icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Home / Milenial Cenderung Pilih Sewa Apartemen. Nih Tipsnya!
icon-lang
icon-lang

Milenial Cenderung Pilih Sewa Apartemen. Nih Tipsnya!

By Team Amartha Blog - 22 Apr 2021 - 3 min membaca

Milenial seringkali dianggap sebagai generasi perubahan. Mereka selalu punya cara dan pemikiran yang unik dalam menyelesaikan masalah.

Berdasarkan riset dari Rent.com, milenial dengan rentang usia 25 hingga 34 tahun menunda pembelian atau tinggal di rumah. Mereka cenderung lebih memilih untuk sewa apartemen dan tinggal di sana.

Kebutuhan tinggal di apartemen sekarang ini sudah bukan karena tren dan gaya hidup semata, melainkan sebuah kebutuhan mendesak bagi beberapa orang. Mungkin karena faktor tempat kerja yang ada di tengah kota besar atau sebab lainnya.

Maka dari itu, menyewa apartemen bagi millenial merupakan pilihan yang tepat agar segala kegiatan dapat dilakukan dengan mudah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips bagi milenial yang ingin menyewa apartemen:

1. Tentukan Budget

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan budget sewa apartemen yang diinginkan. Sebaiknya, melakukan budget sewa sewa dari kondisi dan kemampuan keuanganmu. Pastikan juga memilih harga apartemen yang tidak perlu mempersiapkan dana ekstra lainnya seperti listrik, air atau biaya lahan parkir.

Lebih Suka Tinggal di Apartemen, Ini Tips Pilih Apartemen Sesuai Budget!

2. Membuat Riset

Tips selanjutnya bagi milenial yang ingin menyewa apartemen adalah kamu membuat riset terlebih dahulu tentang apartemen incaranmu. Kamu tidak perlu susah payah menuju ke kawasan apartemen atau menelepon satu per satu developer untuk menanyakan tentang apartemen.

Kamu hanya perlu membuka situs-situs yang menyediakan informasi tentang sewa apartemen. Pada situs-situs tersebut, kamu akan mendapatkan banyak informasi soal apartemen tersebut. Inti dari riset ini adalah untuk mengetahui harga, fasilitas, lokasi, dan gambaran apartemen yang ingin kamu sewa.

3. Temui Pemilik Apartemen

Setelah selesai dengan riset, fasilitas, maka kamu bisa menghubungi pemilik apartemen yang diincar untuk disewa dan menjadwalkan waktu bertemu.Pastikan kamu bersabar, dan menawarkan hari yang tepat untuk dapat melakukan perbincangan dengan leluasa.

Meskipun semakin cepat semakin baik, namun waktu yang luang akan banyak memberikan kamu kesempatan bertanya lebih luas mengenai apartemen yang disewakan. Bahkan, ketika bertemu dengan pemilik apartemen, kamu bisa saja melakukan tawar-menawar harga.

4. Survey dan Cek Kondisi Apartemen

Setelah bertemu dengan pemilik, berikutnya kamu bisa datang untuk melihat apartemen secara langsung. Kamu dapat melihat kesesuaian bangunan apartemen yang sebenarnya dengan deskripsi yang ditawarkan.

Sebaiknya kamu juga mengajak langsung pemilik apartemen untuk melakukan survei unit langsung bersama. Tujuannya agar kamu bisa bertanya langsung terkait kondisi unit apartemen dan fasilitas yang ada.

Saat melakukan survei, kamu harus memeriksa seluruh kondisi dalam ruangan apartemen dan fasilitas yang disediakan seperti listrik, air di kamar mandi, dan dapur. Sebisa mungkin jangan sampai melewatkan segala sesuatu yang ada di dalam ruangan apartemen.

Kamu harus memastikan segala yang ada di dalam ruangan apartemen berfungsi dengan baik dan normal. Segera beritahu kepada pemilik apartemen jika diketahui ada beberapa fasilitas yang tidak berfungsi dengan baik.

Sebagai tambahan, sebaiknya kamu juga memeriksa sinyal telekomunikasi. Mungkin sepele, namun sinyal sangat menentukan kenyamanan ketika tinggal di dalam apartemen. Lihat smartphone milikmu, kemudian lihat sinyalnya. Jika tidak ada sinyal atau sinyal buruk, kamu bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan menyewa atau membatalkannya.

Cara Berhemat Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Memulai Hidup Sendiri

5. Buat Perjanjian Sewa yang Jelas

Jika kamu sudah merasa cocok dengan apartemen tersebut, maka sebaiknya segera membuat menyusun perjanjian sewa yang jelas dengan sang pemilik.. Perjanjian sewa penting karena menyangkut hak dan kewajiban dari pihak pemilik apartemen sebagai penyewa dan kamu sebagai pihak yang menyewa.

Dalam surat perjanjian tertera hal-hal seperti besar uang sewa yang harus dibayarkan (bisa per bulan atau per tahun), jangka waktu sewa, biaya tambahan lain untuk keperluan apartemen, dan hal-hal lain yang termasuk dalam perjanjian.

Kamu harus memastikan untuk menggunakan materai dalam perjanjian yang telah dibuat dan disepakati agar terlihat resmi serta bisa dipertanggungjawabkan. Buat surat tersebut dalam dua rangkap, satu untuk kamu dan satu lagi untuk pemilih apartemen.

Meskipun secara wajar, menggunakan perjanjian secara lisan saja sudah cukup, namun kamu akan lebih aman dengan surat perjanjian sewa. Dengan surat tersebut, kamu akan memiliki bukti yang cukup kuat jika terjadi masalah setelah kamu menempati apartemen tersebut.

Nah, itulah tips-tips bagi milenial yang ingin menyewa apartemen. Well, selamat mencoba! 

Tags:

Artikel Terkait

Yuk, Intip Peluang Investasi Properti di Tahun 2022 Ini

5 Inspirasi Gaya Rumah Minimalis dengan Aksen Ornamen Jawa

Mau Beli Rumah KPR? Ini Cara Hitung KPR Rumah

Rumah Over Kredit: Syarat dan Untung Ruginya

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png