icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Tentang Amartha / Penting! Pahami Cara Meminimalisir Risiko Investasi di Amartha
icon-lang
icon-lang

Penting! Pahami Cara Meminimalisir Risiko Investasi di Amartha

By Tim Blog Amartha - 2 Nov 2022 - 3 min membaca

Dalam berinvestasi, memahami dan meminimalisir risiko investasi adalah bagian penting yang tidak boleh dilupakan oleh investor atau lender agar kegiatan berinvestasi menjadi lebih aman dan menguntungkan. Hal ini disebut juga dengan mitigasi risiko atau cara meminimalisir risiko investasi.

Perlu kamu ketahui jika setiap instrumen investasi pasti memiliki risiko yang berbeda-beda yang harus investor pahami dengan baik. Hal ini dilakukan agar seorang investor bisa menyiapkan strategi untuk menghadapi risiko-risiko tersebut.

Pengertian Risiko Investasi

Sebelum melakukan mitigasi risiko dan menerapkan cara meminimalisir risiko investasi, penting untuk mengetahui arti dari risiko investasi.

Risiko investasi merupakan potensi kerugian yang dapat dialami investor dari aktivitas investasi tersebut. Kerugian ini bisa terjadi akibat kondisi buruk yang mungkin muncul selama proses investasi karena berbagai hal tidak terduga di masa mendatang. 

Oleh karena itu, mitigasi risiko dalam investasi sangat diperlukan sebagai cara investor dalam menyusun strategi untuk memperkecil potensi kerugian dari kegiatan berinvestasi yang dilakukan.

Sedangkan minimalisir risiko investasu merupakan suatu usaha atau tindakan yang dilakukan oleh pemilik risiko atau disebut juga investor, untuk bisa mengurangi dampak dari risiko yang muncul saat melakukan investasi.

Jenis-jenis Risiko Investasi

Risiko Sistematis (Systemic Risk)

Risiko sistematis merupakan jenis risiko eksternal yang tak dapat dihindari atau dikendalikan. Risiko investasi ini dapat mempengaruhi semua efek serta tak dapat dikurangi dengan diversifikasi. Yang termasuk risiko sistematis adalah:

  • Risiko Suku Bunga 
    Risiko yang muncul ketika terjadi fluktuasi suku bunga (BI Rate) di bank. Jenis investasi yang cukup terdampak dari risiko ini adalah investasi pendapatan tetap.
     
  • Risiko Inflasi
    Risiko inflasi atau risiko daya beli. Risiko investasi ini adalah inflasi yang mempengaruhi daya beli lalu mengakibatkan nilai kas dari investasi saat ini tak akan memiliki nilai banyak di masa depan. Hal tersebut juga berpotensi menurunkan daya beli masyarakat karena kenaikan harga rata-rata diatas harga konsumsi.
     
  • Risiko Pasar
    Risiko ini muncul karena penurunan nilai investasi akibat perubahan sentimen pada pasar keuangan. Pada dasarnya, risiko pasar merupakan salah satu risiko investasi yang pasti akan dialami oleh semua jenis investor dan tak dapat dihindari.
     
  • Risiko Tukar Mata Uang
    Risiko investasi yang terjadi karena adanya perubahan kurs valuta asing, contohnya ketika mata uang domestik tengah melemah.

Risiko Tidak Sistematis (Unsystemic Risk)

Merupakan jenis risiko yang dapat dihindari atau dikendalikan karena tidak terkait dengan seluruh pasar atau segmen pasar. Oleh karena itu, risiko tidak sistematis tergolong sebagai jenis risiko yang terukur.

Dampak dan penyebab risiko tidak sistematis pada umumnya tidak terlalu berdampak ke lembaga atau entitas lain dengan cepat. Sebagai investor, risiko tidak sistematis dapat diminimalisir dengan melakukan diversifikasi portofolio investasi. Berikut termasuk risiko tidak sistematis:

  • Risiko Likuiditas
    Risiko yang terjadi pada pengelola dana, perusahaan, atau suatu institusi penerbit produk investasi mengalami kesulitan menyediakan uang tunai pada periode waktu yang sudah ditentukan. Sehingga investor akan sulit mencairkan dana tunai dari sebuah instrumen investasi ketika dibutuhkan.
     
  • Risiko Reinvestment
    Risiko jenis ini terjadi saat pendapatan dari suatu aset investasi mengharuskan investor untuk menginvestasikan kembali aset tersebut. Besar kemungkinan, arus kas investasi akan menghasilkan keuntungan yang lebih kecil setelah direinvestasikan ke produk investasi baru.
     

