icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Menikmati Segarnya Manisan Buah Ibu Muniroh dengan Sambal Khas Rasa Otentik
icon-lang
icon-lang

Menikmati Segarnya Manisan Buah Ibu Muniroh dengan Sambal Khas Rasa Otentik

By Tim Blog Amartha - 1 Jan 2024 - 3 min membaca

Manisan buah memang banyak diminati banyak orang. Camilan ini menjadi favorit di berbagai daerah karena terkenal dengan rasa yang lezat, menyegarkan dan memiliki berbagai variasi rasa dan tekstur yang menarik. Dapat dinikmati di berbagai kesempatan, manisan buah segar ini dapat disantap langsung atau digunakan sebagai tambahan dalam hidangan penutup.

Seperti namanya, manisan buah dibuat dari buah-buahan segar yang diolah dengan gula yang direndam atau dikeringkan menjadi manisan. Selain memuaskan selera, manisan buah juga dapat memberikan manfaat kesehatan dari nutrisi buah-buahan yang terkandung di dalamnya.

Manisan buah sendiri memiliki berbagai jenis, namun manisan buah segar yang basah serta manisan buah kering yang paling banyak ditemukan. Ini perbedaan keduanya:

  • Manisan Buah Segar 

Manisan buah segar cenderung mudah untuk dibuat dan umum ditemukan. Buah-buahan segar seperti apel, mangga, salak, pepaya, nanas, dan stroberi direndam dalam sirup gula atau larutan manis lainnya untuk menciptakan manisan yang lezat dan kenyal. Manisan buah segar ini dapat disantap langsung atau digunakan sebagai tambahan dalam hidangan penutup bersama dengan santapan es krim, atau yoghurt.

  • Manisan Buah Kering

Manisan buah kering adalah hasil dari pengeringan buah-buahan segar. Buah-buahan seperti kurma, kismis, cranberry, dan persik dapat dikeringkan menjadi manisan kering. Manisan buah kering ini merupakan camilan yang praktis dan memiliki daya simpan yang lebih lama dengan kadar air yang lebih rendah, dan kadar gula yang lebih tinggi. Manisan kering ini biasanya dibuat dari buah yang memiliki tekstur lunak.

Perjalanan Usaha Manisan Buah Segar Ibu Muniroh

Peluang usaha manisan buah segar ini sudah dilakukan oleh Ibu Muniroh Efendi sebagai mitra usaha Amartha asal Makassar, Sulawesi Tengah selama 9 tahun.

Usaha ini bukan bisnis pertama yang Ibu jalankan. Sebelum menjual manisan buah segar, Ibu juga pernah berdagang bakso, cilok, menjual aksesoris, pulsa, berbisnis pakaian hingga bisnis rumah makan ayam geprek. Di masa kejayaannya, usaha ayam geprek Ibu terbilang sukses hingga memiliki karyawan sebanyak 7 orang dan mampu untuk membeli kendaraan berupa motor untuk mengantar pesanan. Namun seiring berjalannya waktu, usaha ayam geprek Ibu memiliki banyak pesaing dan Ibu memutuskan untuk membuka usaha lain, termasuk berbisnis manisan buah segar.

Ibu Muniroh telah  bergabung di Amartha selama 3 tahun dan mendapat akses permodalan sebesar Rp9 juta yang digunakan untuk membeli bahan baku membuat manisan buah (gula, mangga, pepaya, salak nanas) dan juga alat seperti toples, pisau, blender, gelas, plastik, meja display dan lain sebagainya.

Ibu Muniroh mulai berjualan jam 9 pagi hingga jam 10 malam. Namun saat bulan Ramadhan, Ibu berjualan mulai jam 1 siang hingga jam 1 malam. Manisan buah segar Ibu dijual mulai dari Rp5 rb atau tergantung dari permintaan pembeli. Dalam sehari, Ibu bisa mendapatkan pendapatan bersih sekitar Rp 600-700 ribu rupiah atau sekitar 2 karung buah yang digunakan.

AAA02849.jpg

Saat ini Ibu mencoba untuk membuka peluang reseller agar usaha Ibu bisa lebih cepat dikenal sekaligus membantu orang-orang untuk belajar membuka usaha sendiri. Dari hasil keuntungan berjualan manisan selama 9 tahun ini, Ibu telah memiliki 2 buah motor dan juga mampu menyekolahkan anak hingga selesai.

Tak hanya enak dimakan langsung, manisan buah segar buatan Ibu Muniroh juga nikmat untuk dijadikan oleh-oleh dengan catatan ketahanan hingga 3 hari perjalanan.

“Alhamdulillah, manisan buah segar ini sudah sampai dibawa ke Padang, Kalimantan hingga Bali dengan aman. Orang-orang suka karena katanya sambalnya otentik. Pedas, dan asinnya juga pas”

Harapan Usaha Manisan Buah Segar Bersama Amartha

Melalui usaha manisan buah ini, Ibu Muniroh memiliki banyak mimpi yang belum terwujud. Melalui permodalan, kita bisa bantu untuk membuat mimpi Ibu menjadi nyata.

“Ibu berharap bisa terus bersama Amartha yang selalu mendukung permodalan agar usaha Ibu bisa terus berjalan. Ibu juga memiliki harapan untuk membuka manisan ini di tempat lain supaya lebih banyak yang kenal dengan manisan buatan ibu.”

Dukung Perempuan Tangguh di Amartha

Jangan biarkan usaha manisan buah segar Ibu Muniroh berhenti dan juga pengusaha UMKM wanita lainnya di seluruh Indonesia. Mari kita dukung bisnis mereka agar bisa terus meningkatkan kesejahteraan merata. Amartha mengajak kamu untuk turut mendukung perempuan UMKM lainnya di seluruh Indonesia dengan download dan lakukan pendanaan di Amartha.

Sekarang giliran Anda mainkan peran Anda bersama kami. Ada keuntungan imbal hasil sampai dengan 15% flat per tahun yang bisa pendana baik dapatkan setiap modalin satu mitra usaha mulai dari 100 ribu rupiah.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Lestarikan Budaya Indonesia dengan Bisnis Anyaman Bilik

Cerita Mitra

Manisnya Keuntungan Usaha Tani dari Budidaya Strawberry

Cerita Mitra

Peluang Usaha Kerupuk Mie Sangrai yang Wujudkan Banyak Mimpi

Cerita Mitra

Hidupi Keluarga Hingga Buka Lapangan Kerja dari Usaha Budidaya Lobak Putih

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png