnya. 

Biasanya, satu bungkus paketan sayur asem tersebut sudah cukup untuk makan 2-3 kali porsi satu orang. Jangan lupa sajikan bersama sambal dan ikan asin sebagai hidangan pendamping. Dijamin pasti kamu ketagihan dengan menu buka puasa irit yang satu ini.

12. Terong Balado

hot-spicy-stew-eggplant-korean-style-with-green-onion_2829-10987.jpg

Terong balado juga dapat menjadi hidangan nikmat yang mudah dan sederhana untuk berbuka puasa. Meskipun terung memiliki rasa yang getir dan hambar, jika diolah dengan benar sayuran ini dapat menjadi hidangan yang nikmat.

Salah satu olahan yang bisa kamu coba yaitu terong terung balado. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup sederhana, yaitu terong terung sebagai bahan utamanya, serta bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan penyedap rasa.

13. Sup Krim Jagung

flat-lay-cream-soup-bowls-arrangement_23-2148666877.jpg

Jika kamu ingin hidangan berkuah untuk menghangatkan perut saat buka puasa, cobalah untuk membuat sup krim jagung. Sup ini dapat menghangatkan perut kamu setelah seharian dibiarkan kosong karena berpuasa. 

Untuk membuatnya, kamu bisa menghaluskan jagung manis lalu masak bersama santan, susu, dan bawang putih hingga teksturnya kental dan matang. Sajikan dengan taburan daun seledri, dan sup krim jagung siap disantap!

Demikian beberapa pilihan menu buka puasa irit yang dapat kamu coba buat selama bulan Ramadan. Dengan beberapa menu di atas, kamu bisa mengelola keuangan lebih baik selama bulan Ramadan. 

Untuk mencapai keuangan yang sehat selama bulan Ramadan, kamu bisa mulai dengan mendanai di di Amartha. Imbal hasilnya bisa kamu tabung sebagai passive income hingga 15% flat per tahun, cuma dengan modalin mulai dari Rp100.000 aja. Pendanaan juga ini dapat memberikan manfaat nyata bagi UMKM desa agar lebih sejahtera.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS
 

Artikel Terkait

menu buka puasa irit

Wajib Dicoba! 13 Menu Buka Puasa Irit dan Nikmat

Gaya Hidup

5 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa Biar Tak Boros!

Keuangan

Puasa Tanpa Sahur Saat Ramadan, Bagaimana Hukumnya?

Gaya Hidup

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png