Cara Meminimalisir Risiko Investasi

1. Tetapkan Tujuan Investasi

Sebelum melakukan investasi, tetapkan terlebih dulu tujuan dari investasi yang kamu lakukan. Misalnya, kalau kamu ingin melakukan investasi sekaligus turut serta dalam mendukung berbagai proyek sosial, maka jenis investasi sosial adalah jenis investasi yang cocok buat kamu. Investasi sosial adalah salah satu wujud kontribusi para investor terhadap pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, berbagai manfaat pun bisa didapat oleh berbagai pihak.

Investasi jenis ini dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan sosial atau kemasyarakatan di suatu kawasan, sehingga dampak baik atau manfaatnya akan terasa dengan lebih nyata.

2. Lakukan Cara Meminimalisir Risiko Invesiasi

Strategi dan cara meminimalisir risiko investasi sangat diperlukan untuk memperkecil risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan dari investasi. Salah satu caranya dengan melakukan diversifikasi terhadap instrumen investasi yang kamu miliki.

Diversifikasi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh banyak investor untuk meminimalisir risiko investasi dengan menyebar investasi ke banyak instrumen agar tetap bisa mendapatkan keuntungan sekaligus mendapatkan risiko yang kecil. 

Di aplikasi Amartha, kamu bisa juga melakukan diversifikasi investasi melalui beberapa cara, loh:

  • Diversifikasi Berdasarkan Lokasi
    Di Amartha, ada banyak pilihan lokasi mitra yang ingin kamu danai. Caranya cukup mudah, setelah masuk ke aplikasi Amartha, pilih marketplace di bagian bawah, lalu pilih filter berdasarkan lokasi. Di sana kamu akan menemukan banyak area mitra yang bisa kamu pilih untuk didanai.
     
  • Diversifikasi Berdasarkan Tipe Usaha
    Selain filter berdasarkan lokasi, kamu sebagai lender juga bisa memilih mitra berdasarkan tipe usaha yang mereka miliki. Di Amartha sendiri memiliki beberapa pilihan usaha dengan impact investing. Impact investing atau pendanaan berdampak adalah strategi investasi yang menghasilkan keuntungan sekaligus menciptakan dampak positif untuk ekonomi, sosial dan lingkungan. Dalam bidang ekonomi, kamu akan memberi kesempatan pada perempuan tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan sekitarnya. Dalam bidang sosial, kamu akan meningkatkan ekonomi dan taraf hidup perempuan tangguh dan UMKM. Sedangkan dalam bidang lingkungan, kamu akan mendukung sektor usaha ramah lingkungan serta mengurangi efek perubahan.
     
  • Menyesuaikan Instrumen Investasi dengan Profil Risiko
     
  • Lakukan Manajemen Risiko
    Dimulai dengan mengidentifikasi risiko, menganalisis risiko, kemudian penilaian risiko, solusi yang diterapkan, dan terakhir pemantauan risiko.
     
  • Mendanai Banyak Mitra Menggunakan Crowdfunding
    Istilah crowdfunding adalah meminta bantuan dari kerumunan orang (crowd) untuk melakukan pendanaan atau donasi sejumlah uang untuk kebutuhan tertentu (proyek profit atau non profit), bisa dengan imbalan (rewards) atau tanpa imbalan tertentu. Umumnya, aktivitas crowdfunding dilakukan secara online.

Dari sisi penggalangan dana, crowdfunding merupakan solusi yang mudah dan relatif terjangkau. Sistem ini sangat membantu mitra yang membutuhkan modal bisnis, dimana tidak lagi harus memikirkan jaminan atau keharusan membayar pinjaman dengan bunga tinggi.

Amartha juga punya layanan pendanaan dengan skema crowdfunding. Menariknya, pendanaan dalam sistem crowdfunding bisa dimulai dengan modal kecil namun tetap menawarkan keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun mulai dengan investasi mulai 100 ribu rupiah aja!

Amartha merupakan platform p2p lending sejak tahun 2019 yang telah memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Terhitung hingga saat ini, Amartha telah berhasil menghubungkan pendana (lender) dan mitra usaha (borrower) dengan total dana tersalurkan 15,5 triliun rupiah, kepada lebih dari 2,1 juta mitra perempuan pengusaha ultra mikro di lebih dari 42.000 desa. 

Mendanai di Amartha juga memiliki risiko yang terukur dengan adanya credit scoring akurat. So, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasinya dan mulai pendanaan sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Amartha Housewarming Party Bertajuk Amartha Village: “New Home, Stronger Growth”

Galeri Acara
pemberdayaan perempuan

Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

Tentang Amartha

Weekend Berdampak Nyata dengan Dukung UMKM Berdaya

Promo Pendana

Kenali Investasi dan Caranya Melalui Amartha Earn!

Produk Terbaru Mitra

Bayar Angsuran Gak Pake Ribet, Pilih Metode pembayaran Poket Aja!

Produk Terbaru Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png