icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 6 Peluang Join Usaha Tanpa Modal, Apa Saja?
icon-lang
icon-lang

6 Peluang Join Usaha Tanpa Modal, Apa Saja?

By Tim Blog Amartha - 28 Jan 2024 - 3 min membaca

Buatmu yang ingin memulai bisnis tapi tak memiliki modal, tenang saja, kamu tetap punya peluang join usaha tanpa modal, lho. Caranya bisa kamu dapatkan dengan melihat peluang yang ada di sekitar. Meski kebanyakan bisnis harus memerlukan modal yang cukup besar, kamu tetap bisa meraih keuntungan dengan usaha tanpa modal.

Kira-kira apa saja ya jenis peluang usaha yang tidak perlu mengeluarkan modal? Lalu, bagaimana cara menjalankannya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah berikut!

6 Peluang Join Usaha Tanpa Modal

Ada banyak jenis usaha tanpa modal yang bisa kamu lakukan baik bergabung di bisnis perorangan atau perusahaan. Berikut rekomendasi peluang usaha tanpa modal untuk menjadi pilihan yang tepat!

1.Dropshiper

Salah satu usaha yang tidak memerlukan biaya modal adalah menjadi mitra dropshipper. Namun, jenis bisnis ini melatih diri kamu untuk memasarkan sebuah produk untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya di internet.

Cara bergabung menjadi mitra bisnis ini pun sangat praktis dengan syarat dan ketentuan yang mudah. Kamu cukup mendaftarkan diri kamu di aplikasi yang membuka jasa dropshipper.

Usaha ini sangat cocok untuk pebisnis pemula yang ingin memasarkan produk tanpa perlu repot-repot mengemas dan mengirim barang. Hal ini karena sudah diatur oleh penyedia jas dropship.

2. Multilevel Marketing

Multilevel Marketing atau disingkat menjadi MLM merupakan jenis metode penjualan produk langsung menggunakan perwakilan penjualan independen. Bisnis ini tidak memerlukan biaya modal, asal kamu memiliki kemampuan komunikasi yang persuasif kepada calon konsumen bisnis kamu.

Melalui bisnis MLM, kamu bisa mendapatkan komisi dan bonus dari hasil penjualan yang ditawarkan. Terlebih lagi jika kamu bisa menarik konsumen untuk menjadi anggota jaringan kamu. Semakin banyak anggota yang bergabung, semakin besar pula kamu bisa meraih komisi dari bisnis ini.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menjual produk dengan konsep bisnis MLM ini, mulai dari brand kecantikan, kesehatan, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Namun, pastikan kamu memilih perusahaan yang kredibel agar tidak mengalami praktik bisnis yang kontroversial.

3. Kolaborator

Kamu tertarik ingin menjadi content creator atau influencer? Jika kamu sangat familiar dengan penggunaan media sosial, tidak ada salahnya untuk menjadi kolaborator dari brand atau perusahaan ternama.

Baik itu di industri kecantikan, kuliner, hingga teknologi, belum tentu perusahaan besar tersebut memiliki talent yang sesuai untuk mengisi konten di media sosial mereka. Melalui peluang ini, kamu bisa menawarkan kontenmu untuk dipasang di media sosial berbagai perusahaan.

Tentu cara kerja sama ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan dan diri kamu sendiri. Semakin banyak portofolio kamu berkolaborasi dengan perusahaan, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan tawaran kolaborasi di masa mendatang.

Baca Juga: Catat 5 Kunci Bisnis Sukses untuk Pemula

4. Social Media Specialist

Belum percaya diri menjadi content creator atau influencer? Tenang saja! Karena kamu masih tetap bisa meraih keuntungan dengan mengelola media sosial agar menjangkau banyak followers baru.

Saat ini, sudah banyak pelaku bisnis mulai dari perorangan, UMKM, hingga perusahaan besar yang membutuhkan jasa ini. Kamu bisa join usaha tanpa modal sebagai social media specialist untuk kelola media sosial klien kamu.

Selain tidak perlu mengeluarkan modal besar, pekerjaan ini pun sangat fleksibel karena bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Yang penting, kamu memiliki keahlian dalam menyusun strategi konten yang tepat dan menyusun copywriting untuk menarik perhatian sehingga audiens tertarik untuk mengikuti akun media sosial tersebut.

5. Affiliate Marketer

Rekomendasi join usaha tanpa modal selanjutnya adalah bisa menjadi seorang affiliate marketer. Potensi untuk mendapatkan penghasilan dari usaha ini adalah dengan cara bergabung pada program afiliasi.

