icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Apa Itu Hampers? Ini Arti, Jenis, dan Trennya
icon-lang
icon-lang

Apa Itu Hampers? Ini Arti, Jenis, dan Trennya

By Tim Blog Amartha - 3 Apr 2024 - 3 min membaca

Memahami apa itu hampers akan membantu kamu membangun hubungan baik dengan kolega maupun kerabat. Sebab, kamu bisa memanfaatkan momen berbagi hampers untuk menunjukkan ketulusan dan kepedulian melalui pemberian hadiah.

Momen tersebut umumnya berlangsung pada perayaan hari besar serta acara spesial. Contohnya, perayaan Idul Fitri, Natal, pesta ulang tahun, hingga acara pernikahan. Jenis hampers pun beragam. Namun, makanan dan alat masak jadi barang yang biasa digunakan dalam hampers.

Mari ketahui pengertian, jenis, hingga tren hampers melalui informasi di bawah ini! 

Apa Itu Hampers

Mengutip Cambridge Dictionary, hampers merupakan kotak berisi makanan dan minuman yang umumnya diberikan sebagai hadiah, contohnya saat Natal. Definisi tersebut mengartikan bahwa hampers merupakan bentuk hadiah dalam rangka merayakan hari besar. 

Ini mengingat Natal adalah salah satu hari besar di Inggris. Bila di Indonesia, tidak hanya Natal saja yang menjadi hari besar masyarakatnya. Terdapat pula hari besar lain seperti Idul Fitri, Nyepi, hingga Tahun Baru Imlek.

Maka dari itu, kamu akan sering melihat momen kirim hampers ketika hari besar tersebut berlangsung. Konsep saling kirim hampers sebenarnya telah berlangsung dari zaman feodal. 

Saat itu, para bangsawan  hingga tuan tanah memberi bingkisan untuk buruh tani maupun para pekerja istana lainnya sebagai bentuk terima kasih.

Ketika terjadi peralihan dari masyarakat pertanian ke industri, para industrialis melanjutkan tradisi tersebut. Bingkisan masih diberikan pada para pekerja dan buruh kala itu. Ketika tahun 1980, kebijakan dibuat berdasarkan adaptasi dari tradisi pemberian bingkisan.

Hasilnya, negara menetapkan adanya pemberian THR (yang sebelumnya bernama gaji 13 dan 14). Pengusaha pun mengikuti kebijakan tersebut dengan memberi bingkisan untuk buruh. 

Jadi, kamu juga bisa mengartikan apa itu hampers sebagai tradisi bertukar hadiah yang bermakna khusus. Hampers tidak perlu mahal, yang penting akan disukai oleh penerimanya dan bermanfaat.  

Jenis Hampers

Hampers sebenarnya sangat beragam. Namun, jika dikategorikan menurut jenisnya secara umum terbagi menjadi lima sebagai berikut:

1. Hampers Makanan & Minuman

Makanan dan minuman menjadi barang paling umum yang dijadikan isi hampers. Kamu bisa memberi hampers ini untuk keluarga hingga rekan kerja. Momen pemberian hampers pun beragam. Bisa ketika hari raya, acara kantor, hingga ulang tahun.

2. Hampers Alat Makan & Minum

Jenis hampers yang kedua adalah hampers berisi peralatan makan dan minum. Misalnya, gelas, piring, serta sendok dan garpu. Hampers ini populer ketika terdapat acara spesial, seperti acara pernikahan. 

Kamu bisa memberikan peralatan makan dan minum yang berkualitas. Salah satu contoh yang banyak diminati adalah set piring dan cangkir keramik. Selain menarik, hampers ini juga bermanfaat.

3. Hampers Produk Perawatan Kulit

Berikutnya, terdapat hampers berisi skincare atau perawatan kulit. Jangan salah sangka, hampers ini tidak hanya dikhususkan bagi wanita saja. Sebab, kini sudah produk skincare yang formulanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan kulit pria. Jadi, baik wanita maupun pria bisa menerima hampers ini.

Kamu membutuhkan dana yang cukup untuk membeli hampers produk skincare. Ini mengingat skincare berkualitas harganya lebih tinggi. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki dana tambahan dari passive income dengan melakukan pendanaan di Amartha.

Melalui pendanaan tersebut, kamu berpeluang mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Cocok digunakan dana tambahan membeli hampers, kan?

4. Hampers Alat Dapur

Hampers satu ini berisi peralatan memasak di dapur, seperti spatula, pisau, hingga sendok sayur. Barang-barang tersebut sangat cocok bagi kerabat atau kolega yang baru memulai rumah tangganya. Kemas hampers dengan cantik agar menggambarkan ketulusan kamu untuk penerima hampers.

