icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Daftar 6 Orang Terkaya di Indonesia
icon-lang
icon-lang

Daftar 6 Orang Terkaya di Indonesia

By Tim Blog Amartha - 5 Mar 2024 - 3 min membaca

Daftar 6 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2024

Melansi salah satu majalah internasional terpercaya di seluruh dunia yakni Forbes, terdapat beberapa orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan yang luar biasa hingga membuat siapapun takjub.

Kekayaan orang-orang tersebut tercatat oleh Forbes berdasarkan gabungan dari tingkat pendapatan ekspor, indeks saham, serta kekayaan bersih secara kolektif yang dimiliki oleh mereka.

Masuknya tokoh-tokoh ini ke dalam daftar beberapa orang terkaya pada tahun 2024 ini, terlihat melalui naiknya kekayaan mereka yang mana salah satunya memiliki kenaikan kekayaan yang sangat melesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Perilisan peringkat orang-orang terkaya tahun ini menurut Forbes, ditentukan sesuai perolehan data yang diambil pada 2 Januari 2024.

Berdasarkan hal itulah, maka inilah 6 orang terkaya di Indonesia yang dapat kamu lihat melalui daftar berikut ini:

 1. Prajogo Pangestu

Prajogooo.png

Sumber: https://barito-pacific.com/about-us/profile/prajogo-pangestu

Menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia, Prajogo Pangestu merupakan sosok yang viral karena mengalami lonjakan kekayaan drastis dan signifikan terutama sejak tahun 2022.

Lonjakan kekayaan drastis yang dialaminya pun tercatat mencapai lebih dari 900% sehingga berhasil membuat bos Bayan Group dan bos Djarum tergeser dari peringkatnya.

Sebagai orang terkaya di Indonesia, Prajogo Pangestu memiliki beberapa perusahaan yang menjadi sumber kekayaannya, seperti PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), dan PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN).

Sesuai berbagai perusahaan yang dimilikinya, Prajogo Pangestu diketahui memiliki usaha yang berfokus pada pulp dan kertas, petrokimia, pertambangan, serta energi terbarukan.

Dari keempat perusahaan yang telah disebutkan, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk adalah perusahaan yang sahamnya mengalami peningkatan secara drastis mencapai 4.799,64% pada Desember 2023 meskipun baru saja IPO di bursa efek pada Maret 2023.

Memiliki peningkatan kekayaan sebesar US$48,5 miliar atau setara dengan Rp761,935 triliun pada tahun 2023, kekayaan Prajogo pada tahun 2024 telah meningkat menjadi US$54,4 miliar atau setara dengan Rp841,75 triliun. 

2. Low Tuck Kwong

image-20230427053244.jpgSumber: https://www.harianhaluan.com/

Merupakan pengusaha yang lahir di Singapura pada tahun 1948, Low Tuck Kwong merupakan orang terkaya ke-2 di Indonesia dengan kekayaan yang dimilikinya pada tahun 2024 ini berjumlah US$28,3 miliar atau setara dengan Rp437,88 triliun.

Sebagai salah satu pengusaha terkaya di Indonesia, perusahaan yang menjadi sumber utama kekayaan serta membuat Low Tuck Kwong dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah PT Bayan Resources Tbk (BYAN).

PT Bayan Resources Tbk miliknya ini adalah salah satu perusahaan terpercaya yang bergerak di industri pertambangan batu bara karena punya kinerja cemerlang selama bertahun-tahun.

Selain PT Bayan Resources Tbk, ada pula perusahaan lain milik Low Tuck Kwong yang juga menjadi sumber kekayaannya, yakni The Farrer Park Company, Samindo Resources, Methis Energy, dan Voksel Electric.

3. Robert Budi Hartono

Sebagai pemilik dari PT Djarum yaitu salah satu perusahaan rokok terkenal dan terkaya di Indonesia, Robert Budi Hartono berada di peringkat ke-3 sebagai orang yang paling kaya di Indonesia dengan adiknya yaitu Michael Bambang Hartono berada di peringkat ke-4.

Menjadi perusahaan yang diwariskan oleh ayahnya yang bernama Oei Wie Gwan, PT Djarum memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di beberapa industri seperti perbankan, telekomunikasi, elektronik, hingga ritel.

Dari berbagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Robert Budi Hartono dan adiknya, PT Bank Central Asia Tbk adalah perusahaan paling terkenal dan penghasil banyak kekayaan setelah PT Djarum yang merupakan perusahaan induk dan sumber kekayaan utama mereka.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh majalah Forbes, jumlah kekayaan yang dimiliki oleh Robert Budi Hartono adalah sebesar US$26 miliar atau setara dengan Rp402,3 triliun.

Sebagai informasi, PT Djarum tidak pernah IPO di bursa efek meskipun telah menjadi salah satu perusahaan terkaya di Indonesia. 

Akan tetapi, ada beberapa anak perusahaan dari PT Djarum yang IPO di bursa efek seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Sarana Menara Indonesia Tbk (TWOR), PT Global Digital Niaga (BELI), PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR), dan PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC).

