icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Keuangan / 5 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa Biar Tak Boros!
icon-lang
icon-lang

5 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa Biar Tak Boros!

By Team Amartha Blog - 3 Apr 2023 - 3 min membaca

Kewajiban berpuasa bagi umat muslim di bulan Ramadan nyatanya tak membuat pengeluaran berkurang. Namun, yang terjadi justru pengeluaran bertambah banyak, untuk itu kamu perlu bijak dalam mengatur keuangan di bulan puasa agar tidak boros. 

Pengeluaran cenderung bertambah karena biasanya di bulan puasa ada banyak hal yang ingin dibeli. Mulai dari beragam menu takjil yang menggoda, barang-barang yang berkaitan dengan ibadah, hampers, kue lebaran, dan baju baru untuk Idul Fitri. 

5 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa

Selama Ramadan bukan hanya perut yang merasakan lapar, tapi mata pun jadi ikutan merasa 'haus' akan belanja. Apalagi jika melihat diskon besar-besaran dan promo menarik lainnya. 

Termasuk saat membeli makanan, kamu ingin mencoba segala jenis makanan untuk berbuka. Padahal ketika waktu berbuka, kita cenderung tidak sanggup menghabiskan semua makanan yang akhirnya makanan jadi tersisa dan hanya berakhir di pembuangan.

Supaya terhindar dari jebakan yang membuat kamu jauh lebih boros, kamu bisa mengikuti tips mengatur keuangan di bulan puasa berikut ini: 

Susun Rencana Keuangan

Tetap susun rencana keuangan selama bulan Ramadan. Bagi pengeluaran menjadi beberapa jenis pos. Dahulukan pos pengeluaran rutin setiap bulan, seperti tagihan listrik, air, internet, asuransi, dan lain sebagainya. 

Kemudian susun juga budget untuk makan selama puasa. Berapa jumlah yang sekiranya cukup untuk sahur dan berbuka. Lebih besar atau rendah tergantung kondisi, karena seringkali harga bahan-bahan naik menjelang lebaran. Namun setidaknya setelah menyusun rencana keuangan, pengeluaranmu lebih terkontrol.

Tulis Pengeluaran Harian 

Menulis pengeluaran setiap hari adalah cara untuk mengetahui apakah uang yang kamu keluarkan sudah melebihi budget atau tidak. Dengan begitu lebih mudah bagimu mengatur keuangan di bulan puasa. 

Baca Juga: Ramadan Cuan Banyak! Intip Tips Bisnis di Bulan Puasa

Susun Daftar Menu Makanan

Supaya kamu tidak mubazir dalam membeli makanan, susun daftar menu untuk sahur dan berbuka. Daftar menu ini juga akan membantumu agar tidak merasa bingung saat memasak. 

Dahulukan Kebutuhan Dari Keinginan

Strategi mengatur keuangan yang perlu kamu pegang adalah selalu dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Ini juga bisa menjadi praktik ibadah, yaitu menahan hawa nafsu. Menahan diri untuk membeli terlalu banyak barang yang diinginkan.

Setelah kebutuhan terpenuhi, barulah kamu bisa mulai membeli barang-barang yang kamu inginkan dengan sisa dana yang ada. Kamu bisa memanfaatkan promo selama Ramadan, untuk memperoleh barang dengan harga lebih murah. 

Pisahkan Pos Pengeluaran Ramadan dan Lebaran

Tips hemat di bulan puasa yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan pengeluaran untuk Ramadan dan kebutuhan Idul Fitri. Kamu bisa menggunakan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama Ramadan.

Sedangkan untuk keperluan saat Idul Fitri nanti, kamu bisa gunakan THR (Tunjangan Hari Raya) atau sumber dana lain. Hindari mencampurkan dana dan anggaran untuk Ramadan dan Hari Raya.

Inilah 5 cara mengatur keuangan di bulan puasa agar tidak boros. Coba praktekan agar kebutuhan selama Ramadaan khususnya menjelang Idul Fitri dapat terpenuhi dengan baik.

Namun ada baiknya selain mengandalkan pemasukan bulanan, kamu bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan berupa passive income dari pendanaan crowdfunding.

Kamu dapat bergabung menjadi lender di Amartha dan dapatkan penghasilan tambahan setiap minggunya dengan modalin CEO UMKM mulai dari 100 ribu aja. Amartha menyalurkan pendanaan dari para lender untuk akses permodalan bisnis mikro di lebih dari 35.000 desa. 

Jadi selain memperoleh pendapatan tambahan, kamu juga sudah ikut berkontribusi mensejahterakan para pelaku usaha yang kebanyakan digerakkan oleh para perempuan tangguh Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai modalin di Amartha dan dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun! 

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Amartha Housewarming Party Bertajuk Amartha Village: “New Home, Stronger Growth”

Galeri Acara
pemberdayaan perempuan

Hari Perempuan Internasional 2024: Pemberdayaan Perempuan, Nyata Wujudkan Kesejahteraan

Tentang Amartha

Weekend Berdampak Nyata dengan Dukung UMKM Berdaya

Promo Pendana

Kenali Investasi dan Caranya Melalui Amartha Earn!

Produk Terbaru Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png