icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / Fakta di Balik Varian Omicron Masuk Indonesia
icon-lang
icon-lang

Fakta di Balik Varian Omicron Masuk Indonesia

By Team Amartha Blog - 20 Dec 2021 - 3 min membaca

Fakta Omicron di Balik Kabar yang Simpang-Siur

Baru-baru ini Indonesia kembali dibuat tegang dengan berita kehadiran varian baru dari virus Covid-19, virus tersebut yaitu Omicron. Setelah beberapa tahun ini Indonesia digempur habis-habisan oleh Covid-19.

Saat ini, keadaan perekonomian penduduk Indonesia masih belum pulih dan Indonesia sudah harus bersiaga menghadapi virus varian baru ini. Ini pasti akan membuat keadaan rakyat kecil semakin sulit.

Omicron adalah varian baru dari virus Covid-19 yang merupakan varian ke 13. Kabarnya, virus ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan Bostwana. Nama lain dari virus ini adalah B.1.1.529.

Omicron Bekasi? Benarkan Ada?

Beberapa saat yang lalu, Indonesia juga tengah digegerkan dengan kabar bahwa virus B.1.1.529 ini telah masuk ke Bekasi. Namun ternyata kabar tersebut tidak benar dan ditepis langsung oleh beberapa pihak, termasuk Kementrian Kesehatan RI.

Dr. Maxi Rein mengatakan jika varian tersebut belum ditemukan. Dalam kesempatan yang lain, Dinas Kabupaten Bekasi turut menambahkan jika kabar yang beredar tersebut tidak benar. Karena pasien yang ditemukan terjangkit corona itu bukan terinfeksi virus B.1.1.529.

Baca Juga: Alternatif Uji Covid-19 dengan Tes PCR Saliva, Ini Harga dan Tempatnya!

Benarkah Omicron Telah Masuk Ke Indonesia?

Kabar terbaru yang dikutip dari berbagai sumber, saat ini memang telah ditemukan pasien positif Covid-19 dengan varian terbaru yaitu varian Omicron. Dari tiga orang yang diperiksa, ternyata ditemukan satu orang yang telah terkena varian virus Corona terbaru ini.

Pasien yang telah terinfeksi tersebut dikatakan tidak mengalami gejala apapun. Diketahui, pasien tersebut merupakan petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Ia diketahui positif setelah melakukan pemeriksaan rutin pada tanggal 8 Desember.

Satu orang yang terinfeksi ini kemudian membuat pemerintah mengungkap 5 kasus lainnya. Dua diantaranya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet. Dua orang tersebut merupakan warga negara Indonesia yang baru saja kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

5 Fakta Omicron Masuk Indonesia

Sumber Foto: Pexels

Karena ternyata banyak berita simpang-siur beredar mengenai virus varian terbaru ini, berikut kami berikan fakta sebenarnya mengenai varian ke-13 virus Corona ini.

1. Kecepatan Penularan

Virus B.1.1.529 ini kabarnya sangat menular di Afrika Selatan, namun hal tersebut belum tentu berlaku sama jika di negara lain. Kabar tersebut didapatkan dari Menurut National Institutes of Health. 

Collins, mengatakan jika di Afrika Selatan varian ini sangat cepat menyebar. Namun, hingga saat ini para peneliti masih melakukan penelitian untuk memastikan seberapa cepat virus ini dapat menular dibandingkan varian delta atau varian lainnya.

2. Dampak Paparan

Saat ini, WHO masih melakukan penelitian tentang dampak dari virus ini. Apakah varian ini bisa memberikan dampak berlebihan pada kesehatan dibanding varian sebelumnya, atau tidak. 

3. Gejala

Gejala yang dialami oleh pengidap virus B.1.1.529 ini kabarnya hampir sama dengan varian delta. Gejala yang dialami bisa bervariasi dari mulai tingkat ringan hingga tingkat parah. Meskipun begitu, Coetze mengingatkan agar masyarakat selalu waspada. 

4. Perbedaan Dengan Varian Lain

B.1.1.529 ini memiliki sekitar 30 mutasi pada protein lonjakan virus corona. Dari 30 mutasi tersebut, ditemukan 26 mutasi yang cukup unik dan tidak ditemukan pada varian sebelumnya.

5. Efektivitas Vaksin pada Varian Baru

Sampai tulisan ini dibuat, vaksinasi Covid-19 masih dinilai menjadi perisai yang cukup kuat untuk menghindari berbagai jenis varian yang kemungkinan muncul dari Covid-19. Apalagi jika kamu sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dan booster.

Itulah beberapa fakta mengenai Omicron. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan persiapkan keuangan dengan mengikuti investasi P2P lending Amartha. Investasi aman karena sudah terdaftar di OJK. Untungnya bisa sampai 15% flat per tahun, lho!

Tags:

Artikel Terkait

Apa itu Diversifikasi

Apa Itu Diversifikasi? Ini Pengertian, Jenis, dan Cara Melakukannya

Keuangan
apa itu ojk

Apa Itu OJK? Pahami Definisi, Wewenang, dan Tugasnya di Sini!

Keuangan
securities crowdfunding

Securities Crowdfunding, Alternatif Pendanaan untuk UMKM

Keuangan
 istilah investasi

Investor Pemula Wajib Tahu! Ini 15 Istilah Investasi

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png