icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Siaran Pers / Dukung Pengelolaan Emisi Karbon Dengan Tanam Pohon Berkelanjutan, Amartha Partisipasi di Gerakan Sabuk Hijau Nusantara
icon-lang
icon-lang

Dukung Pengelolaan Emisi Karbon Dengan Tanam Pohon Berkelanjutan, Amartha Partisipasi di Gerakan Sabuk Hijau Nusantara

By Tim Blog Amartha - 19 Feb 2024 - 3 min membaca

Jakarta, 13 Februari 2024 - Perubahan iklim merupakan tantangan global yang memerlukan solusi kolektif dengan pendekatan keberlanjutan. Kegagalan menerapkan keberlanjutan akan memundurkan proses kolektif yang sedang berjalan sekaligus menempatkan masyarakat lokal di daerah rawan pada situasi kritis.

Salah satu langkah kunci mengatasi perubahan iklim adalah mengelola emisi karbon secara berkelanjutan. Di antara berbagai strategi kelola karbon, tanam pohon memainkan peranan krusial. Pohon berfungsi sebagai penyerap karbon alami yang efektif dengan menyimpannya dalam bentuk biomassa. Jenis pohon kayu keras khususnya, dapat menyerap karbon hingga 1,5 ton setiap tahun. Pun, penanaman pohon secara berkelanjutan juga berfungsi efektif menyimpan cadangan air tanah.

Berangkat dari kesadaran bersama untuk bergerak secara kolektif, Katadata Indonesia bersama Jejakin dan Benih Baik meluncurkan Sabuk Hijau Nusantara (SHN), program tanam pohon berkelanjutan yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat lokal dan Perusahaan mitra. 

Amartha menjadi salah satu Perusahaan mitra yang terlibat aktif di program SHN. Sebagai langkah awal, gerakan SHN dilaksanakan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai bagian dari misi menjadikan IKN sebagai smart forest city. Melalui riset, para pihak bersepakat agar jenis pohon yang ditanam adalah kayu keras endemik Kalimantan serta pohon buah-buahan produktif. Tujuannya agar hasil akhir dapat dinikmati masyarakat di sekitar area tanam.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha menyampaikan, “Mengelola emisi karbon secara berkelanjutan membutuhkan gerakan kolektif. Amartha terpanggil berpartisipasi dalam Sabuk Hijau Nusantara karena sejalan dengan misi keberlanjutan kami yang tertuang di Amartha Lestari yaitu mengurangi emisi karbon sebesar 30 persen di 2030”. 

“Salah satu aktivitas kuncinya adalah tanam pohon bersama masyarakat lokal di setiap tahapan: penanaman, perawatan pohon, hingga pengelolaan hasil panen. Dengan dukungan teknologi digital Jejakin, kondisi dan perkembangan pohon yang ditanam pun akan dimonitor dan dikalkulasi jumlah penyerapan emisi karbonnya”, lanjut Aria.

Dengan platform berbasis artificial intelligence (AI) dan internet of things (IoT), sistem yang dikembangkan Jejakin tak hanya dapat memantau kondisi pohon, namun juga dampak lingkungan dari aspek-aspek lain yang berkaitan dengan penanaman. “Harapannya, kolaborasi kami bersama Katadata Indonesia dan Benih Baik dapat memberikan dampak positif yang lebih luas di IKN, baik dalam lingkup lingkungan maupun sosial di sekitarnya,” ujar Chief Growth Officer Jejakin, Sudono Salim.

“Pelibatan masyarakat lokal dalam mengelola hasil akhir akan memberikan manfaat untuk komunitas itu sendiri. Masyarakat dapat membangun kemandirian dalam hal ketahanan pangan lokal”, ujar Aria.

Semenjak 2010, Amartha konsisten melaksanakan inisiatif berkelanjutan untuk mendorong terciptanya lingkungan yang hijau dan berkesejahteraan merata. Hingga 2022, Amartha telah mengurangi 5,93 ton emisi dari penggunaan listrik, mendaur ulang 939,3 kilogram sampah lewat kerja sama pihak swasta, serta menanam ribuan bibit mangrove di Pulau Tanakeke, Sulawesi Selatan dan pesisir pantai Morodemak, Jawa Tengah.

“Kami berharap Gerakan Sabuk Hijau Nusantara tidak berhenti di IKN dan dapat menjangkau wilayah lain di Indonesia. Pemilihan Ibu Kota Nusantara merupakan titik awal yang diharapkan dapat menciptakan dampak berkelanjutan yang lebih luas lagi”, tutup Aria.

Ditulis oleh,  Gregorius Bayu Kurniawan

Impact & Sustainability
 

Artikel Terkait

The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha: Dorong Pertumbuhan Inklusif Ekonomi Akar Rumput lewat Strategi Kolaboratif

Siaran Pers

Mencatatkan Profitabilitas Dalam Tiga Tahun Terakhir, Amartha Perkuat Komitmen Membangun Ekosistem Finansial yang Inklusif di Asia Tenggara

Siaran Pers

Kolaborasi Amartha dengan Komunitas BergunaID dan Finbargo Gelar Sosialisasi Program Sejahtera dengan Pangan Lokal

Siaran Pers

Luncurkan Fintech Media Toolkit, Amartha dan CELIOS Dorong Impact Investing Sebagai Instrumen Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Rural

Siaran Pers

Dukung Pengelolaan Emisi Karbon Dengan Tanam Pohon Berkelanjutan, Amartha Partisipasi di Gerakan Sabuk Hijau Nusantara

Siaran Pers

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png