icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / Intip Tips Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga!
icon-lang
icon-lang

Intip Tips Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga!

By Team Amartha Blog - 23 Oct 2022 - 3 min membaca

Saat memutuskan untuk menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, kamu tentu harus memiliki perencanaan yang matang agar kedua peran ini berjalan dengan aman tanpa hambatan. Hal ini merupakan keputusan yang harus dipertimbangkan secara matang. Sebab, antara peran sebagai pekerja dan istri (ibu) saat di rumah memiliki kewajiban yang tidak bisa disepelekan. Untuk itu, agar kedua peran tersebut dapat berjalan sukses, terapkan kiat-kiat berikut ini. 

Kiat Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga yang Sukses 

1. Melepaskan Rasa Bersalah 

Ada kalanya kamu merasa bersalah ketika berangkat ke kantor, apalagi harus meninggalkan anak di rumah. Hal tersebut justru membuat pikiran menjadi tidak fokus. Daripada terlalu memikirkan perasaan bersalah tersebut, lebih baik alihkan pikiran ke peran kamu di kantor. 

2. Percaya Diri

Tips kedua agar sukses dalam menjalankan peran sebagai wanita karir dan istri (ibu) adalah memiliki rasa percaya diri. Dengan begitu, kamu bisa lebih mantap menjalani aktivitas.  

3. Memilih Pengasuhan Anak yang Berkualitas 

Jika kamu memiliki anak, pilihlah pengasuhan anak yang benar-benar terjamin kualitasnya. Dengan begitu, pekerjaan di kantor bisa diselesaikan dengan baik dan urusan anak pun tetap terjamin. 

4. Semangat dalam Menjalankan Aktivitas 

Agar pekerjaan di kantor dan di rumah bisa diselesaikan dengan cepat, kamu harus melakukan setiap aktivitas dengan penuh semangat. Ketika melakukan pekerjaan dengan penuh semangat, maka kamu akan semakin termotivasi untuk bekerja dengan baik. 

Baca Juga: 10 Pekerjaan Wanita Karir yang Paling Banyak Diminati

5. Efektifkan Waktu di Pagi Hari

Tips manajemen waktu wanita karir sekaligus sebagai istri adalah mengefektifkan waktu setiap pagi. Jika memiliki anak yang sudah sekolah, kegiatan pagi bisa diisi dengan menyiapkan pakaian seragam dan bekal serta mengecek jadwal sekolah anak. Siapkan pula kebutuhan suami seperti menyiapkan baju kantor, kopi, dan sarapan. Hindari hal-hal yang kurang penting seperti menonton televisi atau membuka media sosial. Dengan cara ini, anak dan suami akan tetap merasa diperhatikan. 

6. Tidak Perlu Menjadi Perfeksionis

Menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga tidak membuat Anda harus menjadi perfeksionis atau sempurna. Jangan membuat standar yang terlalu tinggi dan menuntut semua harus memenuhi standar tersebut. Misalnya, jika merasa lelah, biarkan anak atau suami yang mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring. Terlalu menuntut kesempurnaan hanya membuat kamu frustasi, tidak puas, dan hilang kepercayaan diri. 

7. Menjaga Kesehatan

Untuk bisa menjalankan dua profesi sekaligus kamu harus bisa menjaga kesehatan, baik pikiran maupun fisik. Lakukan olahraga secara teratur untuk meredakan stres sekaligus menambah energi.  

8. Jadwalkan Me Time

Banyak ibu rumah tangga yang lupa akan pentingnya menyisihkan waktu untuk diri sendiri karena terlalu sibuk dengan urusan di kantor dan di rumah. Padahal, tubuh dan pikiran kamu juga butuh istirahat dari segala kesibukan. Untuk itu, jadwalkan “me time” saat ada waktu luang misalnya dengan berbelanja, spa, membaca buku, dan lain-lain. 

9. Membuat Jadwal Keluarga

Tips terakhir agar sukses menjalan peran sebagai istri sekaligus bekerja di kantor adalah dengan membuat jadwal keluarga secara mingguan. Kamu bisa memanfaatkan kalender besar dan mencatat semua kegiatan keluarga. Misalnya, jadwal suami meeting di luar kota, jadwal acara sekolah, ulang tahun, dan kegiatan bersama keluarga. Jika berada di kantor, usahakan untuk tetap terhubung dengan suami dan anak. Kamu bisa menggunakan video call atau mengirim pesan teks saat jam istirahat.  Itulah kesembilan tips buat kamu yang ingin menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga.

Jika alasan utama bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan, kamu bisa lho mencari pemasukan melalui passive income yang bisa dilakukan di rumah dengan ikut mendanai mitra UMKM Indonesia di Amartha. Mulai modalin Rp 100.000 aja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Dengan cara ini, kamu ikut memberdayakan perempuan pengusaha mikro sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah. Yuk, mulai download aplikasinya dan ikut mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Intip Tips Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga!

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png