5. Hampers Pakaian

Jenis hampers satu ini juga sangat populer. Kamu bisa menyesuaikan tipe pakaian berdasarkan individu yang menerima bila hampers merupakan hadiah ulang tahun. 

Namun, hampers pakaian yang ditujukan untuk hari besar seperti lebaran berisi tipe pakaian yang lebih umum. Misalnya, baju koko, gamis, kerudung, hingga sarung.

Baca Juga: 12 Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Mengesankan

Cara Menentukan Hampers

Setelah memahami apa itu hampers dan jenis-jenisnya, mari lanjutkan dengan mengetahui cara menentukan hampers di bawah ini:

1. Pilih Satu Tema

Kamu perlu memilih tema hampers terlebih dahulu sebelum membeli atau membuatnya. Ini akan menjadi penentu dari keseluruhan proses pengiriman ke sang penerima hampers. 

Sebut saja kamu harus memberi hampers pada kolega yang menikah. Maka, tema hampers yang relevan bisa berupa peralatan dapur, perlengkapan dekorasi rumah, hingga set alat makan. 

2. Pikirkan Isi Hampers

Setelah memilih tema, kamu bisa melanjutkan dengan memikirkan isi hampers yang termasuk dalam lingkup tema tersebut. Bila memilih tema peralatan dapur, maka isi yang sesuai di antaranya panci, teflon, pisau, hingga microwave.

Jika memilih perlengkapan dekorasi, kamu dapat mengisi hampers dengan bingkai foto, vas bunga, jam dinding, hingga karpet. 

3. Tentukan Dekorasi Pelengkap Hampers

Apa itu hampers tanpa dekorasi? Hampers perlu dekorasi untuk menyempurnakan tampilannya agar lebih menarik. Kamu bisa memasukkan filler berupa kertas berwarna atau kertas koran. Bentuk kertas tersebut menjadi gumpalan. Fungsinya agar isi hampers tidak tenggelam dan bisa ditampilkan dengan baik. 

Lalu, kamu bisa menambahkan pita, benang ikat, atau kertas kado sebagai dekorasi menyesuaikan tema hampers. Jangan lupakan wadah hampers! Kamu bisa menggunakan keranjang, kardus, atau tas dengan menyesuaikan ukuran isi hampers. 

4. Tetapkan Susunan Isi Hampers

Untuk menyusun hampers dengan rapi, kamu bisa menempatkan barang paling berat pada bagian bawah hampers. Lalu, lanjutkan dengan menyusun barang paling ringan di bagian atas. Jadi, hampers mudah dibawa dan tidak rentan rusak. 

5. Sesuaikan Pemberian Hampers

Sebenarnya, tidak cukup jika hanya mengetahui apa itu hampers. Penting juga untuk memahami dan menyesuaikan target pemberian hampers. Perlu kamu ketahui, hampers umumnya diberikan kepada orang-orang terdekat. Misalnya, keluarga, sahabat, dan kolega kerja.

Pemberian hampers biasanya ramai dilakukan ketika momen spesial. Contohnya, perayaan hari besar seperti Idul Fitri, Natal, hingga Tahun Baru Imlek. Selain itu, kamu juga bisa memberi hampers secara individual dan personal. Ini ditujukan ketika ada yang menikah, ulang tahun, atau wisuda.

Contoh Tren Hampers 

Tren hampers menyesuaikan dengan siapa yang menerima dan momen apa yang sedang dirayakan. Untuk momen hari raya, tren hampers umumnya berisi makanan. Misalnya, hampers kue kering untuk Idul Fitri dan hampers kue bulan untuk perayaan Imlek.

Sementara itu, tren hampers berisi peralatan rumah tangga biasa terjadi ketika harus memberi hadiah di acara pernikahan kerabat. Adapun tren hampers perlengkapan bayi muncul saat ada teman atau keluarga yang melahirkan.

Semoga informasi tersebut membantu kamu memahami apa itu hampers, jenis, hingga cara menentukan hampers. Pastikan kamu memiliki dana yang cukup ketika harus membeli hampers dalam jumlah banyak, terutama ketika hari raya tiba.

Kamu bisa mulai kumpulkan dana untuk pembelian hampers dari hasil passive income melalui pendanaan. Mulai pendanaan dari Rp100 ribu saja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. So, yuk mari mendanai di Amartha agar kamu punya dana tambahan untuk membeli hampers! 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

perbedaan hampers dan parcel

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Hampers dan Parcel

Tips Bisnis
Apa Itu Hampers

Apa Itu Hampers? Ini Arti, Jenis, dan Trennya

Gaya Hidup
hampers lebaran

12 Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Mengesankan

Gaya Hidup
ide hampers natal

8 Ide Hampers Natal Kekinian dan Mewah

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png