Pekerjaan ini sangat cocok terutama untuk kamu yang memiliki keahlian dalam pemasaran baik secara soft selling maupun hard selling. Beberapa perusahaan yang membuka program afiliasi ini pun cukup banyak  pada situs marketplace yang ada di Indonesia.

Cara kerjanya pun sangat mudah, kamu bisa mendaftar menjadi affiliate marketer lalu mempromosikan produk mereka melalui media sosial dengan mencantumkan link afiliasi. Jika terdapat transaksi penjualan dari link tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah klik pembeliannya.

6. Penulis

Bagi kamu yang senang menulis artikel, cerpen, ataupun novel, pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihan tanpa memerlukan modal besar. Kamu bisa membuka jasa penulis berdasarkan spesialisasi dari kemampuan yang kamu miliki.

Dari tulisan tersebut, kamu bisa menjualnya ke berbagai jenis media misalnya seperti artikel blog, e-book, ataupun buku cetak. Kamu bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan buku yang terjual.

Jenis usaha ini memang tidak membutuhkan modal besar, asalkan kamu memiliki kemampuan menulis yang baik dengan ide yang menarik. Kamu juga bisa bergabung dengan perusahaan penerbit untuk menerbitkan karya tulisanmu secara gratis. 

Cara Join Usaha Tanpa Modal

Ada banyak peluang usaha yang bisa kamu pertimbangkan tanpa mengeluarkan biaya modal sepeserpun. Berikut beberapa langkah dan cara join usaha tanpa modal yang bisa kamu lakukan.

Gunakan Aset yang Dimiliki

Cara bergabung untuk menjalankan bisnis tanpa modal yang pertama adalah perhatikan aset yang kamu miliki saat ini. Sebab, jenis aset tidak harus berbentuk uang sebagai modal untuk investasi bisnis.

Karena rekomendasi join usaha tanpa modal banyak dilakukan secara online, tentu aset yang harus dimiliki adalah seperti handphone atau laptop. Kamu bisa memanfaatkan aset yang kamu miliki agar keterampilan dalam berbisnis bekerja dengan baik. 

Cari Mitra Bisnis Terpercaya

Jika kamu ingin usaha dan menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, pastikan kamu mencari mitra bisnis yang memiliki kredibilitas. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan agar bisa bersama-sama meraih keuntungan.

Jika diperlukan, kamu juga bisa membuat perjanjian secara tertulis untuk menjamin keamanan serta kenyamanan dalam kerja sama. Dengan memilih perusahaan terpercaya, sistem kerja untuk menjalankan usaha tanpa modal pun lebih jelas dan terarah.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial memiliki peran yang sangat penting terutama bagi para pelaku usaha yang ingin bisnis tanpa modal. Terlebih jika usaha yang ingin kamu lakukan misalnya menjadi content creator atau social media specialist.

Tentu beberapa jenis pekerjaan ini sangat berkaitan dengan penggunaan media sosial setiap harinya. Maka dari itu, penting untuk memanfaatkan media sosial dengan terus mempelajari fitur terkini sehingga pekerjaan kamu akan lebih mudah.

Kembangkan Skill

Skill menjadi salah satu aspek penting agar bisa berbisnis dan meraih keuntungan tanpa perlu mengeluarkan modal. Maka dari itu, penting sekali untuk terus mengembangkan keterampilan kamu secara berkala agar lebih unggul dari pesaing di sekitarmu.

Dengan mengembangkan skill yang dimiliki, kamu pun bisa menjadi lebih profesional dalam menjalankan pekerjaan. Ini juga tentu akan membuka peluang untuk meraih keuntungan lebih besar di berbagai kesempatan.

Itu dia beberapa peluang join usaha tanpa modal yang bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis. Namun, perlu diingat bahwa tak ada bisnis yang dapat sukses secara instan begitu saja. 

Nah, kamu juga bisa membantu kesuksesan bisnis UMKM di Indonesia dengan menjadi pendana di Amartha. Amartha adalah microfinance marketplace yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. Mulai modalin pengusaha UMKM dari Rp100.000 saja kamu sudah bisa mendanai di Amartha dengan imbal hasil mingguan mencapai 15% flat per tahunnya. Yuk, sebarkan dampak impact investing dengan dukung bisnis UMKM di Indonesia!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS
 

Artikel Terkait

belajar bisnis pemula

Bingung Memulai Bisnis? Berikut Cara Belajar Bisnis Pemula

Tips Bisnis
Fixed cost adalah

Fixed Cost Adalah: Pahami Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Tips Bisnis
bisnis idul adha

7 Peluang Ide Bisnis Idul Adha Paling Menguntungkan

Tips Bisnis
cara menghitung HPP

Begini Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) dengan Mudah!

Tips Bisnis
rasio profitabilitas adalah

Rasio Profitabilitas Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png