icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Siaran Pers / Kolaborasi Amartha dan Flip Dorong Akses Pendana Retail untuk Penyaluran Modal Produktif
icon-lang
icon-lang

Kolaborasi Amartha dan Flip Dorong Akses Pendana Retail untuk Penyaluran Modal Produktif

By Team Amartha Blog - 12 May 2023 - 3 min membaca

Jakarta, 10 Mei 2023 - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai prosperity platform yang menyediakan layanan teknologi keuangan inklusif bagi segmen usaha ultra mikro, menjalin kolaborasi dengan Flip, perusahaan penyedia jasa pembayaran (khususnya transfer uang) yang berbasis teknologi di Indonesia dan telah terlisensi oleh Bank Indonesia, dengan menghadirkan produk pendanaan produktif yang menggunakan sistem crowdfunding di aplikasi Flip. Kolaborasi ini bertujuan mendorong minat pasar retail dalam mendukung penyaluran modal bagi UMKM di pedesaan.

Produk pendanaan produktif dengan sistem crowdfunding merupakan salah satu produk yang memungkinkan pendana untuk mendanai satu atau lebih dari peminjam dana di satu platform, secara gotong royong atau kolektif dengan modal yang terjangkau. Lewat aplikasi Flip, pendana dapat menyalurkan pendanaannya ke beberapa mitra usaha ultra mikro sekaligus dengan kualitas portofolio yang baik  dan memperoleh bagi hasil yang dibayarkan secara mingguan.

Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha, menjelaskan kolaborasi Amartha dan Flip bertujuan untuk memperluas akses pendanaan bagi UMKM lewat teknologi yang inklusif. “Dengan skema crowdfunding, pendana bisa mendanai mulai dari Rp100.000, sangat terjangkau sehingga diharapkan dapat menarik pendana retail yang lebih masif untuk mendiversifikasikan portofolionya pada pendanaan produktif. Ini merupakan bagian dari upaya Amartha untuk turut mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia,” papar Julie Fauzie.

Potensi pendanaan dari kanal retail untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM masih sangat besar. Amartha dengan komitmennya pada pemberdayaan UMKM sangat terbuka terhadap peluang kolaborasi dan inovasi dari berbagai institusi, termasuk Flip. Dengan terjalinnya kolaborasi dari berbagai institusi diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan kesempatan untuk mengakses pembiayaan yang lebih luas sehingga dapat terwujud kesejahteraan yang merata, baik itu para pelaku usaha dan juga pendana retail.

Henri Halim VP Enterprise Growth & Business Development Flip menjelaskan tujuan Flip sebagai perusahaan penyedia jasa pembayaran berbasis teknologi untuk menghadirkan solusi keuangan bagi masyarakat dan pelaku bisnis UMKM. “Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen Flip dalam mendukung kemajuan UMKM lokal untuk terus tumbuh serta dukungan dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Flip optimis kemudahan teknologi yang kami hadirkan dapat menarik lebih banyak pendana pemula untuk mulai mendiverisifikasi portofolionya dengan mendanai UMKM lewat fitur pendanaan Amartha di Flip. Saat ini, fitur pendanaan Amartha dapat digunakan oleh beberapa pengguna Flip, tentunya kami terus meningkatkan kolaborasi ini agar seluruh pengguna Flip dapat menikmati fitur pendanaan Amartha,” ungkap Henri.

Hingga saat ini secara kumulatif, Amartha telah menyalurkan permodalan lebih dari 12 triliun rupiah kepada 1,7 juta mitra usaha di 35.000 desa di Indonesia. Sebagai mitra kolaborasi, Flip Flip telah membantu transaksi masyarakat hingga triliunan rupiah tiap bulannya dan juga membantu lebih dari 12 juta pengguna individu menghemat dengan total triliunan rupiah dari solusi transfer antarbank dan top-up e-wallet. “Amartha dan Flip optimis kolaborasi ini dapat mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia serta diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk menjalin kolaborasi dan mendukung UMKM Indonesia”, tutup Julie.

Artikel Terkait

Amartha Housewarming Party Bertajuk Amartha Village: “New Home, Stronger Growth”

Galeri Acara
pemberdayaan perempuan

Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

Tentang Amartha

Weekend Berdampak Nyata dengan Dukung UMKM Berdaya

Promo Pendana

Kenali Investasi dan Caranya Melalui Amartha Earn!

Produk Terbaru Mitra

Bayar Angsuran Gak Pake Ribet, Pilih Metode pembayaran Poket Aja!

Produk Terbaru Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png