Baca Juga: 10 Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2024

4. Michael Bambang Hartono

Merupakan adik dari Robert Budi Hartono, Michael Bambang Hartono juga merupakan pemilik dari PT Djarum yang juga masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Berada di peringkat ke-4, kekayaan yang dimiliki oleh Michael Bambang Hartono berjumlah sebesar US$24,9 miliar atau setara dengan Rp385,28 triliun pada tahun 2024.

Berdasarkan sejarahnya, PT Djarum diketahui dapat menjadi salah satu perusahaan konglomerat terkaya di Indonesia adalah sejak kepemimpinan Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono.

Oleh itu, meski PT Djarum adalah perusahaan yang dibentuk oleh ayah mereka yakni Oei Wie Gwan, terdapat sebagian orang yang menganggap kalau perusahaan tersebut sejak awal dibentuk oleh kedua bersaudara ini.   

5. Sri Prakash Lohia

Sri_Prakash_Lohia.jpg

Sumber: https://www.tatlerasia.com/

Masuk ke dalam peringkat ke-5 dalam daftar ini, Sri Prakash Lohia adalah seorang pengusaha di Indonesia yang berasal dari India.

Membangun dan memiliki perusahaan bernama PT Indorama Synthetics Tbk sejak tahun 1976 dan lalu berkembang menjadi Indorama Corporation, Sri Prakash Lohia memfokuskan perusahaannya ini bergerak di industri tekstil dan petrokimia.

Melansir dari Forbes, jumlah kekayaan yang dimiliki oleh Sri Prakash Lohia ini adalah sebesar US$8,7 miliar atau setara dengan Rp134,61 triliun pada tahun 2024.

6. Chairul Tanjung

Biografi-Orang-Sukses-Pemilik-CT-Corp-Chairul-Tanjung.jpg

Sumber: https://www.uc.ac.id/

Sebagai salah satu pengusaha yang terkenal karena banyak diberitakan, Chairul Tanjung pun juga menempati peringkat ke-6 dalam daftar ini.

Chairul Tanjung memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di beberapa industri seperti, keuangan dan perbankan, penyiaran, ritel, hingga properti.

Dari beberapa perusahaan yang dimilikinya, CT Corp. adalah sumber kekayaan utama bagi Chairul Tanjung.

Bergerak di industri penyiaran, CT Corp. telah menaungi beberapa media ternama di Indonesia, seperti Trans TV, Trans 7, Detik.com, CNN Indonesia, hingga CNBC Indonesia.

Menjadi perusahaan industri penyiaran, CT Corp. milik Chairul Tanjung ini mengakuisisi dua perusahaan tertentu yang masing-masing bergerak di industri ritel yakni PT Carrefour Indonesia dan industri asuransi yakni PT Asuransi Republik.

Usai mengakuisisi PT Asuransi Republik, Chairul Tanjung mengubah nama perusahaan itu menjadi PT Asuransi Umum Mega.

Berdasarkan pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan-perusahaan milik Chairul Tanjung, jumlah kekayaan yang dimilikinya diperkirakan sebesar US$5,6 miliar atau setara dengan Rp86,65 triliun.

Bila mencari tahu informasi lebih mendalam dari keenam orang tersebut, kamu akan menemukan pula bahwa investasi juga merupakan salah satu sumber dari kekayaan yang mereka miliki.

Meski tidak harus menjadi orang yang luar biasa kaya seperti mereka, kamu juga perlu melakukan investasi jika ingin memperoleh keuntungan tambahan di luar penghasilan yang dimiliki sekarang.

Investasi memiliki berbagai macam, salah satunya investasi berupa permodalan usaha bagi perorangan maupun perusahaan. Jika ingin melakukan investasi permodalan bagi usaha UKM dan UMKM secara online, Amartha adalah salah satu platform p2p lending yang bisa kamu pilih.

Sejak berdiri, Amartha fokus memberdayakan perempuan di pedesaan agar menjadi pengusaha UMKM yang mandiri dan sejahtera. Hingga saat ini, Amartha telah berhasil menghubungkan pendana (lender) dan mitra usaha (borrower) dengan total dana tersalurkan per Maret 2024 sebesar 17,3 triliun rupiah, kepada lebih dari 2,1 juta mitra perempuan pengusaha mikro di lebih dari 42.000 desa. 

Banyak dampak juga yang telah diciptakan dari komunitas ini, mulai dari terbukanya lapangan pekerjaan baru hingga pendidikan yang layak bagi anak-anak mereka. Kamu bisa modalin usaha mikro mulai dari Rp100.000 saja serta mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 15% flat per tahunnya.

Selangkah meraih financial freedom dengan lakukan investasi seperti enam orang terkaya di Indonesia di atas melalui Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Daftar orang terkaya di dunia

10 Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2024

Keuangan
ilustrasi orang terkaya di indonesia

Daftar 6 Orang Terkaya di Indonesia

Gaya Hidup
layanan keuangan digital

Apa Itu Layanan Keuangan Digital? Ini Jenis dan Manfaatnya!

Teknologi dan Inovasi
pos keuangan rumah tangga

Pasangan Wajib Tahu! 7 Jenis Pos Keuangan Rumah Tangga

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png