icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Angel Investor, Bukan Sekedar Berinvestasi
icon-lang
icon-lang

Angel Investor, Bukan Sekedar Berinvestasi

By Team Amartha Blog - 10 Oct 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_1292" align="alignnone" width="2009"]Menjadi Angel Investor dan Tebarkan Manfaat untuk Lingkungan Sekitar Menjadi Angel Investor dan Tebarkan Manfaat untuk Lingkungan Sekitar[/caption]

Mendengar istilah Angel investor, mungkin terbayang oleh Anda sosok seorang investor berjubah malaikat. Tapi tahukah Anda definisi sesungguhnya dari Angel investor ini? Apa bedanya dengan investor pada umumnya?

Nah pada kesempatan kali ini, kami mendapat insight yang menarik dari Financial Wisdom – sebuah gerakan untuk mengkampanyekan dan mengedukasi publik untuk membangun kesadaran sekaligus edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai pentingnya literasi keuangan (Financial Literacy), yang salah satunya tentang Angel Investor ini.

Mari kita cari tahu ulasan lengkap yang diberikan oleh Eko P. Pratomo berikut, yang merupakan Praktisi Keuangan & Founder Financial Wisdom tentang apa itu Angel Investor.

Angel investor adalah investor atau penyedia dana, umumnya dalam bentuk penyertaan saham bagi usaha yang baru dimulai, di mana lembaga keuangan formal seperti modal ventura, bank atau lembaga keuangan lain belum atau tidak bisa menyediakan permodalan atau pinjaman uang.

Angel investor biasanya juga memberikan bantuan berupa bimbingan manajemen dan bisnis, selain bantuan modal awal. Mereka berorientasi lebih untuk membantu agar sebuah ide bisnis yang baik, tidak berhenti sebatas ide, namun bisa direalisasikan dan dikembangkan.

Bagi mereka yang ingin memulai usaha, punya ide cemerlang tapi tidak cukup modal, ada baiknya memahami dan mencari Angel investor sebagai mitra memulai usaha atau mengembangkan usaha yang masih di tahap awal (start-up). Dengan adanya fasilitas internet, sangat mudah mencari akses keberadaan Angel investor.

Ajang kompetisi ide bisnis sering menjadi jalan bagi mereka yang ingin memulai usaha dan menemukan Angel investor. Bagi pengusaha pemula, kompetisi bisnis bisa sekaligus menjadi lahan pengujian apakah ide atau bisnis yang sudah dijalankan merupakan ide atau bisnis yang menarik didanai oleh para investor berjubah malaikat ini. Angel investor sering mencari lahan investasi melalui ajang kompetisi ide bisnis.

Mungkin timbul pertanyaan, dengan predikat “malaikat” apakah mereka akan secara suka rela memberikan uangnya tanpa ada motivasi meraih keuntungan dan pengembalian modal yang sudah ditanamkannya? Tidak, walau mereka berorientasi untuk membantu merealisasikan ide bisnis, mereka tetap memiliki motivasi meraih keuntungan dan pengembalian modalnya.

Tentu tak ada yang salah dengan motif itu, karena akan memacu semangat si pengusaha yang dibantu untuk bersungguh-sungguh menjadikan bisnisnya sukses.

Angel investor yang juga disebut investor informal, penyandang dana malaikat, investor swasta, investor benih atau pelaku bisnis ini, gemar menyuntikkan modal untuk pengusaha pemula dengan imbalan ekuitas kepemilikan atau hutang konversi. Beberapa Angel investor membangun jaringan investor malaikat dalam aktivitas pemodalan atau berinvestasi melalui platform investasi  secara online layaknya FinTech, seperti salah satunya di Amartha.

Nah tentu saja para investor kami di Amartha, bisa kita kategorikan sebagai Angel investor ini. Mengapa demikian? Sudah jelas, berinvestasi di Amartha = mendorong pengusaha kecil dan mikro serta masyarakat prasejahtera untuk dapat memulai, dan mengembangkan usahanya menjadi lebih maju. Mereka mitra Amartha yang tidak terjangkau oleh akses perbankan konvensional telah tertolong dengan dorongan dan pembiayaan yang diberikan oleh para Angel investor di Amartha.

Bahkan telah terbukti, hasil penelitian yang dilakukan oleh Amartha pada Desember 2016 lalu kepada 400 sample pelaku usaha informal seperti peternak ikan cupang, penganyam keset, dan pedagang warung kelontong di wilayah Bogor dan Bandung, menyatakan bahwa pengusaha mikro mengalami 41% peningkatan pendapatan bisnis perbulan setelah menerima pinjaman modal kerja mulai 2 juta Rupiah.

[caption id="attachment_1296" align="alignnone" width="2304"]Investor Amartha Mengunjungi Pengusaha Tahu, Mitra Andalan Amartha di Desa Ciseeng Investor Amartha Mengunjungi Pengusaha Ikan Hias, Mitra Andalan Amartha di Desa Ciseeng dalam Kegiatan A Village Tour.[/caption]

Tentu hal ini merupakan hasil yang sangat baik untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Bagaimana? Anda pun bisa menjadi bagian dari gerakan baik ini. Menjadi seorang Angel investor yang bukan sekedar berinvestasi saja, namun memberikan dampak positif pada lingkungan dan orang yang membutuhkan.

Artikel Terkait

Marak Penipuan Investasi Online, Begini Modusnya!

Gaya Hidup

Mengenal Masing-masing Risiko Investasi Ini, Yuk!

Keuangan

Tips Pilih Perusahaan Investasi Online Modal 100 Ribu Yang Aman

Keuangan

Investasi Online di Platform P2P Lending, Apa Keuntungannya?

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png